Daftar karaker Pokémon Adventures

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Red (Pokémon Adventures))

Ini adalah daftar karakter fiksi yang ditampilkan dalam manga Pokémon Adventures.

Pemegang Pokédex[sunting | sunting sumber]

Kanto[sunting | sunting sumber]

Red[sunting | sunting sumber]

Red (レッド, Reddo) adalah Pelatih yang memulai Pallet Town sebagai calon pelatih dengan Poliwhirl yang kemudian berkembang menjadi Poliwrath, percaya bahwa dirinya lebih unggul dari rekan-rekannya. Dia memulai perjalanan Pokémonnya dengan Bulbasaur yang dia terima dari Professor Oak, yang berevolusi menjadi Ivysaur dan kemudian Venusaur. Dia saingan dengan cucu Profesor Oak, Blue. Dia menangkap Pikachu yang menjadi Pokemon utamanya.

Di arc pertama, Red menderita kekalahan luar biasa pertamanya ketika dia gagal menangkap Mew yang misterius, membawanya ke Profesor Oak untuk meminta nasihat tentang menjadi pelatih Pokémon yang lebih baik. Profesor Oak memberinya Pokédex, dan mengirimnya dalam perjalanan panjang melintasi Kanto untuk merekam semua pokemon, berpapasan dengan Biru dan Hijau di sepanjang jalan. Selama perjalanannya, dia terjerat dalam banyak plot oleh Team Rocket yang jahat, yang secara efektif menggagalkan mereka setiap saat. Bersama Biru dan Hijau, Merah akhirnya mengalahkan Tim Rocket ketika mereka mencoba menguasai Articuno, Zapdos dan Moltres. Red juga mengalahkan pemimpin Team Rocket Giovanni dalam pertempuran Pokemon satu lawan satu dan menangkap senjata pamungkas Team Rocket, Pokemon yang diciptakan secara genetik Mewtwo. Akhirnya, Red berpartisipasi dalam Turnamen Liga Pokémon Dataran Tinggi Indigo, mengalahkan saingannya Biru di pertandingan terakhir dan menjadi Juara Pokémon.

Red memainkan peran yang lebih kecil dalam saga Yellow, di mana ia ditangkap oleh Elite Four, kuartet pelatih Pokémon jahat, setelah menolak untuk berpartisipasi dalam rencana mereka. Dia kemudian diselamatkan oleh Giovanni, dan mengalahkan Elite Four bersama sekutunya. Dalam kisah Emas, Perak & Kristal, dia mencoba menjadi Pemimpin Gym Kota Viridian, tetapi cedera yang dideritanya saat dia ditangkap oleh Elite Four mencegahnya melakukannya. Setelah pulih dari luka-lukanya, ia membantu sekutunya melawan Topeng Es (Pryce), pemimpin Neo Team Rocket.

Red kembali ke peran utama dalam saga FireRed and LeafGreen, di mana ia bekerja sama dengan Blue dan Green untuk menyelamatkan Profesor Oak, yang telah diculik dan dibawa ke Kepulauan Sevii. Saat berada di sana, dia bertemu dengan Team Rocket yang baru dihidupkan kembali dan Pokémon Deoxys. Setelah timnya kalah dari mereka, Mewtwo muncul untuk membantu mereka. Tim kemudian berhasil mengalahkan Giovanni dan Deoxys dan rekan lainnya tetapi Merah, bersama dengan Hijau, Biru, Kuning, dan Perak, berubah menjadi batu. Dia dan teman-temannya akhirnya dibebaskan dari wujud mereka yang membatu dalam kisah "Emerald".

Red muncul lagi bersama Green di Hoenn ketika mereka pergi ke sana selama kisah "Omega Ruby dan Alpha Sapphire" dan berhadapan dengan Maxie dan Archie. Meskipun Venusaur-nya mampu melakukan Mega Evolution, mereka dikalahkan setelah Groudon menjadi Primal Groudon, tetapi diselamatkan berkat Giovanni yang membawa mereka ke pesawatnya.

Pokémon Red termasuk Saur (Venasaur), Poli (Poliwrath), Snor (Snorlax), Aero (Aerodactyl), Gyara (Gyarados), dan Pika (Pikachu). Saat Red dibekukan oleh Elite Four, Pika-nya harus bekerja sama dengan Yellow, dan saat Red pergi ke pemandian air panas, dia kembali meminta Yellow untuk menjaga Pika. Di Jepang, Red dipilih oleh pembaca dari seri sebagai karakter paling populer pada tahun 2005 & 2011.[1]

Blue[sunting | sunting sumber]

Biru, nama lengkapnya Blue Oak, dan dikenal di Jepang sebagai Green Okido (オーキド・グリーン Ōkido Gurīn) adalah Pelatih yang memulai perjalanannya dengan Charmander dan terus melatihnya dengan baik sepanjang petualangannya bahkan setelah ia berkembang menjadi Charizard. Dimulai dengan cukup sombong dan arogan, Blue menjadi lebih membumi dan menyendiri seiring berjalannya seri. Dia berspesialisasi dalam melatih Pokemon, bahkan yang bukan miliknya. Dia adalah saingan dari Red, meskipun keganasan persaingan mereka telah berkurang seiring berjalannya seri. Dia juga cucu Profesor Oak, dan dia memiliki saudara perempuan bernama Daisy.

Di arc pertama, Blue mencoba untuk menangkap Pokemon mitos Mew tetapi mundur segera setelah dia menyadari lawannya jauh lebih unggul. Menyaksikan upaya Red untuk menangkapnya tanpa ragu-ragu memicu kebenciannya. Dia kemudian bertemu Merah lagi di Hutan Viridian, ketika dia mulai tidak menyukai Merah bahkan lebih ketika dia membantu menyembuhkan anak muda yang terluka dari Kangaskhan yang dia coba tangkap. Melihat kesalahan satu sama lain, Biru dan Merah menjadi rival resmi. Setelah Red menyelamatkannya saat dia dirasuki Gastly liar di Pokémon Tower, Blue bekerja sama dengannya untuk mengalahkan anggota Tim Rocket Koga. Ketika mereka kemudian bertemu, mereka secara tidak sengaja menukar semua Pokémon mereka satu sama lain, jadi Blue mengambil kebebasan untuk melatih Pokémon Red hingga batas mereka. Kedua rival bekerja sama lagi, kali ini dengan Blue, ketika Profesor Oak diculik oleh Team Rocket, mengalahkan Koga dengan tipis lagi serta Articuno, Zapdos dan molter. Menerapkan semua yang dia pelajari dari Merah, Biru berhadapan dengan Merah di pertandingan terakhir Turnamen Liga Pokémon Dataran Tinggi Indigo. Meski kalah dalam pertempuran, dia menganggap Red sebagai sahabat sejati dan pendamping penting.

Dalam saga Yellow, Blue membantu melatih pelatih Pokémon pemula Yellow selama pencariannya untuk Red, yang telah diculik oleh Elite Four. Bekerja sama dengan sekutunya, serta mantan musuhnya Koga, Blue membantu mengalahkan Elite Four. Dalam saga "Emas, Perak & Kristal", Biru menggantikan posisi Merah saat ia mengundurkan diri dari ujian untuk menjadi Pemimpin Gym Kota Viridian. Dia kemudian mengalahkan guru masa kecilnya, Pemimpin Gym Chuck, dalam turnamen yang mengadu Pemimpin Gym Johto melawan Pemimpin Kanto. Dia dan Pemimpin Gym lainnya ditipu untuk menaiki Kereta Magnet saat dicurangi untuk jatuh, tetapi diselamatkan oleh Red. Dia menemani sekutunya lagi untuk mengalahkan Mask of Ice of Neo Team Rocket. Dalam saga FireRed and LeafGreen, Blue membantu Red membubarkan Team Rocket yang baru dibangkitkan tetapi berubah menjadi batu. Dia akhirnya dirilis dalam saga Emerald.

Blue kembali di bab X dan Y dari manga dan saat dalam pencarian mencari Pokemon Zygarde legendaris Kalos ketiga mereka. Charizard-nya kemudian Mega Berevolusi menjadi Mega Charizard Y yang pertama kali terlihat bersama Mega Charizard X dari X. Ia terpilih sebagai karakter paling populer kedelapan dalam serial ini di Jepang 2011.[1]

Green[sunting | sunting sumber]

Hijau, dikenal di Jepang sebagai Blue (ブルー Burū) adalah pencuri yang mencuri Pokémon pemula, Squirtle, dari Profesor Oak; telah diculik sejak lama oleh Ho-Oh, dia tidak akan pernah bisa memiliki Pokédex, atau Pokémonnya sendiri, karena tidak ada yang tahu dia berasal dari Kota Pallet, dan tidak ada yang akan menemukan alasan untuk menawarkan hadiah ini kepada orang asing. Dia memulai debutnya di Volume 2 ketika mencoba menjual barang palsu ke Red setelah menggodanya. Namun, seiring berjalannya seri, dia memutuskan untuk bekerja sama dengan pelatih Kota Pallet lainnya, Merah dan Biru, untuk mengalahkan Sabrina dari Team Rocket.

Green kembali nanti di saga, setelah memenuhi syarat untuk Turnamen Liga Pokémon. Dia maju melalui turnamen dan ke semifinal, tetapi dikalahkan oleh Profesor Oak, yang menggunakan Pokémon burung, seperti fobianya. Setelah mengetahui masalahnya, Profesor Oak merasa kasihan padanya, memberinya Pokédex ketiga dan memaafkannya karena mencuri Squirtle-nya.

Dalam Saga Yellow, yang dibuat dua tahun kemudian, Green adalah semacam pelatih "bayangan", di belakang Yellow. Dia adalah orang yang mengirim Yellow dalam misi untuk menemukan Red dan menyamar sebagai anak laki-laki. Dalam volume ketiga, terungkap bahwa Green telah direnggut pada usia lima tahun oleh Pokmon burung misterius, yang memberinya fobia yang melemahkan Pokémon tipe burung. Green menyalahkan Elite Four atas bencana ini, membawa dendam terhadap Elite Four ke dalam saga Emas/Perak.

Dalam saga "Emas, Perak & Kristal", Green pertama kali muncul di volume 13, saat dia ditampilkan di Turnamen Pemimpin Gym Pokémon. Terungkap bahwa dia dan Silver adalah dua dari Masked Children, dan telah lolos dari genggaman Mask of Ice, pemimpin Neo Team Rocket , di usia muda, sementara yang lain diculik bersama mereka tetap dan menjadi pelayan Topeng Es. Karena itu, dia memiliki ikatan yang erat dengan Silver dan sering memperlakukannya seperti adik laki-laki. Dia kemudian membantu dalam pertempuran terakhir melawan Topeng Es dengan menggunakan tiga burung legendaris dengan Merah dan Biru, dan mengatasi fobia burungnya sambil melindungi Perak.

Dalam saga FireRed and LeafGreen, Green muncul saat bepergian ke Kepulauan Sevii untuk bertemu orang tuanya. Namun, Pokémon Psikis Deoxys menangkap orang tuanya, menyebabkan Green pingsan karena terkejut ketika dia terluka saat bertemu dengannya. Ketika dia bangun, tidak sepenuhnya pulih, dia dan Biru menemukan bahwa Merah dikalahkan oleh Deoxys, dan bergegas ke sisinya setelah dia melarikan diri untuk mengingat dirinya sendiri. Dia mengungkapkan kepadanya alasan sebenarnya mengapa Profesor Oak ingin Red dan yang lainnya mengembalikan Pokédex dan Green mereka memutuskan untuk berlatih, meskipun belum sepenuhnya sembuh, untuk bertarung melawan Team Rocket dan Deoxys. Di akhir kisah ini, mereka berhasil menghentikan Deoxys dan membubarkan Team Rocket yang baru dihidupkan kembali, namun, dia berubah menjadi batu dalam prosesnya.

