RecordTV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
RecordTV
JenisJaringan televisi
SloganPerto de você, a gente vai longe. (Dekat denganmu, kami pergi jauh.)
Negara Brasil
BahasaPortugis
KetersediaanBrasil
PendiriPaulo Machado de Carvalho
Tanggal peluncuran27 September 1953 (1953-9-27)
Wilayah siaranBrasil
PemilikGrupo Record
Situs webwww.recordtv.com.br

RecordTV adalah jaringan televisi Brasil yang didirikan pada tahun 1953 oleh Paulo Machado de Carvalho, juga pendiri Rádio Record. Saat ini RecordTV dimiliki oleh pengusaha Edir Macedo, pendiri dan uskup dari Universal Church of the Kingdom of God.

Sejak tahun 2007, RecordTV menjasi salah satu jaringan televisi paling populer di Brazil setelah berada di tempat terakhir dari jaringan televisi selama bertahun-tahun dari tahun 1980-an. Dengan 59 tahun terus-menerus transmisi ia menjadi jaringan TV tertua di negara ini. RecordTV  ( Portugis:  [ʁeˈkɔɾ teˈve] ) adalah jaringan televisi komersial free-to-air Brasil yang didirikan pada 27 September 1953 sebagai Rekam TV oleh pengusaha dan tokoh media Paulo Machado de Carvalho . Penciptaannya termasuk dalam peresmian televisi di Brazil, ketika Paulo Machado de Carvalho tertarik dengan media ini dan ingin memperluas konglomerasinya (yang termasuk beberapa stasiun radio) ke TV, yang menjadi berita besar di awal 1950-an. Paulo kemudian mengajukan permintaan untuk mengoperasikan stasiun televisi di São Paulo , yang diberikan kepadanya pada November 1950,  tak lama setelah TV perintis Tupi mengudara.

Akhirnya diresmikan pada tahun 1953 di saluran 7 São Paulo, Record dengan cepat menjadi semakin populer, mengkhususkan diri dalam produksi program musik, menjadi pemimpin penonton pada tahun 1960-an dengan festival musik bersejarah dan Jovem Guarda . Pada pertengahan 1970-an, setengah dari saluran tersebut dijual kepada pengusaha dan pembawa acara TV Silvio Santos , sementara stasiun tersebut mengalami kemunduran finansial dan mencapai pra-kebangkrutan pada akhir 1980-an.

Pembentukan jaringan nasional dimulai pada awal 1990-an, setelah stasiun tersebut diakuisisi pada tahun 1989 oleh Edir Macedo , pendiri dan pemimpin Gereja Universal Kerajaan Allah , dan diganti namanya menjadi Rede Record .  Sejak itu, saluran tersebut memulai investasi besar dan fase rekonstruksi yang memuncak pada 2007,  mengkonsolidasikan sebagai jaringan TV terbesar kedua di Brasil dalam hal pemirsa dan penagihan hingga 2015, ketika itu dilampaui oleh SBT .  Posisi tersebut mulai dimainkan lebih intensif dengan SBT sejak 2012, dengan memperebutkan poin kesepuluh dan bergantian di peringkat Ibope . Pada tahun 2016, ketika kembali berganti nama menjadi RecordTV, itu adalah stasiun televisi komersial terbesar ketiga di Brasil dan terbesar ke-28 di peringkat dunia tahun 2012. Rekor juga merupakan stasiun televisi tertua yang aktif di Brasil.

StudioSunting[sunting | sunting sumber]

Studio mereka terletak di distrik Barra Funda, di São Paulo dan disebut Teatro Dermeval Gonçalves . Stasiun ini juga memiliki kompleks yang terletak di lingkungan Vargem Grande, di Zona Barat Rio de Janeiro , yang dikenal sebagai RecNov.

SejarahSunting[sunting | sunting sumber]

1950-an: Awal[sunting | sunting sumber]

TV Record memulai transmisinya pada 27 September 1952. Didirikan oleh Paulo Machado de Carvalho di São Paulo , sebagai pesaing untuk Rede Tupi yang saat itu dominan dari Diários Associados . Itu mematahkan monopoli tiga tahun yang dimiliki stasiun itu di kota. Ini awalnya menyiarkan acara hiburan, olahraga, jurnalisme, komedi dan drama. Pada 1950-an, TV Record menjadi terkenal karena siaran olahraga mereka. Pada tahun 1959, ia mulai menayangkan acara yang menampilkan tokoh-tokoh hiburan internasional, seperti Charles Aznavour , Nat King Cole , Ella Fitzgerald , dan Marlene Dietrich .

