Record (jaringan televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari RecordTV)
Record
JenisJaringan televisi
SloganPerto de você, a gente vai longe. (Dekat denganmu, kami pergi jauh.)
Negara Brasil
BahasaPortugis
KetersediaanBrasil
PendiriPaulo Machado de Carvalho
Tanggal peluncuran27 September 1953 (1953-09-27)
Wilayah siaranBrasil
PemilikGrupo Record
Situs webwww.recordtv.com.br
Logo 2016-2023

Record (pengucapan bahasa Portugis: [ʁeˈkɔʁ]) adalah jaringan televisi komersial free-to-air Brasil yang didirikan pada tahun 1953 oleh pengusaha dan tokoh media Paulo Machado de Carvalho, juga pendiri Rádio Record. Penciptaannya termasuk dalam peresmian televisi di Brazil, ketika Paulo Machado de Carvalho tertarik dengan media ini dan ingin memperluas konglomerasinya (yang termasuk beberapa stasiun radio) ke TV, yang menjadi berita besar di awal 1950-an. Paulo kemudian mengajukan permintaan untuk mengoperasikan stasiun televisi di São Paulo, yang diberikan kepadanya pada November 1950, tidak lama setelah TV perintis Tupi mengudara. Saat ini, Record dimiliki oleh pengusaha Edir Macedo, pendiri dan uskup dari Gereja Universal Kerajaan Allah di Brasil.

Akhirnya diresmikan pada tahun 1953 di saluran 7 São Paulo, Record dengan cepat menjadi semakin populer, mengkhususkan diri dalam produksi program musik, menjadi pemimpin penonton pada tahun 1960-an dengan festival musik bersejarah dan Jovem Guarda. Pada pertengahan 1970-an, setengah dari saluran tersebut dijual kepada pengusaha dan pembawa acara TV Silvio Santos, sementara stasiun tersebut mengalami kemunduran finansial dan mencapai pra-kebangkrutan pada akhir 1980-an.

Pembentukan jaringan nasional dimulai pada awal 1990-an, setelah stasiun tersebut diakuisisi pada tahun 1989 oleh Edir Macedo, pendiri dan pemimpin Gereja Universal Kerajaan Allah (bahasa Portugis: Igreja Universal do Reino de Deus), dan mengalami perubahan nama menjadi Rede Record. Sejak itu, saluran tersebut memulai investasi besar dan fase rekonstruksi yang memuncak pada 2007, mengkonsolidasikan sebagai jaringan TV terbesar kedua di Brasil dalam hal penonton dan penagihan hingga 2015, ketika itu dilampaui oleh SBT. Posisi tersebut mulai dimainkan lebih intensif dengan SBT sejak 2012, dengan memperebutkan poin kesepuluh dan bergantian di peringkat Ibope. Pada tahun 2016, ketika kembali berganti nama menjadi RecordTV, stasiun ini adalah stasiun televisi komersial terbesar ketiga di Brasil dan terbesar ke-28 di peringkat dunia tahun 2012. Record juga merupakan stasiun televisi tertua yang aktif di Brasil.

Studio[sunting | sunting sumber]

Studio RecordTV terletak di distrik Barra Funda, São Paulo, dikenal sebagai Teatro Dermeval Gonçalves. RecordTV juga memiliki kompleks yang terletak di lingkungan Vargem Grande, di Zona Barat Rio de Janeiro, yang dikenal sebagai RecNov.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1950-an: Awal[sunting | sunting sumber]

RecordTV memulai transmisinya pada 27 September 1952. RecordTV didirikan oleh Paulo Machado de Carvalho di São Paulo sebagai pesaing untuk Rede Tupi yang saat itu dominan dari Diários Associados. Hal ini mematahkan monopoli tiga tahun yang dimiliki stasiun tersebut di São Paulo. RecordTV awalnya menyiarkan acara hiburan, olahraga, jurnalisme, komedi, dan drama. Pada tahun 1950-an, RecordTV menjadi terkenal karena siaran olahraga mereka. Pada tahun 1959, stasiun televisi ini mulai menayangkan acara yang menampilkan tokoh-tokoh hiburan internasional, seperti Charles Aznavour, Nat King Cole, Ella Fitzgerald, dan Marlene Dietrich.