Dia, bersama dengan pemegang Kanto Pokédex, muncul dalam kisah "Emerald", tapi dia masih terbungkus batu. Di akhir bab, dia lolos dari batu. Dia dan Pemegang Pokédex lainnya mengalahkan Kyogre palsu dengan melepaskan semua gerakan pamungkas mereka. Sebagai akibatnya, dia berpartisipasi dalam turnamen melawan sembilan Pemegang Pokédex lainnya.

Setelah peristiwa selama Saga "Emerald", Green muncul bersama Red di Hoenn, selama kisah "Omega Ruby dan Alpha Sapphire", menghadapi Maxie dan Archie, mengalahkan Pokémon mereka dengan Mega Evolving Blastoise-nya. Merah dan Hijau kemudian dikalahkan ketika dua penjahat melakukan "Pengembalian Primal" pada Kyogre dan Groudon, mengalahkan mereka dan menjatuhkan mereka. Mereka kemudian terungkap selamat berkat Giovanni yang membawa mereka ke pesawatnya. Pokémon Green termasuk Blasty (Blastoise), Jiggly (Wigglytuff), Snubbull, Clefty (Clefable), dan Ditty (Ditto). Green awalnya memiliki Horsea, tetapi mengembalikannya ke pelatih yang sah.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kesembilan dalam serial ini di Jepang 2011.[1]

Yellow[sunting | sunting sumber]

Yellow (イエロー Ierō), juga dikenal sebagai Amarillo del Bosque Verde, dan di Jepang dikenal sebagai Yellow de Tokiwa Grove (イエロー・デ・トキワグローブ Ierō de Tokiwa Gurōbu, artinya "Kuning Hutan Viridian") adalah Pelatih yang lahir di Hutan Viridian. Sebuah karakter eksklusif untuk Pokémon Adventures, dia memiliki kekuatan untuk menyembuhkan Pokémon, mendengar pikiran mereka dan sedikit psikokinesis, dan dikatakan bahwa hanya ada satu anak yang mewarisi kekuatan ini setiap sepuluh tahun dari Viridian Forest. Dia adalah gadis yang beruntung yang tidak terlalu pandai dalam pertarungan Pokémon karena dia tidak menyukai mereka karena dia tidak bisa memaksa dirinya untuk menyakiti Pokémon. Ada juga petunjuk di seluruh manga bahwa dia naksir Red.

Dia pertama kali muncul di volume terakhir dari arc pertama, meskipun namanya tidak terungkap sampai saga Yellow. Setelah tersesat di Hutan Viridian, Yellow diserang oleh Dratini liar. Red menyelamatkannya dan mengantarnya kembali ke kampung halamannya, Viridian City, dan membantunya menangkap Pokémon pertamanya, Rattata. Kemudian, Yellow menemukan Red terluka parah setelah pertempurannya dengan Giovanni, dan membantunya.

Dua tahun kemudian, Yellow muncul di lab Profesor Oak dengan menyamar sebagai anak laki-laki, dan mendapatkan Pokédex dan pikachu Red. Green telah mengirimnya dalam misi untuk menyelamatkan Red dari Kanto Elite Four, karena kekuatan misteriusnya yang memungkinkannya untuk menyembuhkan dan berkomunikasi dengan Pokémon, yang melawan kekuatan Lance yang sama, pemimpin Elite Four. Yellow bertarung melawan Elite Four saat membela Pika, pikachu Red, yang melarikan diri dari mereka. Meskipun ditentang oleh Pemimpin Kanto yang merupakan teman Red, Yellow didukung oleh Profesor Oak. Yellow bertemu Elite Four dan bertemu Bill dan Blaine. Kuning juga berlatih dengan Biru. Yellow kemudian bergabung dengan Gym Leaders, Bill, Blue, Green, dan mantan anggota Team Rocket. Dalam pertempuran terakhir, dengan bantuan Giovanni, yang juga memiliki kekuatan khusus, Yellow mengalahkan Lance. Dia menghentikan Elite Four untuk mendapatkan kendali atas Pokémon misterius, kuat, yang kemudian dinyatakan sebagai Lugia. Jenis kelaminnya yang sebenarnya terungkap di akhir Volume 6, tetapi dia menunda untuk memberi tahu Red tentang hal itu.

Dalam kisah Emas, Perak & Kristal, Yellow melakukan perjalanan ke Johto dan bertemu dengan Crystal saat mengejar Lugia. Terungkap bahwa Yellow adalah orang yang membangunkan tiga binatang legendaris - Suicune, Raikou, dan Entei - dari dalam Burned Tower di Ecuteak. Kuning dan Kristal kemudian dipisahkan oleh Lugia di laut.

Setelah serangan itu, Yellow dan pamannya terdampar di pantai, di mana mereka dibawa ke pusat penitipan anak Pokémon yang dijalankan oleh pasangan lansia. Segera, pusat diserang oleh sekelompok anggota Neo Team Rocket yang tampaknya hanya tertarik pada topi Yellow. Sebenarnya, dua bulu di topinya adalah Sayap Perak dari Lugia dan Sayap Pelangi dari Ho-Oh, kunci perjalanan waktu, dicuri dari Topeng Es bertahun-tahun yang lalu dan ditanam sana oleh Biru.

Setelah melarikan diri dari pusat, Yellow melanjutkan ke Ilex Forest, di mana dia menemukan Crystal, Silver, Red, Blue, dan Green melawan Mask of Ice. Saat Topeng Es menangkap Celebi dan melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, mereka menemukan bahwa Emas terperangkap dalam waktu dan membutuhkan bulu untuk dibebaskan. Emas dan Kuning akhirnya menyadari bahwa bulu ada di topinya, dan dia terpaksa melepasnya di depan Merah untuk menyelamatkan Emas. Pada titik ini, Red akhirnya mengetahui jenis kelamin Yellow yang sebenarnya.[2]

Selama arc FireRed and LeafGreen, Yellow (setelah bertambah tua) kembali ke Kota Viridian. Sementara di sana, dia bertemu Silver, yang percaya bahwa dia mungkin berasal dari daerah ini dan memiliki hubungan dengan Viridian Gym sebelum dia diculik oleh Mask of Ice, dan sekarang mencari keluarganya. Dengan bantuannya dan kedatangan tiba-tiba dari operator Team Rocket Orm and Sird (yang keduanya segera hadapi dalam pertempuran), Silver mengetahui bahwa dia adalah putra Giovanni, mantan pemimpin Viridian City Gym dan kepala Team Rocket. Setelah dia diculik oleh duo jahat, Yellow mengejarnya Butterfree, dan segera berhasil masuk ke helikopter Team Rocket untuk menyelamatkannya. Yellow bukanlah petarung tetapi saat dia menjadi marah, level Pokemon-nya naik ke tahun delapan puluhan karena kekuatannya dan pelatihan khusus oleh Blue sebelumnya, membuatnya sama berbahayanya dengan juara Kanto lainnya dalam pertempuran. Dia kemudian bersatu kembali dengan Merah, Biru dan Hijau, dan membantu secara permanen membubarkan Tim Rocket di Kepulauan Sevii, tetapi berubah menjadi batu saat melakukannya. Dia dibebaskan dari batu di Arc Emerald, di mana Yellow memerintahkan Pika (Pikachu Merah), Chuchu (Pikachu-nya), dan Pichu Emas untuk menggunakan Volt Tackle bersama-sama untuk menghabisi raksasa Kyogre milik Guile.

Pokémon Yellow adalah Ratty (Raticate, Pokémon pertamanya dan yang berevolusi), Dody (Dodrio), Gravvy (Golem, diberikan oleh Brock sebagai Graveler,) Omny, (Omaster, diberikan oleh Misty sebagai Omanyte,) Kitty (Butterfree) dan Chuchu (Pikachu). Kuning memiliki ikatan khusus dengan pikachunya, Chuchu, dan pikachu Red, Pika, yang memiliki telur bersama. Kuning terpilih sebagai karakter paling populer keempat dalam seri di Jepang 2011.[1]

Johto[sunting | sunting sumber]

Gold[sunting | sunting sumber]

Gold (ゴールド Gōrudo) adalah anak laki-laki yang atletis dan agak konyol. Dia tinggal di sebuah rumah yang penuh dengan berbagai Pokemon di New Bark Town. Karena itu, para tetangga menjulukinya "The Pokémon boy". Dia mulai dengan Pokémon Cyndaquil. Emas tidak dewasa dan nakal, dan suka bermain biliar, terkadang menggunakan Pokémonnya untuk menipu. Ia sering mendengarkan radio karena idolanya, DJ Mary dari Stasiun Radio Goldenrod. Dia biasanya memakai sepasang kacamata dan bepergian dengan skuter. Alih-alih melempar atau menendang Poké Balls miliknya, dia menggunakan isyarat biliar untuk menembaknya. Hobi Gold termasuk berjudi, bermain skateboard, dan mencoba makanan dari berbagai kota. Keahlian khusus Gold, seperti yang dijelaskan oleh Profesor Oak, adalah penetasan Pokémon dan dikenal sebagai "Peternak". Dia memiliki kemampuan untuk mengeluarkan potensi terbesar dari bayi Pokémon, setelah hidup dengan Pokémon sepanjang hidupnya.

Sebenarnya, Gold adalah pria muda yang baik hati tetapi sangat pemarah. Saat pertama kali bertemu Bugsy, dia mengira dia perempuan dan mengajaknya minum teh. Dia juga mengajak Jasmine, Olivine City Gym Leader berkencan. Namun, dia cukup pintar, seperti yang ditunjukkan saat menghadapi Lance's Dragonair, dan saat bertarung di Pokéathlon. Ketika dia pertama kali bertemu Crystal, dia tidak cocok dengannya.

Bersama dengan saingannya, Perak dan Kristal, Emas bertarung dengan pemegang Pokédex lainnya melawan Topeng Es, berhasil menyembuhkan Pryce (identitas sebenarnya dari Topeng Es) dari kesedihannya dengan bantuan Selebi. Dia bahkan mengorbankan dirinya tanpa ragu untuk menghentikan Pryce, lalu diselamatkan oleh Celebi. Setelah Merah, Biru, Hijau, Kuning, dan Perak membatu menjadi batu oleh efek ledakan energi yang disebabkan oleh Deoxys, Emas dan Kristal muncul dalam saga Battle Frontier dengan harapan dapat menghidupkan kembali teman lama mereka, patung-patung yang terperangkap di ujung ruang atas Menara Pertempuran. Setelah teman-teman Gold dibebaskan dari batu, dia, bersama Emerald dan semua pemegang Pokédex sebelumnya melawan Guile Hideout, dan setelah mengalahkannya, menjadi tuan rumah turnamen Pokémon Battle.

Dalam arc HeartGold and SoulSilver, Emas kembali sebagai karakter utama, dan mengambil bagian dalam Pokéathlon. Pada akhirnya dia memikul tanggung jawab untuk menenangkan Arceus.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kedua dalam serial ini di Jepang 2011.[1]

Silver[sunting | sunting sumber]

Silver (シルバー Shirubā) adalah anak laki-laki yang diculik oleh Topeng Es saat kecil, dan tumbuh bersama Green. Silver sangat menyukai Green dan keduanya memiliki ikatan yang dekat dengan saudara kandung. Setelah kedua anak itu melarikan diri, Green pergi ke Kanto dan Silver tetap berada di Johto di mana dia mencuri Elm di bawah perintah Lance. Di akhir saga, dia bersatu kembali dengan Green dan membantu mengalahkan Mask of Ice dan membubarkan organisasinya, Neo Team Rocket.

