Razan Al-Najjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rouzan Al-Najjar
Berkas:Razan al-Najjar A Nurse in Gaza Shot Dead by Israeli Snipers While Tending to the Wounded 262018102218DeoWn2mXkAEBrKh-e1527943488271 (28760558588).jpg
Lahir(1997-09-13)13 September 1997
Negara Palestina Khuzaʽa, Khan Yunis
Meninggal1 Juni 2018(2018-06-01) (umur 20)
Gaza
Sebab meninggalSniper
PekerjaanPerawat
Tahun aktif2016-2018
Dikenal atasAiding injured Palestinian protesters

Rouzan Ashraf Abdul Qadir al-Najjar (Arab: روزان أشراف عبد القادر النجار) Rouzān 'Ashrāf 'Abd al-Qādir an-Najjār; (13 September 1997 – 1 Juni 2018) adalah seorang wanita perawat berkebangsaan Palestina. perawat / paramedis yang tewas oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) saat menjadi sukarelawan sebagai tenaga medis selama protes perbatasan Gaza 2018 . Dia secara fatal terkena peluru yang ditembakkan oleh seorang tentara Israel ketika dia mencoba membantu mengevakuasi yang terluka di dekat pagar perbatasan Israel dengan Gaza IDF pertama-tama menyangkal bahwa dia menjadi sasaran, sementara tidak mengesampingkan bahwa dia mungkin terkena tembakan tidak langsung. Kelompok hak asasi manusia Israel B'Tselem mengatakan bahwa al-Najjar ditembak dengan sengaja.

Anak tertua dari enam bersaudara lahir dari Ashraf al-Najjar, dia adalah penduduk Khuzaa , sebuah desa dekat perbatasan dengan Israel .

IDF merilis rekaman di mana dia mengaku berpartisipasi dalam protes sebagai perisai manusia atas permintaan Hamas Video itu kemudian ditemukan sebagai klip dari wawancara dengan stasiun televisi Lebanon yang telah diedit oleh IDF untuk mengambil komentar al-Najjar di luar konteks Dalam video yang tidak diedit, dia tidak menyebut Hamas dan menyebut dirinya "menyelamatkan perisai manusia untuk melindungi dan menyelamatkan yang terluka di garis depan", dengan segala sesuatu yang mengikuti "perisai manusia" dipangkas dari klip Israel. IDF secara luas dikritik karena merusak video untuk menghilangkan citranya.

Menurut keterangan saksi, al-Najjar ditembak setelah dia dan petugas medis lainnya, berjalan dengan tangan di atas dan mengenakan rompi putih, mendekati pagar perbatasan untuk merawat seorang pengunjuk rasa yang terluka.

Investigasi PBB, yang hasilnya diterbitkan akhir Februari 2019, menyimpulkan bahwa Israel mungkin telah melakukan kejahatan perang dalam menanggapi protes Gaza, dengan mengatakan bahwa puluhan anak, dua jurnalis dan tiga paramedis, termasuk al-Najjar, dibunuh oleh Tentara Israel terlepas dari kenyataan bahwa mereka

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Ayah Najjar dulu bekerja di Israel dalam bisnis besi tua sampai pembatasan melarang perjalanan melintasi perbatasan. Dia kemudian bekerja di The Strip sebagai mekanik sepeda motor tetapi menganggur pada saat kematiannya. Keluarga itu tinggal di sebuah apartemen yang disediakan oleh kerabat di Khuza'a , dalam jarak pandang dari tentara Israel yang ditempatkan di perbatasan. Daerah mereka memiliki tembok beton setinggi empat meter (13 kaki) yang dipasang untuk melindungi penduduk lokal dari tembakan Israel. [10]

Dia, salah satu dari delapan keluarga, tumbuh besar menyaksikan tiga perang, yang terjadi pada 2008-2009 , kemudian Operasi Pilar Pertahanan Israel ketika remaja, berusia 16 tahun, dan tak lama kemudian 7 minggu 2014 konflik Israel-Gaza di mana lingkungannya berada. hancur. Karena terlalu miskin untuk membiayai pendidikan universitas, dia belajar kaligrafi dan mengambil kursus keperawatan.