1960-an: Zaman keemasan[sunting | sunting sumber]

Tahun 1960-an dianggap sebagai zaman keemasan RecordTV. Puncak peringkat RecordTV berada pada periode 1965–1970, ketika stasiun ini menjaditerkenal karena program musiknya yang menampilkan artis Bossa Nova dan Jovem Guarda dan Festival Musik MPB yang membuka pintu ke Tropicália. RecordTV selama tahun 1960-an juga yang menayangkan serial komedi Família Trapo, dibuat pada tahun 1967. Tahun itu, Rede de Emissoras Independentes (Jaringan Penyiaran Independen) yang baru didirikan mulai memimpin. Stasiun tersebut menayangkan program RecordTV dan merupakan afiliasi pertamanya. Pada tahun 1968, nasib RecordTV mulai berubah karena serangkaian kebakaran yang melumpuhkan kemampuan produksinya. Selera publik Brasil mulai tertarik dengan telenovela dari Rede Globo.

1970-an: Dekade baru, masalah baru[sunting | sunting sumber]

RecordTV menjual 50% sahamnya kepada Silvio Santos pada tahun 1971, tetapi RecordTV tidak mendapatkan kembali peringkatnya yang lebih tinggi. RecordTV adalah televisi pertama yang disiarkan dalam warna pada tahun 1966, selama Festa da Uva (Festival Anggur) di Caxias do Sul, bersama dengan TV Rio dan TV Difusora, meskipun ini adalah percobaan. RecordTV mulai disiarkan warna penuh waktu pada tahun 1972. RecordTV memiliki program berdasarkan serial TV, film dan kartun, dan acara TV, serta program berita.

1980-an: Penurunan semakin parah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan SBT pada tahun 1981 menandai lebih banyak persaingan dan penurunan RecordTV. Di sebagian besar tahun 1980-an, RecordTV mengalami peringkat yang sangat rendah, tidak ada bintang dalam pemerannya, dan kurangnya pemrograman yang menarik. Selain itu, RecordTV menjadi stasiun resmi untuk Programa Silvio Santos (yang akan berlangsung hingga 1987) dan program SBT lainnya. Namun, saluran tersebut meraih kemenangan pada tahun 1984 dengan siaran 2 jam Jornal da Record (stasiun pertama yang melakukannya), disiarkan di kota-kota Brasil tertentu, serta dalam promosi musik country Brasil (música sertaneja) melalui Especial karya Marcelo Costa Sertanejo. RecordTV juga memulai transisinya menjadi jaringan nasional dengan dibukanya stasiun RecordTV di Rio pada tahun 1982.

1990-an: Kebangkitan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1989, keluarga Sílvio Santos dan Paulo Machado de Carvalho menjual RecordTV ke Edir Macedo dan Igreja Universal do Reino de Deus miliknya. Tahun berikutnya, RecordTV menjadi saluran nasional, bersamaan dengan peringatan 37 tahun penyiaran mereka, memulai debut logonya saat itu, dan kemudian memulai siaran satelit, kembali ke Rio pada tahun 1993. Mengingat hubungan pantekosta dari kepemimpinan baru, tidak mengherankan bahwa garis panjang program keagamaan RecordTV ditelusuri ke peluncurannya kembali. Pada tanggal 12 Oktober 1995, jaringan tersebut menjadi terkenal di seluruh negeri karena episode "Menendang orang suci", ditayangkan selama program larut malam gereja.