Silver muncul kembali di arc FireRed and LeafGreen saat dia mencari petunjuk untuk menemukan keluarganya. Setelah mencari bantuan Yellow di Virdian City, Sird of Team Rocket mengungkapkan Silver bahwa dia adalah putra Giovanni. Silver menolak untuk mempercayai ini, sampai Giovanni mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkannya. Hal ini menyebabkan Silver menerima Giovanni sebagai ayahnya, dan memutuskan untuk membantunya menemukan penebusan. Di akhir saga, dia diubah menjadi batu oleh Team Rocket. Dia dilepaskan di Arc Emerald.

Dalam arc HeartGold and SoulSilver, Silver kembali sebagai karakter utama.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer ketujuh dalam seri di Jepang 2011.[1]

Crystal[sunting | sunting sumber]

Crystal (クリスタル Kurisutaru), juga dikenal sebagai Crys (クリス Kurisu) singkatnya, adalah spesialis dalam menangkap Pokémon, disewa oleh Profesor Oak. Sebagai seorang anak, dia jatuh setelah dikejutkan oleh Arcanine, dan kedua tangannya patah. Karena kecelakaan itu, dia belajar menangkap Pokemon dengan menendang Poké Ball, kebiasaan yang dia pertahankan lama setelah lengannya sembuh.

Dia memiliki banyak Pokémon sebelum pertama kali muncul, tetapi Pokémon "pemula" miliknya adalah Chikorita yang melarikan diri dari laboratorium Profesor Elm, putus asa untuk melakukan perjalanan. Pokemon-nya termasuk Smoochum (bernama Chumee), Hitmonchan (Monlee), a Parasect (Parasee), an Arcanine (Archy), a Natu (Natee), dan Cubone (Bonee). Dia dipilih oleh Suicune, Pokémon legendaris untuk membantu mengalahkan Mask of Ice.

Dia mengirim Emerald ke Battle Frontier untuk menemukan dan menangkap Jirachi, sebagai cara untuk membebaskan Silver, Red, Blue, Green, dan Yellow dari batu.

Crys biasanya lembut dan ramah, tetapi juga memiliki sisi serius dan mungkin menakutkan dalam hal bekerja. Sikap agresif dan antusiasnya dalam menangkap Pokémon menguasai Oak, membuat Bill ketakutan, dan Gold suka memanggilnya "Perwakilan Klub Serius". Dalam seri Emerald, dia berhasil mendapatkan Ruby dan Sapphire untuk bergabung dengannya dalam mencemooh sesumbar Gold, meskipun hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk Emerald. Crys saat ini bekerja sebagai asisten Oak, dan stasiun di cabang Kanto, Johto, atau Hoenn Science Lab miliknya.

Menurut seri, dia telah menangkap setidaknya satu dari setiap Pokémon non-legendaris di dunia dan telah menyelesaikan Pokédex di setiap inkarnasi.

Desain Crys didasarkan pada protagonis wanita dari Pokémon Crystal, sekuel ketiga dari Pokémon Gold dan Pokémon Silver. Penampilannya hampir identik dengan rekan permainannya, dengan pengecualian sepasang anting berbentuk bintang, dan warna rambutnya, yang biru tua, bukan biru kehijauan karakter permainan.

Dalam arc HeartGold and SoulSilver, Crystal kembali sebagai karakter utama. Dia dipaksa oleh ibunya untuk mengenakan pakaian yang mirip dengan Lyra, protagonis wanita di game Pokémon HeartGold dan SoulSilver.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kedua belas dalam seri di Jepang 2011.[1]

Hoenn[sunting | sunting sumber]

Ruby[sunting | sunting sumber]

Ruby (ルビー Rubī) adalah Pelatih dari wilayah Johto. Dia pindah bersama ibunya ke Hoenn untuk tinggal lebih dekat dengan ayahnya Norman, Pemimpin Gym Kota Petalburg. Meskipun menjadi putra Pemimpin Gym, Ruby membenci pertempuran dan lebih suka Kontes Pokemon.

Ruby diperkenalkan sebagai pemuda yang sombong dan merendahkan tetapi terungkap bahwa dia memang memiliki hati yang baik. Dia tiba di Hoenn pada hari ulang tahunnya yang kesebelas, dan melarikan diri dari rumah barunya karena dia percaya bahwa ayahnya Norman tidak akan mendukung pilihannya untuk menjadi Koordinator Pokémon. Ini awalnya benar, tetapi Norman telah memutuskan untuk membiarkan Ruby menjadi Koordinator pada saat ini.

Setelah melarikan diri, dia bertemu Sapphire, putri Professor Birch. Sapphire menantang Ruby dengan taruhan delapan puluh hari, mereka berdua akan berkeliling Hoenn, masing-masing berusaha mencapai tujuan mereka masing-masing (dia akan mencoba memenangkan setiap Kontes dan dia akan mencoba memenangkan delapan Lencana Gym Hoenn).

Tiga Pokémon pertamanya adalah Nana (Poochyena), Kiki (Skitty), dan Rara (Ralts). Dia meminjamkan Rara ke Wally, tetapi karena gempa bumi yang memisahkan mereka, dia tidak mendapatkannya kembali sampai lama kemudian. Pokémon Ruby lainnya adalah Feefee (Feebas), Fofo (Castform), dan Mumu (Mudkip). Di Volume 22, terungkap bahwa Ruby juga memiliki Celebi yang dia temui di Johto.

Ruby mungkin tidak menyukai Pertarungan Pokémon, tetapi dia adalah Pelatih Pokémon yang cakap dalam dirinya sendiri. Pada usia enam tahun, dia benar-benar suka memanjat pohon dan bertarung melawan Pokemon. Namun, ketika dia melukai dirinya sendiri saat melindungi seorang gadis dari Salamence, gadis itu menjadi ketakutan dan menangis. Ruby berasumsi pada saat itu bahwa alasan gadis itu takut adalah karena dia bertarung terlalu keras. Sejak hari itu, dia mencoba untuk tidak bertarung, hanya menggunakannya ketika tidak ada orang lain yang mengawasinya atau dia tidak punya pilihan lain, hanya berfokus pada keindahan dan kualitas non-tempur Pokemon-nya.

Terungkap di Volume 21 bahwa Ruby menyukai Sapphire dan dia adalah gadis yang telah diselamatkan Ruby, meskipun tak satu pun dari mereka mengenali yang lain ketika mereka bertemu di awal arc. Ruby menyadari identitasnya ketika dia mengenang peristiwa itu, dan mengungkapkan identitasnya kepadanya dengan menunjukkan bekas luka di dahinya, yang dia tahan sambil menahan Salamence liar.

Ruby didasarkan pada Brendan di video game Pokémon, sama seperti bagaimana Sapphire didasarkan pada Mei. Namun, tidak seperti Brendan, Ruby adalah Koordinator Pokémon dan Brendan adalah Pelatih Pokemon.

Dalam arc Omega Ruby dan Alpha Sapphire, Ruby kembali sebagai karakter utama.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer ketiga dalam serial ini di Jepang 2005 & 2011.[1]

Sapphire[sunting | sunting sumber]

Sapphire, nama lengkapnya Sapphire Birch, dan dikenal di Jepang sebagai Sapphire Odamaki (オダマキ・サファイア Odamaki Safaia) adalah protagonis di busur Ruby & Sapphire dan karakter berulang di arc Battle Frontier dari manga Pokémon Adventures, pertama kali muncul di Volume 15. Dia kembali di arc Omega Ruby dan Alpha Sapphire, sebagai karakter utama.

Putri Profesor Birch, Sapphire adalah tomboy liar, sama sekali tidak sopan, yang biasanya mengenakan pakaian yang terbuat dari daun. Dia akhirnya bertemu Ruby, putra dari Petalburg Gym Leader Norman, yang sedang dalam proses melarikan diri dari rumah barunya di Littleroot Town.

Saat menyelamatkan Ruby dari dua Mightyena, Sapphire melukai dirinya sendiri. Sebagai rasa terima kasih karena telah menyelamatkannya, Ruby merawat luka-lukanya membuat pakaian untuknya. Dalam Volume 19, ditunjukkan bahwa alasan mengapa Sapphire memilih untuk memakai pakaian yang dia buat untuknya adalah karena dia menulis, dalam sebuah surat yang dilampirkan dengan pakaian itu, bahwa pakaian itu pasti cocok untuknya. Sapphire mendapatkan pakaian ganti lagi di akhir Volume 19. Sekali lagi, Ruby membuatkan pakaian untuknya, dan memberitahunya secara pribadi bahwa pakaian baru itu akan cocok untuknya.

Sapphire mungkin liar dan tomboy, tetapi dia adalah Pelatih Pokémon yang setia yang akan melakukan apa saja untuk mencapai tujuannya dan melindungi apa yang paling dia hargai. Dia sangat kesal dengan Ruby yang menyatakan bahwa dia lebih suka kembali ke Johto daripada berdiri di samping Pemimpin Gym saat mereka bersiap untuk menghadapi Tim Aqua dan Tim Magma. Dia membujuk Winona untuk bertarung dengannya, dan Pemimpin Gym sangat terkesan dengan semangat juangnya dan keinginannya untuk membela Hoenn sehingga dia memberi Sapphire the Feather Badge.

Dalam Volume 21, Sapphire terungkap naksir Ruby, meskipun telah diisyaratkan pada beberapa kesempatan sebelumnya. Dalam arc Emerald, bagaimanapun, Ruby mengaku telah melupakan peristiwa selama urusan Groudon dan Kyogre termasuk pengakuan perasaan mereka satu sama lain karena waktu kosong saat meninggalkan Pulau Mirage; apakah ini benar atau tidak, bagaimanapun, masih harus dibuktikan. Dalam arc Omega Ruby dan Alpha Sapphire, diisyaratkan bahwa Ruby mungkin berpura-pura dan dia tampaknya memiliki perasaan terhadap Sapphire.

Alasan kepribadian Sapphire yang liar dan tomboy adalah karena insiden yang terjadi ketika dia dan Ruby bertemu sebentar pada usia lima tahun. Keduanya diserang oleh Salamence liar (kemudian diturunkan menjadi milik Zinnia). Ruby melindungi Sapphire, membuatnya percaya bahwa dia harus lebih membela dirinya sendiri. Sangat mungkin bahwa, karena keyakinan ini, dia memilih untuk meninggalkan kepribadiannya yang penurut, mengalihkan perhatiannya ke Pokémon Battles. Dia tidak mengenali Ruby ketika mereka bertemu lagi, hanya menyadari identitasnya ketika dia melihat bekas luka di dahinya yang dia terima selama serangan Salamence.

Safir didasarkan pada Mei. May adalah karakter wanita dari video game. Namun, karakter Sapphire sangat berbeda dari dua versi Mei lainnya, terutama versi anime, dalam hal kepribadian dan sikap.

Dalam arc Omega Ruby dan Alpha Sapphire, Sapphire kembali sebagai karakter utama.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kelima dalam seri di Jepang 2011, diikat dengan Diamond.[1]

Emerald[sunting | sunting sumber]

Emerald (エメラルド Emerarudo) adalah penantang di Battle Frontier. Dia adalah petarung yang hebat dan telah membuktikannya beberapa kali dengan mengalahkan beberapa Otak Perbatasan. Dia juga dianggap luar biasa dalam menangkap Pokémon, dan untuk itu Crystal telah mempekerjakannya untuk menangkap Jirachi yang legendaris.