Menjadi sukarelawan[sunting | sunting sumber]

Pelatihan formalnya setelah menjadi sukarelawan adalah sebagai paramedis di Khan Younis di Rumah Sakit Nasser dan dia menjadi anggota aktif dari Masyarakat Bantuan Medis Palestina , sebuah organisasi kesehatan non-pemerintah . Dia mengenakan jas putih petugas medis dan rompi petugas medis dengan perban, dan menghadiri mereka yang terluka selama protes di pagar perbatasan antara Gaza dan Israel selama Ramadan. Menurut ibunya, Najjar menghadiri setiap acara Jumat dari jam 7 pagi dan 8 malam, dan akan pulang ke rumah dengan percikan darah orang-orang yang dia rawat. Bahkan sebelum kematiannya, dia telah menjadi semacam ikon di Jalur Gaza, dengan media lokal menerbitkan banyak gambar online-nya, termasuk foto-foto dia membalut kepala seorang pemuda yang terluka.

Al-Najjar yakin bahwa tentara Israel menargetkannya berbulan-bulan sebelum kematiannya. Pada bulan April, dia mengatakan kepada media Al Jazeera bahwa tentara Israel telah menembak langsung ke arahnya beberapa kali sebagai peringatan untuk tidak merawat yang terluka dalam protes tersebut.

Dia berusia 21 tahun pada saat kematiannya. Najjar adalah pendukung di kamp Khan Younis dan berbicara tentang perannya di pagar dalam sebuah wawancara, menikmati gagasan bahwa seorang wanita dapat menghadapi bahaya. "Dalam masyarakat kita, wanita sering dihakimi," katanya. "Tetapi masyarakat harus menerima kami. Jika mereka tidak mau menerima kami karena pilihan, mereka akan dipaksa untuk menerima kami karena kami memiliki kekuatan lebih dari siapa pun. Kekuatan yang saya tunjukkan pada hari pertama protes, saya berani Anda untuk menemukannya pada orang lain. "

Kematian[sunting | sunting sumber]

Grafiti dinding Betlehem; Razan dengan bunga

Sekitar 25 personel medis Gaza dan petugas pertolongan pertama yang membantu orang-orang yang terluka selama protes di perbatasan, dari 30 Maret hingga 2 Juni, telah terluka atau dibunuh oleh penembak jitu Israel. Pada 14 Mei 2018, Dr. Tarek Loubani, yang dapat diidentifikasi dengan jelas sebagai seorang dokter, ditembak di kaki dekat pagar pemisah, di lokasi di mana tidak ada protes, kebakaran atau asap yang terjadi. Menurut pengakuannya, satu jam kemudian, Musa Abuhassanin, seorang paramedis yang datang membantunya tewas tertembak di dada saat melakukan misi penyelamatan lain hari itu. Pada hari kematiannya, 100 orang yang menunjukkan Palestina terluka, 40 ditembak oleh tembakan langsung Israel.

Petugas medis menyesuaikan strategi untuk menghindari kesalahan para penembak jitu sebagai pengunjuk rasa, mengenakan jaket putih dengan garis-garis reflektif dan visibilitas tinggi, bergerak dalam tim ke arah korban, dan memegang tangan mereka di atas kepala saat mereka menegosiasikan jalur melewati ban yang terbakar dan asap. Saat berada di sekitar perbatasan, dan dalam jangkauan bicara pasukan Israel, mereka serempak berteriak: "Jangan tembak. Ada yang terluka." Tanggapan Israel yang biasa adalah berteriak pada mereka agar kembali.