Pusat operasi RecordTV berada di São Paulo. Di bawah Macedo, pemilik baru mulai membangun kembali citra publik RecordTV dengan identitas baru sebagai Rede Record dan menandatangani afiliasi penyiaran di seluruh Brasil. Sepanjang sebagian besar tahun 1990-an dan paruh pertama tahun 2000-an, Rede Record berinvestasi dalam program populer, menandatangani bintang besar seperti Ana Maria Braga (yang pergi ke Globo pada tahun 1999 dan memiliki karier yang panjang di jaringan lain) dan Carlos "Ratinho" Massa (di SBT sejak 1998). Record mengubah programnya dalam beberapa cara, menambahkan lebih banyak liputan olahraga (misalnya, menyiarkan Piala Dunia 1998); jurnalisme investigasi (dengan Câmera Record ) dan banyak lainnya. Record juga menambahkan beberapa serial AS, seperti Star Trek, The X-Files, Millennium dan The Three Stooges (juga termasuk, pada tahun-tahun berikutnya, House, MD, Monk, dan CSI: Crime Scene Investigation dan spin-off-nya). Record juga menambahkan acara pendidikan anak-anak dan kartun dari pasar dunia, seperti Dexter's Laboratory dan anime Pokémon.

2000-an: Dalam perjalanan menuju kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000 Adriane Galisteu bergabung dengan jaringan tersebut, salah satu dari begitu banyak yang bergabung dengan jajarannya saat abad ke-21 dimulai.

Pada tahun 2003, Record merayakan ulang tahun ke-50 peluncurannya di São Paulo, menjadikan Record sebagai jaringan televisi Brasil terlama dan tertua yang pernah ada. Pada tahun 2004, Record mulai menggunakan slogan baru, "A Caminho da Liderança" ("Dalam perjalanan menuju kepemimpinan") dan merilis program baru (diantaranya adalah Domingo Espetacular, yang akan segera menjadi pesaing serius bagi Fantastico-nya Rede yang telah lama mendominasi). Terlepas dari kritik, Record telah mengambil satu halaman dari kesuksesan Globo dan mulai berinvestasi besar-besaran dalam telenovela, seperti Essas Mulheres dan Ribeirão do Tempo. Record juga berusaha membuat penyiar dan jurnalisnya lebih mirip pesaing utamanya. Record tidak memperbarui kontrak jangkarnya, Boris Casoy, yang pindah ke Rede Bandeirantes sebagai hasilnya.

Pada tahun 2007, untuk pertama kalinya Record menempati posisi ke-2 dalam peringkat São Paulo. Tujuannya adalah untuk mengambil alih kepemimpinan pada tahun 2010-an. Dua tahun kemudian, pada tahun 2009, penonton Record di Rio melampaui Globo setelah menayangkan film aksi blockbuster Brasil, The Elite Squad. Pada saat yang sama, jaringan tersebut segera memulai debut saluran beritanya sendiri, Record News, dan memulai layanan internasionalnya juga.

2010-an[sunting | sunting sumber]

Markas Besar Record berada di São Paulo. Casablanca Estúdios adalah kompleks televisi Record di Rio de Janeiro.

Dalam jaringan pertama, Record menandatangani kontrak dengan Komite Olimpiade Internasional untuk hak eksklusif televisi free-to-air untuk Olimpiade Musim Dingin 2010 dan Olimpiade Musim Panas 2012. Jaringan ini juga memegang hak siar Pan-American Games hingga tahun 2019.

Survei IBOPE menegaskan bahwa Record menikmati peningkatan pemirsa sebesar 101% di São Paulo (sejak 2003) dan peningkatan pemirsa sebesar 270% yang menakjubkan di Rio de Janeiro (sejak 2002). Dalam survei yang sama, di São Paulo, Globo mengalami penurunan pemirsa sebesar 26%, sementara SBT kehilangan 37% pemirsanya. Di Rio de Janeiro, pemirsa Globo turun 30%, sedangkan SBT turun 17%. Berbeda pada tahun 2014 ketika SBT kembali menempati posisi ke-2 di peringkat nasional, Record diturunkan ke posisi ke-3 secara keseluruhan.

2014 menandai pertama kalinya baik Rede Record dan Record News menyiarkan Olimpiade Musim Dingin 2014 bersama-sama.

Pada 24 November 2016, jaringan tersebut mengubah kembali namanya menjadi RecordTV dan meluncurkan versi modifikasi dari logonya yang menghilangkan warna RGB.

Pada malam hari tanggal 6 November 2023 selama Jornal da Record, RecordTV mengubah identitasnya dan menjadi "Record". Program berita tersebut menayangkan laporan tentang perubahan nama tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]