Sombong dan tidak sabar, terlepas dari minatnya yang besar dan pengetahuan ahli dalam pertarungan Pokémon, dia mengaku tidak terlalu menyukai Pokémon, mengklaim bahwa keyakinannya adalah bahwa Pokémon tidak dapat menang dalam pertempuran dengan menggunakan kepercayaan pelatih pada mereka daripada strategi. Namun, keyakinan ini berubah ketika dia memperoleh Sceptile, Sudowoodo dan Dusclops dari Battle Frontier, datang untuk menerima mereka lebih sebagai teman daripada alat. Dia tampak sangat pendek, dan dia sebenarnya lebih pendek dari yang terlihat. Di balik pakaian lengan panjangnya, dia memiliki sepatu platform tinggi, dan dia selalu memegang sepasang tangan mekanik eksternal yang dia pegang dengan tangan aslinya. Namun, ini sebagian besar adalah tempat taktis untuk menyimpan sebagian besar peralatan penangkapannya; misalnya, sepatu platformnya mencakup beberapa baris dengan berbagai jenis Pokéballs. Dia juga memiliki kemampuan langka untuk menenangkan Pokémon dengan membuat mereka mengingat tempat kelahiran mereka. Emerald melakukannya dengan menggunakan tanah dari tempat kelahiran Pokémon, yang dipadatkan dan ditempatkan ke dalam senjata khusus yang dibawanya. Dengan menembak tanah tempat Pokémon berdiri, perasaan itu dapat menenangkan Pokémon dalam hitungan detik.

Ketika Battle Frontier diserang oleh Pokémon yang mengamuk dari Battle Factory yang dirilis Guile Hideout, Noland mengizinkan Emerald untuk mengamuk Snorlax, Mantine dan Mr. Mime untuk membantunya. Ini adalah tiga Pokémon lainnya di tim utama Emerald. Dia juga berteman baik dengan Pokémon legendaris, Latios dan Latias, yang telah memberinya julukan Rald (ラルド Rarudo).

Dalam arc Omega Ruby dan Alpha Sapphire, Emerald kembali sebagai karakter utama.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer ketiga belas dalam seri di Jepang 2011.[1]

Sinnoh[sunting | sunting sumber]

Diamond[sunting | sunting sumber]

Diamond (ダイヤモンド Daiyamondo), juga dikenal sebagai Dia (ダイヤ, Daiya) singkatnya, adalah karakter dalam "Generasi Keempat" dari Pokémon Special manga di Jepang, berdasarkan karakter utama pria dari Pokémon Diamond dan Pearl, Lucas. Menjadi dua belas tahun, Diamond memulai dengan Munchlax yang disebut Lax.

Diamond adalah teman baik Pearl dan pasangan ini membentuk duo komedi Pokémon, dengan Diamond bertindak sebagai boke (pria lucu) dari pasangan tersebut. Meskipun tampak bodoh pada awalnya dan memiliki kebiasaan makan terus-menerus ke mana pun dia pergi, Diamond agak lebih pintar dari penampilannya. Dia berdiri untuk musuh di saat kesusahan, dan telah terbukti jeli dalam kecelakaan yang melibatkan Bidoof liar.

Karena campur aduk, Pearl percaya bahwa dia dan Diamond ada di serial realitas televisi; jika mereka berhasil mengawal Ms. Berlitz ke Gunung Coronet, mereka akan menerima hadiah (ini tidak benar, karena Diamond sudah menduga ada yang tidak beres sejak awal, dan memilih untuk diam agar perjalanan bisa dilanjutkan). Berlitz, yang percaya bahwa keduanya adalah pengawalnya, memberi mereka Pokédex, Pokétches, dan Pokémon pemula dari Professor Rowan. Diamond menerima Turtwig darinya dan menjulukinya Tru. Tru sekarang telah berevolusi menjadi Torterra. Dia juga mendapatkan Shieldon bernama Don, dari Byron. Dia juga memiliki Lickilicky yang disebut Kit. Platinum baru-baru ini memberinya Mamoswine yang dia beri nama Moo. Diamond juga terikat dengan Pokémon Regigigas yang legendaris.

Selama busur Platinum, Diamond dan Pearl menyelidiki informasi di buku catatan Charon, dan akhirnya harus menghentikan rencana jahat Charon untuk menangkap semua legenda Sinnoh untuk mengambil alih dunia.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kelima dalam seri di Jepang 2011, diikat dengan Sapphire.[1]

Pearl[sunting | sunting sumber]

Pearl (パール Pāru) adalah karakter dari Sinnoh dan salah satu dari tiga karakter utama dalam busur Berlian dan Mutiara Pokémon Adventures.

Pearl memiliki kepribadian yang tergesa-gesa dan kebiasaan menyela percakapan bersama dengan ledakan kemarahan jika seseorang tidak memberinya kontak mata ketika dia berbicara kepada mereka. Dia dan Diamond adalah teman, meskipun Pearl dikenal sering membuat mereka dalam masalah. Bersama-sama, mereka membentuk duo komedi Pokémon dengan Pearl bertindak sebagai tsukkomi (pria lurus) dari duo mereka.

Karena campur aduk, dia berpikir bahwa mengawal Ms. Berlitz ke Gunung Coronet adalah bagian dari acara realitas televisi ​​dan dengan menyelesaikan tugas ini, mereka akan memenangkan hadiah. Berlitz, yang percaya bahwa keduanya adalah pengawalnya, memberi mereka Pokédex, Pokétches, dan Pokémon pemula dari Professor Rowan. Pearl menerima Chimchar, yang ia juluki "Chimler", dari Berlitz, yang telah berevolusi menjadi Infernape. Seiring dengan Chimchar, dia juga memiliki Chatot bernama Chatler. Kemudian dia mendapat Luxray, yang dia berteman saat Luxray masih menjadi Luxio. Kemudian, dengan bantuan Crasher Wake, Pearl menangkap Tauros, Diglett, dan Buizel (yang suka menyerang Pearl).

Selama busur Platinum, Diamond dan Pearl menyelidiki informasi di buku catatan Charon, dan akhirnya harus menghentikan rencana jahat Charon untuk menangkap semua legenda Sinnoh untuk mengambil alih dunia.

Ayahnya adalah pelatih Pokémon yang cukup sukses, dan Pearl telah mempelajari beberapa bakat yang berguna darinya; seperti kemampuan untuk mengetahui gerakan apa yang akan digunakan Pokémon hanya dari posisinya.

Dia didasarkan pada Barry, karakter saingan dari Pokémon Diamond dan Pearl dan penerusnya, Pokémon Platinum.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kesepuluh dalam serial ini di Jepang 2011.[1]

Platinum[sunting | sunting sumber]

Platinum, nama lengkapnya Platinum Berlitz (プラチナ・ベルリッツ Purachina Berurittsu), juga dikenal sebagai Lady atau Lady Platinum Berlitz (Ojousama (お嬢さま Ojōsama, secara kasar diterjemahkan sebagai "m'lady") di Jepang) adalah protagonis wanita untuk alur cerita Pokémon Diamond dan Pearl dari Petualangan Pokemon.

Platinum Berlitz berasal dari keluarga cendekiawan kaya berusia 200 tahun yang terkenal di Sinnoh dan memakai cincin mutiara dan berlian. Dia tidak memberikan namanya kepada "orang biasa"; oleh karena itu, nama aslinya tidak diketahui sebelumnya. Namun, namanya terungkap sebagai Platinum bertepatan dengan game yang baru dirilis (saat itu), "Versi Pokemon Platinum".

Tradisi keluarga Berlitz adalah bagi anggota yang sudah dewasa untuk melakukan perjalanan ke puncak Gunung Coronet untuk mendapatkan bahan untuk membuat lambang keluarga pribadi mereka. Atas saran kepala pelayan Berlitz, Sebastian, ayahnya menyewa dua pengawal untuk melindunginya dalam perjalanannya. Profesor Rowan memberinya tiga Pokédex, tiga Pokétches, dan tiga Pokemon pemula sehingga Platinum akan membaginya dengan pengawalnya untuk membantunya dalam penelitiannya.

Dia memiliki Piplup dan Ponyta. Piplup miliknya telah berevolusi menjadi Prinplup kemudian Empoleon. Ponyta-nya berevolusi menjadi Rapidash ketika dia menghadapi Byron. Platinum sangat kompetitif; selama ceritanya, dia telah mengikuti kontes dan melawan pemimpin gym. Dia telah menangkap Lopunny, yang dia keluarkan untuk pertama kalinya selama pertarungannya dengan Candice. Selama pertempuran di Spear Pillar, Gardenia memberikan Platinum sebuah Cherrim, Candice memberikan Platinum sebuah Froslass dan Volkner meminta Maylene untuk memberikan Platinum sebuah Pachirisu.

Di busur Platinum, dia bekerja sama dengan Looker, seorang perwira Polisi Internasional. Tujuannya adalah untuk menemukan dan menyelamatkan dua pria yang awalnya disewa untuk menjadi pengawalnya, yang telah dibuang ke Dunia Distorsi. Looker menyarankan untuk menantang Otak Perbatasan dari Perbatasan Pertempuran Sinnoh sehingga mereka dapat mengungkapkan informasi apa pun yang mereka ketahui.

Desain Platinum didasarkan pada karakter pemain wanita Pokémon Diamond, Pearl, dan Platinum, Dawn.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kesebelas dalam seri di Jepang 2011.[1]

Unova[sunting | sunting sumber]

Black[sunting | sunting sumber]

Black (ブラック Burakku) adalah salah satu protagonis Pokémon Adventures. Dia adalah pelatih yang pemarah dan bertemu White dalam kecelakaan dengan Galvantula; White membuat tanggung jawabnya untuk membayar kerusakan yang disebabkan oleh Black ke perusahaan film, dan mempekerjakan Black ke perusahaan rekrutmennya. Desain Black didasarkan pada karakter pria Pokémon Black dan White.

Black tidak hanya melanjutkan pencarian Gym Badges of Unova untuk masuk ke Pokémon League, tetapi juga menjadikannya tujuan untuk mengalahkan Team Plasma. Dia akhirnya menjadi "Pahlawan Kebenaran" setelah membangkitkan Reshiram dari Batu Cahaya, dan melawan N, "Pahlawan Cita-cita" yang telah lama membangunkan Zekrom dari Batu Hitam. Hitam menang, tetapi kemudian disegel di Batu Cahaya bersama dengan Reshiram.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kelima belas dalam seri di Jepang pada tahun 2011.[1]

White[sunting | sunting sumber]

White (ホワイト Howaito) adalah salah satu protagonis Pokémon Adventures. Dia memiliki Tepig betina, bernama Gigi, dan merupakan pemilik perusahaan rekrutmen Pokémon bernama BW Agency, yang menyewakan Pokémon untuk film dan iklan.

White sangat enggan untuk bertarung, dan panik ketika Black pernah memberitahunya, saat bertarung dengan N dari Team Plasma, bahwa dia mungkin perlu bertarung. Dia mengakui kepadanya bahwa dia belum pernah bertarung sebelumnya. Ketika N's Purrloin menyerang Gigi, alih-alih memerintahkan Gigi untuk menyerang atau bertahan melawan Purrloin, dia menyuruh Purrloin pergi karena menyerang seorang aktris.

Desain White didasarkan pada pemain wanita Pokémon Black dan White.

