Recuerdos de la Alhambra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Recuerdos de la Alhambra (Kenang-kenangan dari Alhambra) adalah sebuah komposisi gitar klasik yang dibuat pada tahun 1896 di Granada oleh komponis dan gitaris Spanyol ternama, Francisco Tárrega.[1] Ia menggunakan teknik gitar klasik tremolo, yang sering dimainkan oleh para pemain berteknik tinggi.

Recuerdos de la Alhambra berarti "kenangan-kenangan dari Alhambra". Alhambra adalah sebuah istana dan kompleks benteng yang terletak di Granada, Spanyol.

Catatan permainan[sunting | sunting sumber]

Komposisi ini menampilkan teknik gitar yang menantang, yang dikenal sebagai tremolo, dimana sebuah nada dipetik secara berurutan oleh jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk, berturut-turut dengan sangat cepat sehingga menghasilkan ilusi satu nada yang panjang dan berlanjut lama. Ibu jari juga memainkan pola iringan arpeggio secara bersamaan. Mereka yang mendengar komposisi ini tetapi tidak melihatnya dimainkan mungkin dapat mengira bahwa ia dimainkan dalam bentuk berduet.

Bagian A dari komposisi ini ditulis dalam A-minor, dan bagian B ditulis dalam paralel mayor (A-mayor). Bentuk seperti ini juga digunakan dalam banyak komposisi gitar Spanyol lainnya, seperti karya anonim Romance d'Amour (juga dikenal dengan nama Romance saja, atau Spanish Folk Song).[1]

Jalur suara[sunting | sunting sumber]

Recuerdos de la Alhambra telah digunakan sebagai musik tema atau musik ilustrasi dalam beberapa film, antara lain sebagai jalur suara (soundtrack) Forbidden Games karya René Clément (dimainkan oleh Narciso Yepes), The Killing Fields (di bawah judul Étude), Sidewaysdan Margaret.

Sebagai gubahan dan aransemen Jonathon Coudrille, ia digunakan sebagai musik tema untuk seri televisi Inggris Out of Town, dan sebuah versi yang dimainkan oleh Pepe Romero digunakan sebagai musik ilustrasi dalam The Sopranos episode "Luxury Lounge." Gideon Coe pada Radio BBC 6Music menggunakan lagu ini sebagai musik latar belakang penanda pertengahan acara, dalam program yang dibawakannya setiap malam hari kerja.[2] Sebuah versi yang dinyanyikan terdapat dalam film produksi Studio Ghibli, When Marnie Was There.

Ia juga digunakan sebagai tema untuk Phillip II dari Spanyol dalam permainan strategi 4X Civilization IV, di mana permainannya berkembang dari aransemen gitar sederhana hingga aransemen orkestra lengkap, seiring kemajuan Spanyol sepanjang abad yang dimainkan.

Aransemen lain[sunting | sunting sumber]

Nana Mouskouri menyanyikan versi vokal komposisi ini, dan Sarah Brightman juga menyanyikan versi readaptasi dari komposisi ini dalam albumnya Classics. Chris Freeman dan John Shaw merekam versi non-vokal Recuerdos de la Alhambra dalam album mereka, Chris Freeman dan John Shaw (November 1981). Julian Bream juga merekam komposisi ini, dalam albumnya The Ultimate Guitar Collection. Luiza Borac mengaransemen komposisi ini untuk piano solo dan dimasukkan sebagai Track 20 dalam CD yang dikeluarkannya tahun 2014, "Chants Nostalgiques" (Avie AV-2316).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Library of Guitar Classics, AMSCO Publications, 1998
  2. ^ Gideon Coe, BBC Radio 6Music

Pranala luar[sunting | sunting sumber]