Referendum Vorarlberg 1919

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poster karya Jules Courvoisier di Swiss yang mendukung penyatuan Vorarlberg dengan Swiss.

Referendum Vorarlberg 1919 adalah sebuah referendum yang diselenggarakan untuk menentukan apakah orang-orang Vorarlberg di Austria-Hungaria yang baru saja mengalami kekalahan dalam Perang Dunia I ingin agar Vorarlberg bergabung dengan Konfederasi Swiss. Referendum ini digelar pada 11 Mei 1919 dengan pertanyaan sebagai berikut:

Hasilnya menunjukkan bahwa 47.727 suara atau 81% pemilih ingin bergabung dengan Swiss, sementara terdapat 11.378 suara atau 19% pemilih yang menolak. Semua Gemeinde di Vorarlberg mendukung penyatuan dengan Swiss kecuali Bludenz dan Hittisau.

Penyebab rakyat Vorarlberg mendukung penyatuan dengan Swiss adalah masa depan Austria yang tidak jelas akibat pembubaran Austria-Hungaria serta kesulitan ekonomi dan perasaan bahwa wilayah Vorarlberg lebih dekat dengan Swiss daripada dengan Wina. Selain itu, rakyat Vorarlberg juga merasa diabaikan oleh pemerintahan di Wina pada masa itu.[1] Gagasan ini sangat didukung oleh rakyat jelata, sementara para elit (pengusaha, politikus, dan pemuka agama) ingin tetap menjadi bagian dari Austria Jerman.[2]

Namun, di Swiss, banyak yang menolak Vorarlberg bergabung karena tindakan tersebut dianggap dapat merusak keseimbangan demografi di Swiss dengan menambah kanton yang mayoritas beragama Katolik dan menuturkan bahasa Jerman,[3] Dewan Federal Swiss sendiri menyatakan akan tetap memelihara status quo.[4] dan pada akhirnya Vorarlberg menjadi bagian dari Republik Austria Pertama.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gerald Hosp. Was vom «Kanton Übrig» blieb. Dalam: Neue Zürcher Zeitung. Nr. 108, 11 Mei 2019, hlm. 34.
  2. ^ Lukas Leuzinger. Ein Flirt weckt helvetische Grossmachtphantasien. Dalam: Neue Zürcher Zeitung. Nr. 108, 11 Mei 2019, hlm. 35.
  3. ^ Jörg Krummenacher (2008-10-23). "«Kanton Übrig»". nzz.ch. Diakses tanggal 2018-10-14. 
  4. ^ Vorarlberg di Jerman, Prancis dan Italia di Historical Dictionary of Switzerland daring.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]