1960-an: Zaman keemasan[sunting | sunting sumber]

Rekam TV dengan logo lingkaran 7 dari tahun 1965 hingga 1970.

Tahun 1960-an dianggap sebagai "Zaman Keemasan" Record. Puncak peringkat Record berada pada periode 1965–1970, ketika menjadi terkenal karena program musiknya yang menampilkan artis Bossa Nova dan Jovem Guarda , dan Festival Musik MPB , yang membuka pintu ke Tropicália . Itu juga selama tahun 1960-an yang menayangkan serial komedi Família Trapo, dibuat pada tahun 1967. Tahun itu, mulai memimpin Rede de Emissoras Independentes yang baru didirikan.(Jaringan Penyiaran Independen), yang stasiunnya menayangkan program Record dan merupakan afiliasi pertamanya. Pada tahun 1968 nasib Record mulai berubah, karena serangkaian kebakaran yang melumpuhkan kemampuan produksinya. Selera publik Brasil mulai tertarik dengan telenovela dari Rede Globo .

1970-an: Dekade baru, masalah baruSunting[sunting | sunting sumber]

Stasiun tersebut menjual 50% sahamnya kepada Silvio Santos pada tahun 1971, tetapi Record tidak mendapatkan kembali peringkatnya yang lebih tinggi. Itu adalah televisi pertama yang disiarkan dalam warna pada tahun 1966, selama Festa da Uva ( Festival Anggur ) di Caxias do Sul , bersama dengan TV Rio dan TV Difusora , meskipun ini adalah percobaan. Kemudian akan disiarkan penuh waktu warna pada tahun 1972. TV Record memiliki program berdasarkan serial TV , film dan kartun , dan acara TV , serta program berita.

1980-an: Penurunan semakin parahSunting[sunting | sunting sumber]

Pembentukan SBT pada tahun 1981 menandai lebih banyak persaingan dan pendalaman penurunan Record. Di sebagian besar tahun 1980-an, Record mengalami peringkat yang sangat rendah, tidak ada bintang dalam pemerannya, dan kurangnya pemrograman yang menarik, selain itu menjadi stasiun resmi untuk Programa Silvio Santos (yang akan berlangsung hingga 1987) dan program SBT lainnya. Namun, saluran tersebut meraih kemenangan pada tahun 1984 dengan siaran 2 jam Jornal da Record (stasiun pertama yang melakukannya), disiarkan di kota-kota Brasil tertentu, serta dalam promosi musik country Brasil ( música sertaneja ) melalui Especial karya Marcelo Costa Sertanejo. Record juga memulai transisinya menjadi jaringan nasional dengan dibukanya stasiun Rio pada tahun 1982.

1990-an: Kebangkitan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1989, keluarga Sílvio Santos dan Paulo Machado de Carvalho menjual Record ke Edir Macedo dan Igreja Universal do Reino de Deus miliknya . Tahun berikutnya Record menjadi saluran nasional, bersamaan dengan peringatan 37 tahun penyiaran mereka, memulai debut logonya saat ini, dan kemudian tahun itu memulai siaran satelit, kembali ke Rio pada tahun 1993. Mengingat hubungan Pantekosta dari kepemimpinan baru, tidak mengherankan bahwa Record's garis panjang program keagamaan akan ditelusuri ke peluncurannya kembali.

Pada tanggal 12 Oktober 1995, jaringan tersebut menjadi terkenal di seluruh negeri karena episode " Menendang orang suci ", ditayangkan selama program larut malam gereja.

Pusat operasi RecordTV di São Paulo .

