Red Cliff (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Red Cliff
American release poster
Nama lain
Tionghoa赤壁
Mandarinchì bì
Artitebing merah
SutradaraJohn Woo
ProduserJohn Woo
Terence Chang
Han Sanping
Ditulis olehJohn Woo
Chan Khan
Kuo Cheng
Sheng Heyu
PemeranTony Leung
Takeshi Kaneshiro
Zhang Fengyi
Chang Chen
Lin Chi-ling
Zhao Wei
Hu Jun
Penata musikTarō Iwashiro
SinematograferLü Yue
Zhang Li
PenyuntingAngie Lam
Yang Hongyu
Robert A. Ferretti (Part 1)
David Wu (Part 2)
Perusahaan
produksi
Beijing Film Studio
China Film Group
Lion Rock Productions
DistributorAvex Group (Jepang)
China Film Group (China)
Showbox (Korea Selatan)
20th Century Fox (Taiwan)
Mei Ah Entertainment (Hong Kong)
Summit Entertainment (Internasional)
Tanggal rilis
  • 10 Juli 2008 (2008-07-10)
(Part 1)
  • 07 Januari 2009 (2009-01-07)
(Part 2)
Durasi280 menit (total)
140 menit (Bagian 1)
140 menit (Bagian 2)
148 menit (Rilisan Barat)
NegaraTiongkok
BahasaMandarin
AnggaranAS$80 juta
Pendapatan
kotor
AS$248.4 juta[1][2][3][4]

Red Cliff (bahasa Tionghoa: 赤壁; Pinyin: Chì Bì; Jyutping: Cek3 Bik1 ; arti harfiah: "Tebing Merah") adalah sebuah film epik-perang yang dibuat berdasarkan peristiwa Pertempuran Chibi tahun (208-209 M) dan berlangsung pada penghujung Dinasti Han sebelum memasuki periode Zaman Tiga Negara dalam Tiongkok kuno. Film ini disutradarai oleh John Woo, dan dibintangi oleh Tony Leung, Takeshi Kaneshiro, Zhang Fengyi, Chang Chen, Hu Jun, Lin Chi-ling, dan Zhao Wei.
Di Asia, Red Cliff dirilis dalam dua bagian, dengan total durasi selama empat jam. Bagian pertama dirilis bulan Juli 2008 dan yang kedua pada bulan Januari 2009. Di luar Asia, versi tunggal berdurasi 2,5 jam telah dirilis tahun 2009, meskipun versi dua-bagian kemudian dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray di Inggris.[5] Dengan perkiraan anggaran sebesar US$80 juta, Red Cliff merupakan film Asia yang termahal pada saat itu.[6] Bagian pertama dari film ini menghasilkan laba kotor sebesar US$127juta di Asia[7] dan memecahkan rekor box office yang sebelumnya dipegang oleh film Titanic di Republik Rakyat Tiongkok.[8]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Produksi film ini dilakukan oleh Lion Rock Entertainment dan China Film Group Corporation.[9] Distributor film yang bergabung dalam film ini antara lain Chengtian Entertainment (Tiongkok), CMC Entertainment/20th Century Fox (Cabang Taiwan), Mei Ah Entertainment (Hong Kong), Avex Group/Universal Studios (Jepang), Showbox (Korea Selatan), dan Summit Entertainment (international) yang berbasis di Los Angeles.[10]

Pembuatan film Red Cliff dimulai pada pertengahan April 2007.[11] Pengambilan gambar dilakukan di studio film di Beijing, dan di Provinsi Hebei di mana adegan perang angkatan laut itu dilakukan di atas dua bendungan yang masih aktif.[12]

Pada tanggal 9 Juni 2008, saat pembuatan film seorang stuntman tewas dalam sebuah kecelakaan kebakaran, yang juga mengakibatkan enam orang lainnya terluka.[13]

Efek khusus pada film Red Cliff II diproduksi oleh Modus FX, The Orphanage, Frantic Films, Red FX and Prime Focus.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Bagian I[sunting | sunting sumber]

