Redoxon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Redoxon, pertama kali dipasarkan untuk umum pada tahun 1934, adalah nama merek, dan nama aslinya diambil dari nama artifisial disintesis asam askorbat pertama (Vitamin C).[1][2]

Produk ini dikembangkan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh ahli kimia Tadeusz Reichstein, yang menemukan metode sintesis 30-40g vitamin C dari 100 g glukosa. Ini menggunakan langkah menengah menciptakan sorbosa menggunakan metode fermentasi bakteri cerdik ditemukan oleh seorang peneliti Prancis, Gabriel Bertrand. Dalam metode ini, lalat buah yang tertarik pada campuran anggur, ragi cuka, kaldu, dan sorbitol, zat kimia yang mudah dibuat dari glukosa. Lalat yang makan sorbitol sebagai makanan utama mengekskresikan bakteri yang mampu mensintesis sorbose dari sorbitol. Dengan menggunakan bakteri dalam beberapa hari, hal itu memungkinkan untuk membuat 50 gram sorbose menggunakan metode ini, dan kemudian merupakan hal mudah untuk mensintesis asam askorbat dari sorbosa ini.[3]

Meskipun ada kekhawatiran tentang penggunaan bakteri liar untuk fermentasi-produksi sorbose, proses ini lebih unggul daripada metode Szent-Gyorgyi yang mengisolasi Vitamin C dari kapsikum. Setelah penjualan paten proses Reichstein ke Hoffmann-La Roche, proses ini menjadi dasar dari produksi skala besar korporasi vitamin C.

Tablet komersial ini merupakan gabungan dari asam askorbat dan sodium bikarbonat. Bila ditambahkan ke air, mereka bereaksi untuk menghasilkan sodium askorbat, air dan karbon dioksida, sehingga menghasilkan gelembung efervesen yang menarik.[4] Redoxon dibuat oleh Bayer, dan dijual di seluruh dunia, kecuali, untuk alasan yang tidak jelas, di Amerika Serikat. Selain Redoxon vitamin C, Redoxon Vita tablet kekebalan juga diproduksi.

Kandungan[sunting | sunting sumber]

Setiap dosis Redoxon mengandung:

Nama kimia Kandungan
Vitamin C 1000 mg
Vitamin A 2333 IU
Vitamin B6 6,5 mg
Vitamin B12 9,6 ug
Vitamin D 400 IU
Vitamin E 45 mg
Asam folat 400 ug
Zinc 10 mg
Selenium 110 ug
Tembaga 900 ug
Besi 5 mg

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Redoxon by Hoffman la Roche, Inc". Diakses tanggal 2012-02-21. 
  2. ^ "About Roche Consumer Health". Roche. Basel, 19 July 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-03. Diakses tanggal 23 February 2012. 
  3. ^ Reinhard Renneberg, Arnold L. Demain, Biotechnology for beginners, hlm. 116 
  4. ^ D Cheung (2006), Inquiry-based laboratory work in chemistry (PDF) 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. (Inggris) roche.com Diarsipkan 2012-03-03 di Wayback Machine.
  2. (Inggris) trademarkia.com
  3. (Inggris) books.google.co.id