Di bawah Macedo, pemilik baru mulai membangun kembali citra publik Record, mengidentifikasi sebagai Rede Record dan menandatangani afiliasi penyiaran di seluruh Brasil. Sepanjang sebagian besar tahun 1990-an dan paruh pertama tahun 2000-an, Record berinvestasi dalam program populer, menandatangani bintang seperti Ana Maria Braga (yang pergi ke Globo pada tahun 1999 dan memiliki karir yang panjang di jaringan lain) dan Carlos "Ratinho" Massa (di SBT sejak 1998). Itu mengubah programnya dalam beberapa cara, menambahkan lebih banyak liputan olahraga (misalnya, menyiarkan Piala Dunia 1998); jurnalisme investigasi (dengan Câmera Record ) dan banyak lainnya. Itu menambahkan beberapa seri Amerika Serikat, seperti Star Trek , The X-Files , Millennium danThe Three Stooges (juga termasuk, di tahun-tahun berikutnya, House, MD , Monk , dan CSI: Crime Scene Investigation dan spin - off- nya ). Itu juga menambahkan acara pendidikan anak-anak, dan kartun dari pasar dunia, seperti Dexter's Laboratory dan anime Pokémon .

2000-an: Dalam perjalanan menuju kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000 Adriane Galisteu bergabung dengan jaringan tersebut, salah satu dari begitu banyak yang bergabung dengan jajarannya saat abad ke-21 dimulai.

Pada tahun 2003, TV Record merayakan ulang tahun ke-50 peluncurannya di São Paulo, sehingga dengan pencapaian ini, Record saat ini menjadi jaringan televisi Brasil terlama dan tertua yang ada. Pada tahun 2004, ia mulai menggunakan slogan baru, A Caminho da Liderança ("Dalam perjalanan menuju kepemimpinan"), dan merilis program baru (di antaranya adalah Domingo Espetacular , yang akan segera menjadi persaingan serius bagi Fantastico of Rede yang telah lama mendominasi. Globo). Terlepas dari kritik, saluran tersebut telah mengambil satu halaman dari kesuksesan Globo dan mulai berinvestasi besar-besaran dalam telenovela , seperti Essas Mulheres dan Ribeirão do Tempo. Ia juga berusaha membuat penyiar dan jurnalisnya lebih mirip pesaing utamanya. Itu tidak memperbarui kontrak jangkarnya, Boris Casoy , yang pindah ke Rede Bandeirantes sebagai hasilnya.

Pada tahun 2007, Record, untuk pertama kalinya, menempati posisi ke-2 dalam peringkat São Paulo .  Tujuannya adalah untuk mengambil alih kepemimpinan di tahun 2010-an.  Dua tahun kemudian, pada tahun 2009, penonton Record di Rio melampaui Globo setelah menayangkan film aksi blockbuster Brasil The Elite Squad . Pada saat yang sama, jaringan tersebut segera memulai debut saluran beritanya sendiri, Record News , dan memulai layanan internasionalnya juga.

2010-an[sunting | sunting sumber]

Markas Besar RecordTV di São Paulo.

Casablanca Estúdios, kompleks televisi di Rio de Janeiro.

Dalam jaringan pertama, Record menandatangani kontrak dengan Komite Olimpiade Internasional untuk hak eksklusif televisi free-to-air untuk Olimpiade Musim Dingin 2010 dan Olimpiade Musim Panas 2012 .  Jaringan ini juga memegang, hingga 2019, hak siar Pan-American Games.

Survei IBOPE menegaskan bahwa Record menikmati peningkatan 101% dalam audiensnya di São Paulo, (dari 2003) dan peningkatan 270% yang menakjubkan dalam audiensnya di Rio de Janeiro (dari 2002). Dalam survei yang sama, di São Paulo, Globo mengalami penurunan pemirsa sebesar 26%, sementara SBT kehilangan 37% pemirsanya, sementara di Rio de Janeiro, pemirsa Globo turun 30%, sedangkan SBT kehilangan 17%. Berbeda pada tahun 2014 ketika SBT kembali menempati posisi ke-2 di peringkat nasional, sementara Record diturunkan ke posisi ke-3 secara keseluruhan.

2014 menandai pertama kalinya baik Rede Record dan Record News menyiarkan Olimpiade Musim Dingin 2014 bersama-sama.

Pada 24 November 2016, jaringan tersebut mengubah namanya menjadi RecordTV dan meluncurkan versi modifikasi dari logonya yang menghilangkan warna RGB.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]