Pada musim panas tahun 208 M menjelang akhir Dinasti Han Timur; kanselir bernama Cao Cao, memimpin pasukan kekaisaran dalam kampanye untuk membunuh panglima perang selatan bernama Sun Quan dan Liu Bei, yang dia kecam sebagai "pemberontak". Kaisar Xian dengan enggan menyetujui kampanye tersebut. Para tentara perkasa Cao Cao dengan cepat menaklukkan Provinsi Jing. Pertempuran Changban dinyatakan saat Cao Cao mulai menyerang warga sipil yang dipimpin oleh Liu Bei. Selama pertempuran, pengikut Liu Bei, termasuk saudara angkatnya Guan Yu dan Zhang Fei, memberikan tampilan yang sangat baik dari keterampilan tempur mereka dengan menahan musuh sambil mengulur waktu bagi penduduk sipil untuk mundur. Prajurit Zhao Yun berjuang dengan gagah berani untuk menyelamatkan keluarga Liu Bei yang terperangkap, tetapi hanya berhasil menyelamatkan bayi laki-laki bernama Liu.

Setelah pertempuran, penasihat Liu Bei, Zhuge Liang, melanjutkan misi diplomatik ke Jiangdong untuk membentuk aliansi antara tuannya, dan Sun Quan melawan Cao Cao. Sun Quan awalnya berada di tengah-tengah dilema bahwa ia akan menyerah atau melawan, tetapi keputusannya untuk melawan Cao Cao mengeras setelah bujukan cerdas Zhuge Liang dan perburuan harimau berikutnya dengan raja muda Zhou Yu dan saudara perempuannya Sun Shangxiang. Sementara itu, Cai Mao dan Zhang Yun, dua komandan angkatan laut dari Provinsi Jing, berjanji akan setia kepada Cao Cao, yang menempatkan mereka di komando angkatan lautnya.

Setelah pembentukan aliansi Sun Liu yang tergesa-gesa, pasukan Liu Bei dan Sun Quan mengadakan pertemuan untuk merumuskan rencana untuk melawan pasukan Cao Cao, yang dengan cepat bergerak menuju markas mereka di Tebing Merah dari darat dan perairan. Pertempuran dimulai dengan Sun Shangxiang memimpin beberapa pengendara untuk memikat pasukan pelopor Cao Cao ke Formasi Bagua milik sekutu. Pasukan pelopor dikalahkan oleh sekutu, tetapi Cao Cao tidak menunjukkan kekecewaan dan melanjutkan untuk memimpin pasukan utamanya ke tepi sungai tepat di seberang Tebing Merah, di mana mereka membuat perkemahan. Saat sekutu mengadakan pesta untuk merayakan kemenangan mereka, Zhuge Liang menyusun rencana untuk mengirim Sun Shangxiang dalam misi spionase ke kamp Cao Cao. Mereka memelihara kontak dengan mengirim pesan melalui seekor merpati. Film berakhir dengan Zhou Yu menyalakan miniatur kapal perangnya di atas peta berdasarkan formasi pertempuran.

Bagian II[sunting | sunting sumber]

Sun Shangxiang telah menyusup ke kamp Cao Cao dan diam-diam mencatatnya dengan detail dan mengirimkannya melalui seekor merpati ke Zhuge Liang. Sementara itu, pasukan Cao Cao dilanda wabah demam tifoid yang membunuh sejumlah pasukannya. Cao Cao memerintahkan mayat mereka untuk dikirim dengan rakit apung ke kamp sekutu, dengan harapan menyebarkan wabah ke musuh-musuhnya. Tentara sekutu terpengaruh ketika beberapa tentara yang tidak menaruh curiga membiarkan wabah masuk. Akhirnya, Liu Bei yang putus asa pergi dengan pasukannya sementara Zhuge Liang tetap tinggal untuk membantu Sun Quan. Cao Cao sangat gembira saat dia mendengar bahwa aliansi telah runtuh. Pada saat yang sama, Cai Mao dan Zhang Yun mengusulkan taktik baru untuk mengunci kapal perang dengan balok besi untuk meminimalkan goyangan saat berlayar di sungai dan mengurangi kemungkinan pasukan jatuh tenggelam akibat mabuk laut.