Al-Najjar adalah responden pertama di "Great March of Return" yang menghasilkan protes di perbatasan Gaza 2018 . Pada 1 Juni, Jumat ketiga Ramadhan , 3.000 pengunjuk rasa berdemonstrasi di dekat pagar dan Najjar adalah salah satu dari lima paramedis dalam satu shift, dan telah mengambil semua tindakan pencegahan ini menurut kelompok lainnya, Faris al-Qidra, dan bahkan memakai sarung tangan bedah. Mereka pergi untuk menyelamatkan seorang pria yang meminta bantuan 'setelah wajahnya terkena tabung gas air mata, sekitar 20 meter dari garis luar. Catatan lain menyebutkan jarak 100 meter dari perbatasan. Tiga tembakan terdengar. Seorang kerabat, Ibrahim al-Najjar, adalah salah satu dari mereka yang membawanya ke ambulans yang telah menunggu. Tak lama kemudian, seorang wanita Amerika kelahiran Boston yang bertugas di IDF secara keliru dituduh sebagai penembak jitu di media sosial. The Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia yang dilakukan investigasi yang ditemukan al-Najjar jelas ditandai sebagai paramedis dan bahwa dia "tidak menimbulkan ancaman kematian atau cedera serius untuk ISF ketika dia ditembak ". Laporan tersebut menyimpulkan bahwa Komisi "menemukan alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa penembak jitu Israel dengan sengaja menembak petugas kesehatan, meskipun melihat bahwa mereka dengan jelas ditandai seperti itu."

Kematian Al-Najjar terjadi sebelum dia dan tunangannya Izzat Shatat mengumumkan pertunangan mereka di akhir Ramadan .

Ribuan warga Gaza menghadiri pemakamannya bersama ratusan personel medis, dengan tubuhnya dibungkus dengan bendera Palestina . Ayahnya membawa jaket medisnya yang berlumuran darah, sementara

Tanggapan Israel[sunting | sunting sumber]

Tinjauan internal IDF mengklaim bahwa al-Najjar tidak sengaja menjadi sasaran.

Setelah awalnya melaporkan bahwa tinjauan internal menunjukkan bahwa al-Najjar tidak sengaja menjadi sasaran, IDF merilis video yang konon menunjukkan al-Najjar mengaku sebagai perisai manusia , dengan juru bicara IDF mengatakan "Razan al-Najjar bukanlah malaikat pengampun. Propaganda Hamas membuatnya menjadi nyata. " Video yang dirilis menyesatkan mengambil wawancara sebelumnya yang diberikan al-Najjar kepada stasiun televisi Lebanon di luar konteks. Dia mengatakan "Saya di sini di garis menjadi perisai pelindung manusia menyelamatkan yang terluka" dan menambahkan dia berada di protes untuk "menyelamatkan yang terluka di garis depan", namun video yang dirilis IDF memotong semuanya melewati "perisai manusia ". Militer Israel secara luas dikritik karena upayanya dalam memanipulasi video tersebut, dengan komentator menarik kesejajaran dengan contoh IDF di masa lalu yang memanipulasi atau memalsukan bukti. Seorang juru bicara Perdana Menteri Israel membantah bahwa mengedit video tersebut adalah "manipulasi politik". Video yang diedit juga dibagikan oleh duta besar Israel untuk Inggris dan Kementerian Luar Negeri Israel. Duta Besar Israel untuk London, Mark Regev , dalam sebuah tweet menempatkan deskripsi dirinya sebagai "petugas medis" dalam tanda kutip dan melanjutkan bahwa kematiannya adalah bukti lebih lanjut dari kebrutalan Hamas.

Rekaman lebih lanjut yang menunjukkan perawat tak dikenal, wajahnya tidak bisa dilihat, disajikan sebagai bukti al-Najjar melemparkan tabung gas air mata atau granat asap, pada jarak sekitar 100 meter dari perbatasan juga dirilis oleh tentara Israel. . Menjelaskan bahwa video ini juga telah "diedit dengan ketat", The New York Times memperkirakan bahwa rekaman tersebut tampaknya tidak diambil pada hari dia dibunuh, dengan menyatakan juga bahwa "tabung tersebut tampaknya tidak ditujukan pada siapa pun. " Menurut Gideon Levy , video tersebut merekam perawat, mungkin Najjar, dari belakang saat dia melemparkan granat asap yang dilemparkan tentara Israel ke arahnya.

Komentator media menggambarkan rilis video yang diedit secara selektif melawan Al-Najjar oleh IDF sebagai bagian dari "pertempuran naratif". dan "kampanye kotor terkoordinasi". The Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa pembagian versi penipuan, Israel-diedit dari video memprovokasi kebencian meluas dan memanusiakan retorika untuk diarahkan pada media sosial terhadap demonstran Palestina pada umumnya dan Al Najjar khususnya.