Setelah pembukaan yang sukses dari gagasan terbarunya, Pokémon Musical, White tiba-tiba terjebak dalam kincir ria oleh N, yang meyakinkan Gigi untuk meninggalkan White. White pulih dari trauma acara dan mengambil pertarungan Pokémon. Dia dihargai dengan Pokédex setelah diberi kesempatan untuk menguji keterampilan yang baru diperolehnya. Dia juga mendapatkan N's Servine yang mengikutinya untuk alasan misterius, yang dia berevolusi menjadi Serperior dan akhirnya tumbuh dekat dengannya.

Dia terpilih sebagai karakter paling populer kedua puluh dua dalam seri di Jepang pada tahun 2011.[1]

Blake[sunting | sunting sumber]

Blake, yang dikenal di Jepang sebagai Lack-Two (ラクツ Rakutsu) adalah protagonis utama dari busur Hitam 2 dan Putih 2, yang pertama kali muncul sebagai anggota Polisi Internasional. Sebagai anggota, ia diberi tugas untuk mencari Plasma Tim Neo yang sebelumnya dikalahkan. Dia awalnya tampak seperti seorang wanita; Namun, dia sebenarnya adalah individu yang serius ketika dia sedang bekerja. Nama kode Polisi Internasionalnya adalah Black No. 2 (黒の2号 Kuro no ni-gō), dan juga dikenal sebagai Mr. Perfect (ミスターパーフェクト Misutā pāfekuto) karena dia adalah elit Polisi Internasional.

Blake didasarkan pada opsi karakter pemain pria dari Pokémon Black 2 and White 2. Tidak seperti karakter sebelumnya di Pokémon Adventures, nama Jepangnya "Lack-Two" adalah korupsi dari judul permainan perwakilannya (Black 2) daripada aplikasi langsung.

Whitley[sunting | sunting sumber]

Whitley, yang dikenal di Jepang sebagai Whi-Two (ファイツ Faitsu) adalah salah satu karakter utama dari busur Hitam 2 dan Putih 2. Dia adalah mantan anggota Tim Plasma. Whitley adalah gadis yang sangat lembut yang menentang menjaga Pokemon-nya di Pokeballs.

Whitley dirancang setelah opsi karakter pemain wanita dari Pokémon Black 2 and White 2. Tidak seperti karakter sebelumnya dalam Pokémon Adventures, nama Jepangnya "Whi-Two" adalah korupsi dari judul permainan perwakilannya (Putih 2) daripada aplikasi langsung.

Kalos[sunting | sunting sumber]

X[sunting | sunting sumber]

X (エックス Ekkusu) adalah salah satu karakter utama dari busur X dan Y. Dia memiliki nama panggilan X-Ey (エッP Eppī) yang dipanggil oleh Shauna. Sebagai Pelatih Junior, ia memenangkan Turnamen Pertempuran Pokémon utama dan semua orang berharap bahwa ia akan menjadi Pemimpin Gym atau anggota Elite Four suatu hari nanti. Ketenaran dan paparazzi membuatnya, dan dia tidak mempercayai orang lain lagi, dan dia tinggal di rumah sebagai penyendiri. Hanya desakan Y yang membuatnya meninggalkan rumahnya untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dan berkeliling Kalos. Dia memiliki Kangaskhan bernama Kanga (ガル), serta anaknya Lil' Kanga (コガル), yang dia gunakan dalam pertempuran. Dia sementara menggunakan Chespin dalam pertempuran, tetapi kemudian memutuskan untuk menyimpannya, menjulukinya Marisso, yang saat ini telah berevolusi menjadi bentuk terakhirnya Chesnaught. Dia juga mendapatkan Charizard yang dijuluki Salamè, Manentric yang dijuluki lec, Gengar yang dijuluki Garma dan Pinsir yang dijuluki Rute. X juga memiliki Mega Ring yang Mega Evolves Kanga sehingga Kanga dan Lil' Kanga dapat bertarung, serta sebagian besar Pokémonnya yang lain tidak termasuk Chesnaught (Charizard miliknya memiliki Mega Stone untuk bentuk Mega Charizard X). Kemudian selama pertempuran melawan Zygarde, X meminjam beberapa Batu Kunci yang memungkinkan dia untuk menggunakan semua Mega Pokémonnya secara bersamaan. Di akhir arc, X berencana menuju Shalour City untuk resmi menjadi Mega Evolution Successor.

X dirancang setelah Calem dari Pokémon X dan Y.

Y[sunting | sunting sumber]

Y (ワイ Wai), nama lengkapnya adalah Yvonne Gabena, dan dikenal di Jepang sebagai Y na Gabena (ワイ・ナ・ガーベナ Wai na Gābena) adalah salah satu karakter utama dari busur X dan Y. Dia memiliki nama panggilan Y-chan (ワイちゃん Wai-chan) dan YP (ワイP Waipī) dipanggil oleh Shauna. Dia adalah dengan Fletchling nya, dijuluki Fletchy (ヤコちゃん (Yako-chan)), yang akhirnya berkembang menjadi Fletchinder.

Y awalnya adalah Rhyhorn Racer yang berbakat, seperti ibunya, tetapi memutuskan untuk mengejar kehidupan baru sebagai Sky Trainer. Dia mengatur perjalanan sekitar Kalos untuk dirinya sendiri dan teman-temannya Trevor, Tierno, Shauna, dan X, meskipun keinginan X untuk tinggal di rumah karena pengalaman buruknya sebagai seorang anak. Dia sementara menggunakan Froakie dalam pertempuran, tetapi kemudian memutuskan untuk menyimpannya, menjulukinya Croaky (けろけろ (Kerokero)) yang akhirnya berevolusi menjadi Greninja. Dia juga mencoba berteman dengan Eevee, dan dia menjulukinya Veevee (ぶいぶい Buibui). Veevee kemudian berevolusi menjadi Sylveon selama pertemuan pertama mereka dengan Tim Flare. Y kemudian mendapatkan Pokemon Xerneas legendaris untuk timnya, menamakannya Xerxer, serta Absol yang dapat Mega Evolve, menjulukinya SolSol. Selama pertempuran terakhir, Xerxer hilang ketika kembali menjadi pohon. Di akhir arc, dia beristirahat untuk semester berikutnya di Sky Trainer Academy.

Y dirancang setelah Serena dari Pokémon X dan Y.

Alola[sunting | sunting sumber]

Sun[sunting | sunting sumber]

Sun (サン San) adalah salah satu karakter utama dari busur Matahari dan Bulan. Dia pindah ke Alola dari wilayah Kanto. Dia melakukan berbagai pekerjaan sambilan dan layanan pengiriman untuk membayar 100 miliar yen (1 juta dolar dalam versi bahasa Inggris) kepada orang yang tidak dikenal. Kemudian di arc terungkap bahwa Sun ingin membeli kembali pulau almarhum kakek buyutnya, yang digunakan Yayasan Aether untuk membangun markas mereka setelah dia meninggal. Dalam cerita, dia diberi tugas untuk menenangkan Pokémon Totem Alola setelah krisis yang melibatkan Ultra Beast berhasil masuk ke wilayah kekuasaan. Dia juga mengambil pekerjaan dari Polisi Internasional untuk menemukan Sel Zygarde yang tersebar di seluruh wilayah. Ia dikenal dengan julukan "Sang Kurir". Sun memiliki Meowth dalam bentuk Alolan yang dijuluki Cent (ダラー (Darā)) sebuah Incineroar yang dijuluki Dollar (エン (En)) yang ia dapatkan dari Profesor Kukui, seorang Wishiwashi yang dijuluki Quarter (バーツ (Bātsu)) bahwa Sun berteman setelah mengalahkan Pokémon Totem, A Mimikyu bernama Penny yang ditemui Sun di mal yang ditinggalkan, Loot bernama Crabominable yang mengambil berry penting untuk pencarian Sun, dan Ultra Beast, seorang Stakataka bernama Drachma. Sun juga menggunakan berbagai Ride Pokémon sebagai sarana untuk berkeliling region

Sun dirancang setelah pemain pria, Elio dari Pokémon Sun dan Moon.

Moon[sunting | sunting sumber]

Moon (ムーン Mn) adalah salah satu karakter utama dari busur Matahari dan Bulan. Dia pindah ke Alola dari wilayah Sinnoh. Dia adalah pemanah profesional dan apotek yang terampil, dan dikirimi Rotom untuk membuat Rotom Pokédex. Dia datang ke Alola untuk menemukan ramuan yang akan menyembuhkan Piplup-nya setelah secara tidak sengaja meracuninya. Dia juga saudara perempuan Platinum Berlitz. Moon memiliki Rowlet (yang berevolusi menjadi Decidueye), Charjabug, Maraenie, Alolan Muk, dan Rotom di dalam Pokédex.

Bulan dirancang setelah pemain wanita, Selene dari Pokémon Sun dan Moon.

Galar[sunting | sunting sumber]

Pedang Henry[sunting | sunting sumber]

Henry Sword,[3] yang dikenal sebagai Soudo Tsurugi (剣 創人 Tsurugi Sōdo, Tsurugi berarti "pedang", dan Soudo diucapkan sama dengan Sword)) dalam versi Jepang, adalah anak laki-laki dari Galar. Dia memiliki nama panggilan dalam versi Jepang Sou-chan (そーちゃん Sou-chan). Dia adalah seorang pandai besi yang berspesialisasi dalam memperbaiki senjata, termasuk senjata Pokemon-nya.

Perisai Casey[sunting | sunting sumber]

Casey Shield,[4] yang dikenal sebagai Shieldmilia Tate (盾 シルドミリア Tate Shirudomiria, Tate berarti "perisai")) dalam versi Jepang, adalah seorang gadis dari Galar. Dia memiliki nama panggilan Shi-chan (しーちゃん Shi-chan) dalam versi Jepang atau Schilly dalam terjemahan penggemar bahasa Inggris. Dia sangat hiperaktif dan terus-menerus berteriak. Setahun sebelum peristiwa bab itu, dia kehilangan Pokemon-nya dan, dengan bantuan Henry, menghadapi para pemimpin Galar Gym untuk mengkampanyekan pencarian mereka.

Mantan pemegang[sunting | sunting sumber]

Wally[sunting | sunting sumber]

Wally (ミツル Mitsuru)) Adalah karakter minor dalam arc Ruby/Sapphire dan didasarkan pada karakter saingan dalam Ruby dan Sapphire. Wally menderita asma parah, yang membatasi kesempatannya untuk menangkap dan melatih Pokemon. Ruby memberikan Ralts-nya, Rara, kepada Wally, dan dia menangkap Kecleon di Hutan Petalburg. Dalam klimaks dari cerita, ia memperoleh Pokédex dan Treecko dimaksudkan untuk Emreald, dan bekerja sama dengan Norman untuk mendaki Pilar Langit dan membangunkan Rayquaza. Pokemon Wally adalah Kecleon, Cacturne, Roselia, Flygon, Altaria, dan Magnezone.

