Refrein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Notasi musik untuk ulangan lagu "Jingle Bells" Play

Refrein atau korus atau ulangan adalah satu atau sejumlah baris atau bait dalam nyanyian atau puisi yang diulang-ulang.

Dalam genre musik pop, bagian refrein atau korus mungkin disusun berbeda dengan bagian-bagian lain dalam suatu lagu. Refrein dalam genre tersebut umunya ditandai dengan tingkat dinamika dan gerak tubuh yang lebih kuat, serta seringkali dengan penambahan bunyi alat musik yang baru.

Dalam nyanyian bentuk strofik (yang banyak dijumpai dalam madah gerejawi), melodi dari satu atau beberapa baris, atau bahkan keseluruhan bait, dapat diulang-ulang layaknya refrein dengan lirik/syair yang sama sekali berbeda. Ada pula satu bagian yang bermelodi sama tetapi lirik yang berbeda, tetapi bagian tertentu (umumnya bagian terakhir) menjadi "refrein" dengan melodi dan lirik yang sama.

Refrein diserap dari kata refrein dalam bahasa Belanda yang berarti sama, yang berasal dari kata refraindre dalam bahasa Prancis Kuno yang berarti "menahan diri", yang pada gilirannya berasal dari kata refringere dalam bahasa Latin Umum yang berarti "membiaskan". Sementara itu, korus diserap dari kata chorus dalam bahasa Latin yang berarti "paduan suara" atau "kor".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]