Pasukan Sun Quan mengawasi Liu Bei saat ia meninggalkan aliansi. Zhou Yu dan Zhuge Liang membuat rencana untuk melenyapkan Cai Mao dan Zhang Yun dan menghasilkan 100.000 anak panah masing-masing. Mereka sepakat bahwa siapa pun yang gagal menyelesaikan misinya akan dieksekusi di bawah hukum militer. Strategi Zhuge Liang yang membiarkan musuh menembakkan 20 perahu yang diselimuti jerami mempengaruhinya untuk membuat lebih dari 100.000 anak panah dari musuh, dan membuat Cao Cao meragukan kesetiaan Cai Mao dan Zhang Yun. Di sisi lain, Cao Cao mengirim Jiang Gan untuk membujuk Zhou Yu agar menyerah, namun Zhou Yu berhasil menipu Jiang Gan agar percaya bahwa Cai Mao dan Zhang Yun berencana membunuh Cao Cao. Rencana Zhuge Liang dan Zhou Yu saling melengkapi satu sama lain ketika Cao Cao yakin, meskipun memiliki keraguan sebelumnya tentang laporan Jiang Gan, bahwa Cai Mao dan Zhang Yun memang berencana untuk membunuhnya dengan sengaja "menyumbangkan" panah ke musuh. Cai Mao dan Zhang Yun dieksekusi hanya agar Cao Cao menyadari kebodohannya setelah itu.

Sun Shangxiang kembali ke markas dari kamp Cao Cao dengan peta formasi musuh. Zhou Yu dan Zhuge Liang memutuskan untuk menyerang angkatan laut Cao Cao dengan api setelah memperkirakan bahwa kondisi iklim khusus akan segera menyebabkan angin bertiup dari tenggara, arah yang menguntungkan mereka. Sebelum pertempuran, pasukan Sun Quan berpesta dengan pangsit beras untuk merayakan Titik Balik Matahari pada musim dingin. Sementara itu, istri Zhou Yu, Xiao Qiao, diam-diam pergi ke kamp Cao Cao dengan harapan bisa membujuk Cao untuk menghentikan rencana ambisiusnya. Dia gagal meyakinkan Cao Cao dan memutuskan untuk mengalihkan perhatiannya dengan upacara minum teh yang rumit untuk mengulur waktu untuk sisinya.

Pertempuran dimulai ketika angin tenggara mulai bertiup di tengah malam. Pasukan Sun Quan melancarkan serangan mereka ke angkatan laut Cao Cao dengan menabrakkan kapal-kapal kecil yang dibakar ke kapal perang Cao yang lebih besar. Di sisi lain, pasukan Liu Bei, yang keberangkatannya dari aliansi adalah tipu muslihat, mulai menyerang benteng Cao Cao di daratan. Saat fajar tiba, seluruh angkatan laut Cao Cao telah dihancurkan. Sekutu melancarkan serangan lain pada pasukan darat Cao Cao di bentengnya dan berhasil menerobos menggunakan formasi testudo meski menderita banyak korban. Meskipun Cao Cao dikepung di kamp utamanya, dia berhasil menahan Zhou Yu di titik pedang setelah menyergapnya dengan bantuan Cao Hong. Xiahou Jun juga muncul dengan Xiao Qiao sebagai sandera dan mengancam akan membunuhnya jika sekutu tidak menyerah. Saat itu, Zhao Yun berhasil membalikkan keadaan, yaitu menyelamatkan Xiao Qiao dengan serangan mendadak, sementara Sun Quan menembakkan panah yang mengenai bagian atas kepala Cao Cao dan memotong kulit kepalanya hingga lepas. Cao Cao sekarang tergantung pada belas kasihan sekutu, tapi mereka mengampuni nyawanya dan pergi. Di adegan terakhir, Zhou Yu dan Zhuge Liang melakukan percakapan terakhir sebelum Zhuge berjalan jauh dengan anak kuda Mengmeng yang baru lahir.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran lainnya[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Bagian I

Hadiah
Penghargaan Kategori Nama Hasil
Penghargaan Film Asia ke-3 Gambar terbaik

Dinominasikan

Direktur terbaik John Woo Dinominasikan
Efek visual terbaik Craig Hayes Menang
Penghargaan Film Hong Kong ke-28 Gambar terbaik Dinominasikan
Direktur terbaik John Woo Dinominasikan
Aktor terbaik Tony Leung Chiu-wai Dinominasikan
Aktor pendukung terbaik Zhang Fengyi Dinominasikan
Aktris pendukung terbaik Zhao Wei Dinominasikan
Penampilan baru terbaik Lin Chi-ling Dinominasikan
Sinematografi terbaik Lü Yue, Zhang Li Dinominasikan
Editan film terbaik Angie Lam, Robert A. Ferreti, Yang Hongyu Dinominasikan
Arahan seni terbaik Timmy Yip Menang
Desain kostum dan riasan wajah terbaik Timmy Yip Menang
Koreografi aksi terbaik Corey Yuen Dinominasikan
Desain suara terbaik Wu Jiang, Roger Savage Menang
Efek visual terbaik Craig Hayes Menang
Skor asli terbaik Tarō Iwashiro Menang
Lagu asli terbaik "Mind Battle: Red Cliff" Dinominasikan
Penghargaan Akademi Jepang ke-32 Film berbahasa asing terbaik Dinominasikan