Cheren[sunting | sunting sumber]

Cheren (チェレン Cheren)

Bianca[sunting | sunting sumber]

Bianca (ベル Bel)

Liga Pokémon[sunting | sunting sumber]

Pimpinan gym[sunting | sunting sumber]

Kanto[sunting | sunting sumber]

  • Brock (Takeshi (タケシ)):
  • Misty (Kasumi (カスミ)):
  • Lt. Surge (Matis (マチス Machisu):
  • Erika (エリカ):
  • Koga (Kyō (キョウ)):
  • Sabrina (Natsume (ナツメ)):
  • Blaine (Katsura (カツラ)):
  • Janine (Anzu (アンズ)):

Johto[sunting | sunting sumber]

  • Falkner (Hayato (ハヤト)):
  • Bugsy (Tsukushi (ツクシ)):
  • Whitney (Akane (アカネ)):
  • Morty (Matsuba (マツバ)):
  • Chuck (Shijima (シジマ)):
  • Jasmine (Mikan (ミカン)):
  • Pryce (Yanagi (ヤナギ)) / Masked Man (ヤナギ):
  • Clair (Ibuki (イブキ)):

Hoenn[sunting | sunting sumber]

  • Roxanne (Tsutsuji (ツツジ)):
  • Brawly (Tōki (トウキ)):
  • Wattson (Tessen (テッセン)):
  • Flannery (Asuna (アスナ)):
  • Norman (Senri (センリ)):
  • Winona (Nagi (ナギ)):
  • Tate and Liza (Fū & Lan (フウとラン Fū to Ran)):
  • Wallace (Mikuri (ミクリ)):
  • Juan (Adan (アダン)):

Sinnoh[sunting | sunting sumber]

  • Roark (Hyōta (ヒョウタ)):
  • Gardenia (Natane (ナタネ)):
  • Maylene (Sumomo (スモモ)):
  • Crasher Wake (Maximum Mask (マキシマム仮面 Makishimamu Kamen)):
  • Fantina (Melissa (メリッサ Merissa)):
  • Byron (Tōgan (トウガン)):
  • Candice (Suzuna (スズナ)):
  • Volkner (Denji (デンジ)):

Unova[sunting | sunting sumber]

  • Cilan (Dent (デント Dento)), Chili (Pod (ポッド Poddo)) and Cress (Corn (コーン Kōn)):
  • Lenora (Aloe (アロエ Aroe)):
  • Burgh (Arti (アーティ Āti)):
  • Elesa (Kamitsure (カミツレ)):
  • Clay (Yacon (ヤーコン Yākon)):
  • Skyla (Fūro (フウロ)):
  • Brycen (Hachiku (ハチク)):
  • Drayden (Shaga (シャガ)) and Iris (アイリス Airisu):
  • Roxie (Homika (ホミカ)):
  • Marlon (Shizui (シズイ)):

Kalos[sunting | sunting sumber]

  • Viola (ビオラ Biora):
  • Grant (Zakuro (ザクロ)):
  • Korrina (Corni (コルニ Koruni)):
  • Ramos (Fukuji (フクジ)):
  • Clemont (Citron (シトロン Shitoron)):
  • Valerie (Mache (マーシュ Māshu)):
  • Olympia (Gojika (ゴジカ)):
  • Wulfric (Urup (ウルップ Uruppu)):

Galar[sunting | sunting sumber]

  • Milo (Yarrow (ヤロー)):
  • Nessa (Rurina (ルリナ)):
  • Kabu (カブ):
  • Allister (Onion (オニオン)):
  • Opal (Poplar (ポプラ)):
  • Raihan (Kibana (キバナ)):

Trial Captains dan Island Kahunas[sunting | sunting sumber]

Trial Captains[sunting | sunting sumber]

  • Lana (Suiren (スイレン)):
  • Kiawe (Kaki (カキ)):
  • Mallow (Mao (マオ)):
  • llima (イリマ):
  • Acerola (アセロラ):
  • Sophocles (Mamane (マーマネ)):
  • Mina (Matsurika (マツリカ)):

Island Kahunas[sunting | sunting sumber]

  • Hala (ハラ):
  • Olivia (Lychee (ライチ Raichi)):
  • Nanu (Kuchinashi (クチナシ)):
  • Hapu (ハプウ Hāpu'u):

Elite Four dan Juaranya[sunting | sunting sumber]

Kanto Elite Four and Champion[sunting | sunting sumber]

  • Lorelei (Kanna (カンナ)):
  • Bruno (Shiba (シバ)):
  • Agatha (Kikuko (キクコ)):
  • Lance (Wataru (ワタル)):

Johto Elite Four and Champion[sunting | sunting sumber]

  • Will (Itsuki (イツキ)):
  • Karen (Karin (カリン)):

Hoenn Elite Four and Champion[sunting | sunting sumber]

  • Sidney (Kagetsu (カゲツ)):
  • Phoebe (Fuyō (フヨウ)):
  • Glacia (Prim (プリム Purimu)):
  • Drake (Genji (ゲンジ)):
  • Steven Stone (Daigo Tsuwabuki (ツワブキ・ダイゴ)):

Sinnoh Elite Four and Champion[sunting | sunting sumber]

  • Aaron (Ryō (リョウ)):
  • Bertha (Kikuno (キクノ)):
  • Flint (Ōba (オーバ)):
  • Lucian (Goyō (ゴヨウ)):
  • Cynthia (Shirona (シロナ)):

Unova Elite Four and Champion[sunting | sunting sumber]

  • Shauntal (Shikimi (シキミ)):
  • Grimsley (Gīma (ギーマ)):
  • Caitlin (Cattleya (カトレア Katorea)):
  • Marshal (Renbu (レンブ)):
  • Alder (Adeku (アデク)):

Kalos Elite Four and Champion[sunting | sunting sumber]

  • Malva (Pachira (パキラ Pakira)):
  • Siebold (Zumi (ズミ)):
  • Wikstrom (Gampi (ガンピ Ganpi)):
  • Drasna (Dracaena (ドラセナ Dorasena)):
  • Diantha (Carnet (カルネ Karune)):

Alola Elite Four[sunting | sunting sumber]

  • Kahili (カヒリ):

Galar Champion[sunting | sunting sumber]

  • Leon (Dande (ダンデ)):

Pemimpin fasilitas pertempuran[sunting | sunting sumber]

Frontier Brain[sunting | sunting sumber]

Hoenn Frontier Brain[sunting | sunting sumber]

  • Factory Head Noland (Factory Head Datsura (ファクトリーヘッド ダツラ Fakutorī Heddo Datsura)):
  • Pike Queen Lucy (Tube Queen Azami (チューブクイーン アザミ Chūbu Kuīn Azami)):
  • Pyramid King Brandon (Pyramid King Jindai (ピラミッドキング ジンダイ Piramiddo Kingu Jindai)):
  • Arena Tycoon Greta (Arena Captain Kogomi (アリーナキャプテン コゴミ Arīna Kyaputen Kogomi)):
  • Dome Ace Tucker (Dome Superstar Heath (ドームスーパースター ヒース Dōmu Sūpāsutā Hīsu)):
  • Palace Maven Spenser (Palace Guardian Ukon (パレスガーディアン ウコン Paresu Gādian Ukon)):
  • Salon Maiden Anabel (Tower Tycoon Lila (タワータイクーン リラ Tawā Taikūn Rira)):

Sinnoh Frontier Brain[sunting | sunting sumber]

  • Castle Valet Darach (Castle Butler Cochran (キャッスルバトラー コクラン Kyassuru Batorā Kokuran)) and Lady Caitlin (Cattleya (カトレア Katoreya)):
  • Arcade Star Dahlia (Roulette Goddess Dahlia (ルーレットゴーデス ダリア Rūretto Gōdesu Daria)):
  • Factory Head Thorton (Factory Head Nejiki (ファクトリーヘッド ネジキ Fakutorī Heddo Nejiki)):
  • Hall Matron Argenta (Stage Madonna Kate (ステージマドンナ ケイト Sutēji Madonna Keito)):
  • Tower Tycoon Palmer (Tower Tycoon Kurotsugu (タワータイクーン クロツグ Tawā Taikūn Kurotsugu)):

Other Battle facility leaders[sunting | sunting sumber]

  • Subway Boss Emmet (Subway Master Kudari (サブウェイマスタークダリ)):
  • Subway Boss Ingo (Subway Master Nobori (サブウェイマスターノボリ)):
  • Benga (Banjirō (バンジロウ)):

Grup Pokémon[sunting | sunting sumber]

Pokémon legendaris[sunting | sunting sumber]

Kanto Legendary Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Articuno (Freezer (フリーザー Furīzā)):
  • Zapdos (Thunder (サンダー Sandā)):
  • Moltres (Fire (ファイヤー, Faiyā)):
  • Mewtwo (ミュウツー Myūtsū):
    • Mega Mewtwo X (メガミュウツーX Mega Myuutsuu X):
    • Mega Mewtwo Y (メガミュウツーY Mega Myuutsuu Y):

Johto Legendary Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Ho-Oh (ホウオウ Hōō):
  • Lugia (ルギア Rugia):
  • Raikou (ライコウ Raikō):
  • Entei (エンテイ Entei):
  • Suicune (スイクン Suikun):

Hoenn Legendary Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Regirock (レジロック Rejirokku):
  • Regice (レジアイス Rejiaisu):
  • Registeel (レジスチル Rejisuchiru):
  • Groudon (グラードン Gurādon):
    • Primal Groudon (ゲンシグラードン Genshi Gurādon)
  • Kyogre (カイオーガ Kaiōga):
    • Primal Kyogre (ゲンシカイオーガ Genshi Kaiooga)
  • Rayquaza (レックウザ Rekkūza):
    • Mega Rayquaza (メガレックウザ Mega Rekkūza):
  • Latias (ラティアス Ratiasu):
  • Latios (ラティオス Ratiosu):
    • Mega Latios (メガラティオス Mega Ratiosu):

Sinnoh Legendary Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Uxie (ユクシー Yukushī):
  • Mesprit (エムリット Emuritto):
  • Azelf (アグノム Agunomu):
  • Dialga (ディアルガ Diaruga):
  • Palkia (パルキア Parukia):
  • Regigigas (レジギガス Rejigigasu):
  • Giratina (ギラティナ Giratina):
  • Heatran (ヒードラン Hīdoran):
  • Cresselia (クレセリア Kureseria):

Unova Legendary Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Thundurus (ボルトロス Borutorosu)
  • Tornadus (トルネロス Torunerosu):
  • Landorus (ランドロス Randorosu):
  • Reshiram (レシラム Reshiramu):
  • Zekrom (ゼクロム Zekuromu):
  • Cobalion (コバルオン Kobaruon):
  • Terrakion (テラキオン Terakion):
  • Virizion (ビリジオン Birijion):
  • Kyurem (キュレム Kyuremu):

Kalos Legendary Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Xerneas (ゼルネアス Zeruneasu):
  • Yveltal (イベルタル Iberutaru):
  • Zygarde (ジガルデ Jigarude):

Alola Legendary Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Tapu Koko (Kapu Kokeko (カプ・コケコ):
  • Tapu Lele (Kapu Tetefu (カプ・テテフ):
  • Tapu Bulu (Kapu Bururu (カプ・ブルル):
  • Tapu Fini (Kapu Rehile (カプ・レヒレ):
  • Cosmog (コスモッグ Kosumoggu):
    • Cosmoem (コスモウム Kosumoumu):
      • Solgaleo (ソルガレオ Sorugareo):
      • Lunala (ルナアーラ Runaāra):
  • Type: Null (タイプ:ヌル Taipu: Nuru):
    • Silvally (シルヴァディ Shiruvadi):
  • Necrozma (ネクロズマ Nekurozuma):
    • Ultra Necrozma (ウルトラネクロズマ Ultra Nekurozuma):
    • Dusk Mane Necrozma (日食ネクロズマ Solar Eclipse Nekurozuma):
    • Dawn Wings Necrozma (月食ネクロズマ Lunar Eclipse Nekurozuma):

Mythical Pokémon[sunting | sunting sumber]

  • Mew (ミュウ Myū):
  • Celebi (セレビィ Serebī):
  • Deoxys (デオキシス Deokishisu):
  • Jirachi (ジラーチ Jirāchi):
  • Darkrai (ダークライ Dākurai):
  • Shaymin (シェイミ Sheimi):
  • Manaphy (マナフィ Manafi):
  • Phione (フィオネ Fione):
  • Arceus (アルセウス Aruseusu):
  • Victini (ビクティニ Bikutini):
  • Meloetta (メロエッタ Meroetta):
  • Keldeo (ケルディオ Kerudio):
  • Genesect (ゲノセクト Genosekuto):
  • Diancie (ディアンシー Dianshī):
    • Mega Diancie (メガディアンシー Mega Dianshī):
  • Hoopa (フーパ Fūpa):

