Rejoagung, Ploso, Jombang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Perangkat Desa[sunting | sunting sumber]

Perangkat Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Perangkat Desa terdiri dari Sekretaris Desa, 3 (tiga) Kepala Urusan, 3 (tiga) Kepala Seksi dan Kepala Kewilayahan/Dusun/Dukuh/ sebutan lain menurut daerah masing-masing. Salah satu perangkat desa adalah Sekretaris Desa, yang diisi dari Pegawai Negeri Sipil. Sekretaris Desa diangkat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota atas nama Bupati/Wali Kota.

Perangkat Desa lainnya diangkat oleh Kepala Desa dari penduduk desa, yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa. perangkat desa juga mempunyai tugas untuk mengayomi kepentingan masyarakatnya.

Keuangan desa[sunting | sunting sumber]

Penyelenggaraan urusan pemerintahan desa yang menjadi kewenangan desa didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), bantuan pemerintah dan bantuan pemerintah daerah. Penyelenggaraan urusan pemerintah daerah yang diselenggarakan oleh pemerintah desa didanai dari APBD. Penyelenggaraan urusan pemerintah yang diselenggarakan oleh pemerintah desa

Sumber pendapatan desa terdiri atas:

  • Pendapatan Asli Desa, antara lain terdiri dari hasil usaha desa, hasil kekayaan desa (seperti tanah kas desa, pasar desa, bangunan desa), hasil swadaya dan partisipasi, hasil gotong royong
  • Bagi hasil Pajak Daerah Kabupaten/Kota
  • bagian dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah
  • bantuan keuangan dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan;
  • hibah dan sumbangan dari pihak ketiga yang tidak mengikat.
  • Pinjaman desa

APB Desa terdiri atas bagian Pendapatan Desa, Belanja Desa dan Pembiayaan. Rancangan APB Desa dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa. Kepala Desa bersama BPD menetapkan APB Desa setiap tahun dengan Peraturan Desa.

Rejoagung adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.Dengan batas letak geografis sebelah utara berbatasan dengan Desa Losari, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Tanggungkramat, Sebelah Tmur berbatasan dengan Desa Ploso, Sebelah barat berbatasan dengan Desa Purisemanding-Plandaan.

Dusun di Rejoagung

  1. Rejagung, dulu disebut Ngelo
  2. Kopensari, dulu disebut Njagong
  3. Sidomulyo, dulu disebut Nggabus
  4. Ngelom

GEOGRAFIS

  1. Koordinat: 7°27'39"S 112°13'19"E
  2. Luas wilayah :
    1. Perumahan:
    2. Persawahan:

BAHASA

Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari.

PEREKONOMIAN

Pertanian

Sektor pertanian digeluti oleh sedikitnya 31% penduduk usia kerja. Tradisi, kemudahan yang disediakan oleh alam, dan adanya terobosan baru rupanya menjadikan alasan untuk bertahan. Kesuburan tanah di sini konon dipengaruhi oleh material letusan Gunung Kelud yang terbawa arus deras Sungai Brantas serta sungai-sungai kecil lainnya. Sistem pengairan juga sangat ekstensif dan memadai, dan 83% di antaranya merupakan irigasi teknis. kebanyakan lahan di Desa Rejoagung digunakan sebagai area persawahan.. di Desa Rejoagung ini ditanamai tanaman padi serta palawija seperti jagung, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan ubi kayu. Komoditas andalan tanaman pangan Kabupaten Jombang di tingkat provinsi adalah padi, jagung, kacang kedelai dan ubi kayu. Besarnya produksi padi telah menempatkan Desa Rejoagung sebagai daerah swasembada beras di provinsi JawaTimur.

Perdagangan

Sektor perdagangan menyumbang PDRB kabupaten terbesar kedua setelah pertanian. Majunya pertanian Desa Rejoagung rupanya turut menggairahkan sektor perdagangan. Desa Rejoagung merupakan salah satu penyuplai utama komoditas pertanian tanaman pangan dan perkebunan di Jawa Timur.

Agama

Mayoritas penduduk Desa Rejoagung memeluk agama Islam.

Pendidikan

Di Desa Rejoagung terdapat beberapa sekolah, atau bisa dikatakan pusat pendidikan di kecamatan Ploso, di Desa Rejoagung ada

  1. SDN REJOAGUNG (SD Unggulan)
  2. MI Nizhamiyah
  3. SDI Khadijah
  4. MTs Nizhamiyah
  5. SMPI Al-Ghofar
  6. MA Nizhamiyah
  7. SMA Diponegoro
  8. SMK Diponegoro Ploso
  9. Ponpes Al-Ghofar

serta beberapa TK, PAUD, TPQ/ TPA