Bagian II

Hadiah
Penghargaan Kategori Nama Hasil
Penghargaan Film Hong Kong ke-29 Gambar terbaik Dinominasikan
Direktur terbaik John Woo Dinominasikan
Aktor pendukung terbaik Chang Chen Dinominasikan
Aktris pendukung terbaik Zhao Wei Dinominasikan
Sinematografi terbaik Lü Yue, Zhang Li Dinominasikan
Editan film terbaik David Wu, Angie Lam, Yang Hongyu Dinominasikan
Arahan seni terbaik Timmy Yip Dinominasikan
Desain kostum dan riasan wajah terbaik Timmy Yip Dinominasikan
Koreografi aksi terbaik Corey Yuen Dinominasikan
Desaim suara terbaik Wu Jiang, Steve Burgess Menang
Efek visual terbaik Craig Hayes Dinominasikan
Skor asli terbaik Tarō Iwashiro Dinominasikan
Lagu asli terbaik "River of No Return" Dinominasikan
Penghargaan Akademi Jepang ke-33 Film berbahasa asing terbaik Dinominasikan
Penghargaan Satelit ke-14 Film berbahasa asing terbaik Dinominasikan
Editan film terbaik Angie Lam, Yang Hongyu, Robert A. Ferretti Dinominasikan
Arahan seni dan desain produksi terbaik Timmy Yip, Eddy Wong Dinominasikan
Desaim kostum terbaik Timmy Yip Dinominasikan
Sinematografi terbaik Lü Yue, Zhang Li Dinominasikan
Efek visual terbaik Craig Hayes Dinominasikan
Campuran dan editan suara terbaik Roger Savage, Steve Burgess Menang
Penghargaan Saturnus ke-36 Film internasional terbaik Dinominasikan
Musik terbaik Taro Iwashiro Dinominasikan
Kostum terbaik Timmy Yip Dinominasikan
Penghargaan LVFCS ke-13 Film berbahasa asing terbaik Menang
Penghargaan BFCA Critics' Choice ke-15 Film berbahasa asing terbaik Dinominasikan
8th WAFCA Awards Film berbahasa asing terbaik Dinominasikan
Penghargaan HFCS ke-3 Film berbahasa asing terbaik Dinominasikan
Penghargaan DFWFCA ke-16 Film berbahasa asing terbaik Dinominasikan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Total Gross: Red Cliff (Part I + Western release) (Without Italy and U.S.)
  2. ^ Total Gross: Red Cliff (Part II)
  3. ^ Italy Box Office: November 13–15, 2009
  4. ^ Total American Gross: Red Cliff
  5. ^ "Red Cliff (R2/UK BD) in October" Diarsipkan 2009-11-17 di Wayback Machine., DVD Times, 2007-02-17. Retrieved on 2007-04-06.
  6. ^ Dawtrey, A., Guider, E. "Berlin star power eclipses click pics", Variety, 2009-09-30. Retrieved on 2009-11-06.
  7. ^ "2008 Overseas Total Yearly Box Office", Box Office Mojo. Retrieved on 2009-03-02
  8. ^ (Tionghoa) [1] Diarsipkan 2009-08-31 di Wayback Machine., 2008-11-04. Retrieved on 2009-03-02.
  9. ^ Frater, P. "Woo wages 'Battle'", Variety, 2006-12-11. Retrieved 2007-04-06.
  10. ^ Elley, Derek "Red Cliff", Variety. Retrieved on 2009-03-02
  11. ^ (Tionghoa) Zhang, Z. "Red Cliff to begin shooting mid-April", Xinmin Evening News, 2007-04-04. Retrieved on 2007-04-04.
  12. ^ (Tionghoa) Zheng, Z. "Lokasi pengambilan adegan Red Cliff terungkap" Diarsipkan 2007-04-09 di Wayback Machine., Sina Entertainment, 2007-04-04. Retrieved on 2007-04-04.
  13. ^ "Stuntman killed on John Woo film set". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-01. Diakses tanggal 2011-06-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]