Ultra Beasts[sunting | sunting sumber]

  • Nihilego (ウツロイド Utsuroido) (UB-01 Symbiont):
  • Buzzwole (マッシブーン Masshibūn) (UB-02 Absorption):
  • Pheromosa (フェローチェ Ferōche) (UB-02 Beauty):
  • Xurkitree (デンジュモク Denjumoku) (UB-03 Lighting):
  • Celesteela (テッカグヤ Tekkaguya) (UB-04 Blaster):
  • Kartana (カミツルギ Kamitsurugi) (UB-04 Blade):
  • Guzzlord (アクジキング Akujikingu) (UB-05 Glutton):
  • Blacephalon (ズガドーン Zugadōn) (UB Burst):
  • Stakataka (ツンデツンデ Tsundetsunde) (UB Assembly):
  • Poipole (ベベノム Bebenomu) (UB Adhesive):
    • Naganadel (アーゴヨン Āgoyon) (UB Stinger):

Tim penjahat[sunting | sunting sumber]

Team Rocket/Neo Team Rocket[sunting | sunting sumber]

Dalam Pokémon Adventures, Team Rocket memiliki mnemonic sendiri untuk kata "Rocket": "'Raid On the City, K 'nock out... Evil Tusks". Tiga Pemimpin Gym - Lt. Surge, Sabrina dan Koga - melayani langsung di bawah inkarnasi pertama Team Rocket. Gym Leader keempat, Blaine, pernah bekerja untuk Team Rocket sebagai ilmuwan mereka, tetapi sekarang bergabung dengan aliansi Kanto Gym Leaders yang tidak berafiliasi dengan Team Rocket (Brock, Misty dan Erika).

Inkarnasi pertama Team Rocket dipimpin oleh Giovanni - Pemimpin Gym Kota Viridian dan diwakili oleh tiga anggota terkenal Tim Rocket - Ken, Al dan Harry, yang menyatakan diri mereka sebagai "Trio Elit". Mereka bertujuan untuk mengeksploitasi Pokemon dan menaklukkan dunia.

Pryce, Gym Leader dari Mahogany Town, memimpin inkarnasi pertama Neo Team Rocket di bawah penyamaran bertopeng yang disebut Mask of Ice. Di masa lalu, dia menangkap Ho-Oh dan menggunakannya untuk merekrut enam anak muda berbakat yang akan membantunya mencapai tujuannya menjelajahi waktu. Carl dan Sham didasarkan pada desain Neo Rocket Executives di "Pokémon Gold" dan "Pokémon Silver". Will dan Karen, seperti Carl dan Sham, setia kepada Pryce (dan dengan demikian melihat wajahnya di balik topeng) tetapi setelah Pryce menghilang, membentuk Elite Four baru dengan mantan wakil Team Rocket Koga dan mantan anggota Elite Four Bruno. Akhirnya, Green dan Silver, yang diculik oleh Pryce dan dengan demikian tidak pernah melihat wajahnya, melarikan diri dari Pryce ketika mereka memiliki kesempatan, menjadi pemegang Pokédex yang diakui yang berkontribusi pada kekalahan Pryce dalam kekosongan waktu.

Carr, Orm dan Sird adalah wakil dari inkarnasi kedua Team Rocket, eksklusif untuk Pokémon Adventures. Mereka menyebut diri mereka Tiga Binatang. Carr bereaksi dengan marah ketika dia mengetahui bahwa Giovanni sedang mencari putranya, dan dengan demikian mencoba untuk merebut kendali Tim Rocket. Dia juga berusaha untuk menghidupkan kembali Team Rocket di awal arc HeartGold & SoulSilver, tetapi dihentikan oleh Empat Jenderal, yang mengklaim bahwa mereka yang tidak mengikuti cita-cita Giovanni tidak benar-benar mewakili Team Rocket. Juga terungkap bahwa Sird awalnya adalah anggota pendiri Tim Galactic, yang berpura-pura setia kepada Tim Rocket tetapi sebenarnya dimaksudkan untuk menangkap Deoxys untuk Tim Galactic. Sebelum "bergabung" dengan Tim Rocket, dia menemukan Maxie dan Archie yang lemah dan memberikan pedang dan baju besi kepada pemenang pertarungan sampai mati antara Maxie dan Archie. Karena cedera pergelangan kaki yang dideritanya saat melarikan diri dari Kanto, Sird mengambil alih kendali tubuh gerutuan Tim Galactic dan melanjutkan operasi menggunakan tubuhnya.

Inkarnasi kedua dari Neo Team Rocket, yang dipimpin oleh Archer, Ariana, Proton dan Petrel, yang secara kolektif disebut sebagai Empat Jenderal, muncul di busur HeartGold & SoulSilver. Mereka bertujuan untuk mengendalikan Arceus, dewa Pokémon, untuk meyakinkan mantan pemimpin mereka Giovanni untuk kembali. Mereka mencapai ini dengan membodohi protagonis utama busur (Emas, Perak dan Kristal) untuk membantu mereka. Arceus menciptakan trio ciptaan Dialga, Palkia dan Giratina, dan semuanya tampak siap untuk kembalinya Giovanni. Giovanni memang kembali, tetapi dengan Lance dan Pryce, keduanya merupakan antagonis dari arc sebelumnya, dan bekerja sama dengan tiga protagonis utama untuk menghentikan trio kreasi dari menghancurkan dunia.

  • Giovanni (サカキ (Sakaki)):
  • Elite Trio (中隊長):
    • Ken (ケン):
    • Al (リョウ (Ryou))::
    • Harry (ハリー (Harii)):
  • Masked Children (イツキ・カリン):
    • Carl (カーツ (Kaatsu)):
    • Sham (シャム (Shamu)):
  • Three Beasts (三獣士 (Three Beast Warriors)):
    • Carr (チャクラ (Chakura)):
    • Orm (オウカ (Ouka)):
    • Sird (サキ (Saki)):
  • Four Generals (四将軍):
    • Archer (Apollo (アポロ Aporo)):
    • Ariana (Athena (アテナ Atena)):
    • Proton (Lance (ランス Ransu)):
    • Petrel (Lambda (ラムダ Ramuda)):

Team Aqua dan Team Magma[sunting | sunting sumber]

Team Aqua dan Team Magma adalah entitas kriminal yang berbasis di Hoenn. Dipimpin oleh Archie dan Maxie masing-masing, kedua tim digambarkan sangat berbeda di Pokémon Adventures. Team Aqua adalah organisasi yang lebih mapan yang bertujuan untuk memperluas laut; pemimpinnya bahkan adalah bos dari sebuah stasiun televisi, sehingga memungkinkan Tim Aqua untuk menutupi tindakan mereka, termasuk berakhirnya aktivitas vulkanik di Gunung Chimney. Tim Magma adalah organisasi yang lebih kecil dan lebih terputus-putus yang bertujuan untuk memperluas lahan, tetapi seringkali memiliki sedikit arah. Selama klimaks dari busur "Ruby & Sapphire", kedua pemimpin mencapai kesepakatan untuk mencapai dasar laut bersama-sama. Mereka kemudian mengambil kendali dari Orb Biru dan Orb Merah masing-masing. Namun, Archie dan Maxie kehilangan kendali atas bola-bola itu, yang tenggelam ke dalam tubuh mereka. Kyogre dan Groudon akhirnya mencapai Kota Sootopolis dan mulai bentrok sekali lagi. Bahkan setelah bola dikeluarkan dari tubuh Archie dan Maxie, bentrokan berlanjut, dan setelah bentrokan dihentikan, Archie dan Maxie muncul kembali dengan kejahatan dan kebiadaban yang lebih besar dalam pikiran mereka, dan mengumumkan niat mereka untuk menghancurkan siapa pun yang berani menentang. mereka.

Dalam arc Emerald, identitas asli Guile Hideout terungkap sebagai Archie. Dia adalah orang yang telah memenangkan pedang dan baju besi dari Sird, setelah mengalahkan Maxie dalam pertarungan sampai mati, dan berhasil memanggil monster raksasa seperti Kyogre untuk memperluas laut, tetapi akhirnya menghilang dalam sekejap cahaya setelah kehilangan miliknya. baju besi, serta kontrol Pokémon sewaan Battle Frontier.

Team Aqua[sunting | sunting sumber]

  • Archie (Aogiri (アオギリ)) / Guile Hideout (ガイル・ハイダウト):
  • Subleaders of the Sea Scheme
    • Matt (Ushio (ウシオ)):
    • Shelly (Izumi (イズミ)):
    • Amber (シズク (Shizuku)):

Team Magma[sunting | sunting sumber]

  • Maxie (Matsubusa (マツブサ)):
  • Three Fires (Three Head Fires (三頭火)):
    • Courtney (Kagari (カガリ)):
    • Tabitha (Homura (ホムラ)):
    • Blaise (ホカゲ (Hokage)):

Team Galactic[sunting | sunting sumber]

Team Galactic adalah entitas kriminal yang berbasis di Sinnoh. Tujuan mereka untuk menciptakan dunia baru telah direncanakan selama beberapa tahun. Di akhir busur Diamond & Pearl, pemimpin mereka Cyrus, yang telah dikalahkan oleh Diamond, Pearl dan Platinum, diseret ke Dunia Distorsi. Dalam busur "Platinum", ilmuwan Tim Galactic Charon menjadi pemimpin baru tim, meskipun para komandan - Mars, Jupiter, dan Saturnus - masih menganggap Cyrus sebagai bos mereka yang sebenarnya, dan berusaha menemukannya. Di Dunia Distorsi, Cyrus menyadari bahwa usahanya untuk menciptakan dunia baru semuanya sia-sia - dia hanya membuat portal ke Dunia Distorsi. Setelah Charon akhirnya dihentikan, Cyrus mengumumkan pembubaran Tim Galactic.

  • Cyrus (Akagi (アカギ)):
  • Mars (マーズ Māzu):
  • Jupiter (ジュピター Jupitā):
  • Saturn (サターン Satān):
  • Charon (Pluto (プルート Purūto)):
  • Advanced level Grunt (Advanced level Underling (上級SHITAPPA)):

Team Plasma/Neo Team Plasma[sunting | sunting sumber]

Team Plasma adalah entitas kriminal yang berbasis di Unova. Anggota organisasi yang lebih rendah percaya bahwa N, seorang pria misterius berambut hijau, adalah pemimpin mereka, dan mengidolakannya seperti seorang raja. Namun, sebenarnya N dicuci otak oleh Ghetsis, dalang sebenarnya di balik Team Plasma, yang tujuannya bukan untuk membebaskan Pokemon, tetapi membuat semua Pokemon Team Plasma. Neo Team Plasma adalah entitas kriminal baru yang berbasis di Unova. Mereka bertujuan untuk memerintah Unova dengan membekukan wilayah tersebut. Mereka dipimpin oleh Ghetsis, dan pengganti dipimpin oleh Colress.

