Rekaman mentah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kamera film

Dalam pembuatan film dan produksi video, footage atau rekaman mentah adalah materi mentah hasil rekaman langsung dari kamera film atau kamera video yang harus melalui pengeditan untuk membuat gambar bergerak (motion picture), video klip, acara televisi, atau karya serupa. Rekaman mentah hanya merujuk pada gambar yang direkam, seperti stok film, kaset video atau klip digital.

Asal usul istilah "footage" berasal dari film bisu 35mm yang secara tradisional diukur dalam satuan kaki dan frame. Fakta bahwa film diukur berdasarkan panjang dalam kamar pemotongan dan ada 16 frame (format film 4-perf) per kaki pada film 35mm--yang kira-kira mewakili 1 detik dari film bisu, menjadikan footage sebagai ukuran lazim untuk film. Istilah ini kemudian digunakan secara kiasan untuk mendeskripsikan materi gambar bergerak dalam berbagai bentuk. Rekaman televisi, terutama cuplikan berita, sering kali diperdagangkan di jaringan-jaringan televisi, tetapi rekaman yang bagus biasanya menuntut harga tinggi. Jumlah sebenarnya tergantung pada durasi, usia, dan ukuran penonton yang diharapkan; durasi perizinan; dan faktor-faktor lain. Rekaman film amatir dari peristiwa-peristiwa terkini juga sering memperoleh harga tinggi di pasaran, seperti adegan-adegan yang diambil selama serangan World Trade Center pada 11 September 2001 yang kabarnya dijual seharga US$45,000.[1]

Perdagangan rekaman mentah terkadang juga dilakukan oleh proyek-proyek film, umumnya materi dari unit detik tidak digunakan dalam suntingan akhir. Misalnya, bagian akhir "Blade Runner" (versi yang belum disunting sutradara) yang menggunakan sudut pandang bentang alam, awalnya diambil untuk "The Shining" sebelum naskah dimodifikasi setelah syuting selesai.[2] Perdagangan ini dilakukan melalui perantara atau broker rekaman, yaitu agen yang mempromosikan rekaman mentah pembeli atau produser dengan mengambil keuntungan dalam transaksi tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ News day.com - Amateur video playing greater role – Retrieved July 3, 2009
  2. ^ IMDb's Trivia page for Blade Runner – Retrieved July 3, 2009