  • N (エヌ Enu):
  • The Seven Sages (七賢人 Shichi Kenjin):
    • Ghetsis (G-Cis (ゲーチス Gēchisu)):
    • Zinzolin (Vio (ヴィオ)):
    • Ryoku (Ryokushi (リョクシ)):
    • Giallo (ジャロ Jaro):
    • Rood (Rot (ロット Rotto)):
    • Bronius (Sumura (スムラ)):
    • Gorm (Asura (アスラ)):
  • The Shadow Triad ("Dark Trinity" (ダークトリニティ Dāku Toriniti)):
  • Anthea (the Goddess of Love (愛の女神 Ai no Megami)) and Concordia (the Goddess of Peace (平和の女神 Heiwa no Megami)):
  • Colress (Achroma (アクロマ Akuroma)) / Hood Man (フードマン):
  • Whitley's mother

Team Flare[sunting | sunting sumber]

Team Flare adalah organisasi jahat utama di wilayah Kalos. Mereka tampaknya telah memiliki pengaruh besar atas Kalos dengan memiliki outlet media pusat di kawasan itu untuk menutupi pekerjaan mereka. Mereka berusaha menggunakan Cincin Mega X untuk berhasil dalam rencana mereka, serta mencari Xerneas dan Yveltal. Anggota termasuk pemimpin Lysandre, ilmuwan Xerosic, Aliana, Bryony, Celosia dan Mable, pembaca berita Malva dan kepala pelayan Chalmers.

  • Lysandre (Fleur-de-Lis (フラダリ Furadari)):
  • Aliana (Akebi (アケビ)):
  • Bryony (Bara (バラ)):
  • Celosia (Correa (コレア Korea)):
  • Mable (Momiji (モミジ)):
  • Xerosic (Xerosicy (クセロシキ Kuseroshiki)):
  • Chalmers (チャルマーズ Charumaazu):
  • Lumiose Press editor-in-chief (Miare Press editor-in-chief (ミアレ出版の編集長)):

Team Skull dan Yayasan Aether[sunting | sunting sumber]

Team Skull adalah kelompok kriminal di wilayah Alola yang suka mencoba mencuri Pokemon dan item dari orang lain dengan Guzma sebagai bosnya. Yayasan Aether, juga terletak di Alola di sebuah pulau buatan, adalah tim ilmuwan yang bekerja untuk "membantu" Pokemon yang terluka atau jatuh, namun, mereka diam-diam bekerja untuk menciptakan 3 Pokemon legendaris yang kuat yang disebut Type: Full (atau Silvally) untuk melawan Ultra Beast yang aneh. Ini tidak berjalan dengan baik ketika mereka dibangunkan, mereka harus ditahan dan diganti namanya menjadi Tipe: Null. Salah satunya Gladion berhasil menyelamatkan dan berevolusi.

Team Skull[sunting | sunting sumber]

  • Guzma (グズマ):
  • Plumeria (プルメリ Plumeri):
  • Gladion (グラジオ Glazio):

Yayasan Aether[sunting | sunting sumber]

  • Lusamine (ルザミーネ):
  • Faba (ザオボー Sauboh):
  • Wicke (ビッケ):

Ultra Recon Squad[sunting | sunting sumber]

  • Dulse (ダルス):
  • Zossie (Amamo (アマモ)):
  • Soliera (Mirin (ミリン)):
  • Phyco (Shionira (シオニラ)):

Team Yell and Macro Cosmos[sunting | sunting sumber]

Team Yell[sunting | sunting sumber]

Team Yell are a group of troublemakers in the Galar region.

  • Piers (Nezu (ネズ)):
  • Marnie (Mary (マリィ)):

Macro Cosmos[sunting | sunting sumber]

  • Rose (ローズ):
  • Oleana (オリーヴ Olive):

Profesor[sunting | sunting sumber]

  • Professor Samuel Oak (Professor Yukinari Ōkido (オーキド・ユキナリ博士 Ōkido Yukinari-hakase)):
  • Professor Elm (Professor Utsugi (ウツギ博士 Utsugi-hakase)):
  • Professor Birch (Professor Odamaki (オダマキ博士 Odamaki-hakase)):
  • Professor Takao Cozmo (Professor Takao Soraishi (ソライシ・タカオ博士 Soraishi Takao-hakase)):
  • Professor Rowan (Professor Nanakamado (ナナカマド博士 Nanakamado-hakase)):
  • Professor Yanase Berlitz (ヤナセ・ベルリッツ教授 Berlitz Yanase-hakase):
  • Mr. Berlitz (ベルリッツ氏):
  • Professor Carolina (Professor Karashina (カラシナ博士 Karashina-hakase)):
  • Professor Aurea Juniper (Professor Araragi (アララギ博士 Araragi-hakase)):
  • Professor Cedric Juniper (Professor Araragi (アララギ博士 Araragi-hakase)):
  • Fennel (Makomo (マコモ)):
  • Professor Augustine Sycamore (Professor Platane (プラターヌ博士 Puratānu-hakase)):
  • Professor Kukui (ククイ博士 Kukui-hakase):
  • Professor Burnet (バーネット博士 Burnet-hakase):
  • Professor Samson Oak (Professor Nariya Ōkido (ナリヤ・オーキド Ōkido Nariya-hakase)):
  • Professor Magnolia (マグノリア博士 Magunoria-hakase):

Pengembang Pokémon Storage System[sunting | sunting sumber]

  • Bill (Masaki Sonezaki (ソネザキ マサキ Sonezaki Masaki)):
  • Celio (Nishiki (ニシキ)):
  • Brigette (Azusa (アズサ)):
  • Lanette (Mayumi (マユミ)):
  • Bebe (Mizuki (ミズキ)):
  • Amanita (Shōro (ショウロ)):
  • Cassius (Crocea (クロケア)):
  • Molayne (Mullein (マーレイン)):

Karakter lainnya[sunting | sunting sumber]

Kanto[sunting | sunting sumber]

  • Announcer Chairtarō (チェアたろう)
  • Pokémon Fan Club Chairman (Pokémon Lovers Club President (ポケモン 大好きクラブ かいちょう)):
  • Baoba (バオバ)
  • Fisherman Wilton (Hidenori (ヒデノリ))
  • Daisy Oak (Nanami Okido (オーキド・ナナミ))
  • Camper Evan (Junji (ジュンジ))
  • Super Nerd Miles (Akihito (アキヒト))
  • Ultima (Kiwame (キワメ)):
  • Green's parents:

Johto[sunting | sunting sumber]

  • Joey (Gorō (ゴロウ))
  • Gold's mother
  • Eusine (Minaki (ミナキ)):
  • Kurt (Gantetsu (ガンテツ)):
  • Maizie (Chie (チエ)):
  • Mirei (ミレイ):
  • Walker (Hayate (ハヤテ)):
  • The Day-Care Couple (育て屋夫婦):
  • DJ Mary (Kurumi (クルミ):
  • Radio Director Hiro (ヒロオ Hirō):
  • The Chairman of Pokémon Association:
  • Earl Dervish (Giovanni (ジョバンニ):
  • Jet (ジェット):
  • Magnus (Kobushi (コブシ)):
  • Maximo (Kejime (ケジメ)):

Hoenn[sunting | sunting sumber]

  • Ruby's mother:
  • Mr. Briney (Old Man Hagi (ハギ老人)):
  • Gabby (Mari (マリ)) and Ty (Dai (ダイ)):
  • Swimmer Jack (Hidenori (ヒデノリ)):
  • Joseph Stone (Mukuge Tsuwabuki (ツワブキ・ムクゲ)):
  • Trick Master (King of Tricks (カラクリ大王)):
  • Wanda (Michiru (ミチル)):
  • Captain Stern (Director Kusunoki (クスノキ館長)):
  • Dock (Tsuga (ツガ)):
  • Blind boy (目の不自由な少年):
  • Scott (Enishida (エニシダ)):
  • Todd Snap (Tōru (トオル)):
  • Zinnia (Higana (ヒガナ)):
  • Lisia (Lutia (ルチア Ruchia)):
  • Chaz (Kazura (カズラ)):
  • Jinga (ジンガ):
  • Renza (レンザ):
  • Tomatoma (トマトマ):
  • The Elder of Meteor Village:
  • Aarune (Girī (ギリー)):

Sinnoh[sunting | sunting sumber]

  • Sebastian (セバスチャン):
  • Paka (パカ) and Uji (ウージ Ūji):
  • Johanna (Ayako (アヤコ)):
  • Riley (Gen (ゲン)):
  • Roseanne (Hamana (ハマナ)):
  • Dr. Footstep (Futomaki (フトマキ)):
  • Rad Rickshaw (Jitensha Jinriki (じてんしゃ じんりき)):
  • Mr. Backlot (Urayama (ウラヤマ)):
  • Mr. Fuego (Mr. Tatara (タタラさん)):
  • Pokétch Co. President (Pokétch Company's president (ポケッチカンパニーのしゃちょう)):
  • "Looker" ("Handsome" (ハンサム Hansamu)):
  • Eldritch (Namiki (ナミキ)):
  • Cheryl (Momi (モミ)):
  • Mira (Miru (ミル)):
  • Marley (Mai (マイ)):
  • Buck (Baku (バク))

Unova[sunting | sunting sumber]

  • Bianca's father (Bel's papa (ベルパパ)):
  • Hawes (Kidachi (キダチ)):
  • The mayor of Nimbasa City:
  • Andy (Natsumi (ナツミ)):
  • Geoff (Shinnosuke (シンノスケ)):
  • Chris (Yoshie (ヨシエ)):
  • Logan (Teruyuki (テルユキ)):
  • Jeremy (Hideaki (ヒデアキ)):
  • Trish (トリッシュ):
  • Shoko (ショーコ Shōko):
  • Kimi (Hisoka (ヒソカ)):
  • Leo (Petaci (ペタシ)):
  • Hugh (Hue (ヒュウ)):
  • Hugh's sister (Hyu's younger sister (ヒュウの妹)):
  • Yuko (ユウコ Yūko):
  • Maya (Mayu (マユ)):
  • Yuki (ユキ):
  • Yancy (Ruri (ルリ)):
  • Curtis (Tetsu (テツ)):
  • The Magician (マジシャン):
  • Benga (Banjirō (バンジロウ)):
  • International Police Chief:

Kalos[sunting | sunting sumber]

  • Trevor (トロバ Trevor):
  • Shauna (サナ Sana):
  • Tierno (ティエルノ Tierno):
  • Grace (Saki (サキ)):
  • Alexa (Pansy (パンジー Panjī)):
  • Sina (Sina (ジーナ)) & Dexio (Dexio (デクシオ)):
  • Gurkinn (Concombre (コンコンブル)):
  • Emma (Matiere (マチエール Machiēru)) / Essentia (Esprit (エスプリ Espuri)):
  • Bonnie (Eureka (ユリーカ)):
  • Yvette (Misora (ミソラ)):
  • AZ (AZ(エーゼット) Ē Zetto):

Alola[sunting | sunting sumber]

  • Lillie (Lilie (リーリエ)):
  • Hau (ハウ):
  • Ryuki (リュウキ Ryūki):

Galar[sunting | sunting sumber]

  • Marvin (Manabu (マナブ)):
  • Sonia (ソニア):
  • Hop (ホップ):
  • Bede (Beet (ビート)):
  • The female announcer:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n o "Popular Human" (dalam bahasa Jepang). Shogagkukan. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 9, 2012. Diakses tanggal January 12, 2012. 
  2. ^ Kusaka, Hidenori (28 Juli 2003). "Bab 180 XIV" [Bab 180. Pertempuran Terakhir XIV]. ポケットモンスター Special [Pocket Monsters Special]. Pokémon Adventures (dalam bahasa Jepang). 15. Shogakukan. ISBN 4- 09-149715-2. 
  3. ^ "Henry Sword - Bulbapedia, ensiklopedia Pokémon berbasis komunitas". 
  4. ^ "Casey Shield - Bulbapedia, ensiklopedia Pokémon berbasis komunitas".