Investigasi B'Tselem[sunting | sunting sumber]

Investigasi yang dilakukan B'Tselem menyimpulkan bahwa tentara Israel sengaja menembak al-Najjar. Kelompok tersebut mewawancarai paramedis lain bernama Rami Abu Jazar, yang berada pada protes yang sama saat al-Najjar terbunuh. Jazar mengatakan kepada kelompok itu bahwa dia melihat dua tentara Israel mengarahkan senjata mereka ke sekelompok paramedis, termasuk dirinya dan al-Najjar, "mengambil posisi sebagai penembak jitu". Jazar sendiri tertembak di lutut. Tidak ada pengunjuk rasa di dekat kelompok itu selama serangan itu, menurut dia.

B'Tselem menulis:

Juru Bicara IDF mencoba untuk membersihkan militer dari tanggung jawab atas kematian a-Najar, awalnya mengatakan bahwa tentara tidak menembak ke tempat dia berdiri. Belakangan, militer mengatakan a-Najar mungkin telah terbunuh oleh pantulan, sebelum akhirnya menuduhnya sebagai perisai manusia bagi para perusuh. Bertentangan dengan banyak versi yang ditawarkan oleh militer, fakta dari kasus tersebut hanya menghasilkan satu kesimpulan. Investigasi yang dilakukan oleh B'Tselem membuktikan a-Najar yang berusia 20 tahun ditembak mati oleh anggota pasukan keamanan yang membidik langsung ke arahnya saat dia berdiri sekitar 25 meter dari pagar, meskipun dia berpose. tidak berbahaya baginya atau siapa pun dan mengenakan seragam medis.

Pengakuan PBB[sunting | sunting sumber]

Pada 2 Juni 2018, sekelompok lembaga di Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York City mengeluarkan siaran pers yang mengungkapkan kesedihan mereka atas kematiannya, menyebut al-Najjar "seorang staf medis yang teridentifikasi dengan jelas," dan menyatakan bahwa pembunuhan perawat itu "secara khusus. tercela". The Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah dikhususkan kasusnya untuk perhatian, tweeting "pekerja medis #NotATarget!".

Pada tanggal 1 Juni, resolusi Dewan Keamanan PBB mengusulkan untuk mengutuk negara Israel karena menggunakan "kekuatan yang berlebihan, tidak proporsional dan tidak pandang bulu" terhadap pengunjuk rasa Palestina di pagar perbatasan. Resolusi itu diveto oleh Amerika Serikat.

Investigasi militer[sunting | sunting sumber]

Juru bicara militer Israel menanggapi, tetapi tidak memberikan laporan resmi tentang penembakan itu; mereka memang mengatakan bahwa fakta akan diselidiki. Israel telah berulang kali memperingatkan bahwa siapa pun yang mendekati pagar tersebut berisiko mati. Warga Gaza menyebut ini protes damai sementara Israel menyebut protes itu sebagai kerusuhan. Protes dimulai 30 Maret 2018.

Pada tanggal 29 Oktober dilaporkan bahwa pengacara militer IDF telah menolak temuan dari penyelidikan awal awal tahun itu yang menemukan bahwa dia tidak sengaja ditembak. Sebaliknya, investigasi kriminal atas masalah tersebut akan dibuka.

Investigasi New York Times[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Desember 2018, New York Times bersama dengan Arsitektur Forensik menerbitkan artikel investigasi mendalam tentang pembunuhan tersebut dengan menggunakan peta 3D untuk menunjukkan dengan tepat sumber tembakan yang mengakibatkan kematian. Reporter Times mengumpulkan lebih dari 1.001 gambar situs pada 1 Juni dan mengumpulkan 30 video ponsel untuk memetakan pergerakan petugas medis pada saat kejadian. Mereka juga berkonsultasi dengan saksi, pejabat medis dan juru bicara pemerintah Israel untuk menilai apakah penembakan itu kejahatan perang.

Mereka menyimpulkan bahwa dia dibunuh oleh peluru dari jarak 120yds (109m.) Yang memantul dan terfragmentasi dari tanah di dekatnya. Peluru itu "ditembakkan oleh penembak jitu Israel ke kerumunan yang menampilkan petugas medis berjubah putih", dan bahwa "baik petugas medis maupun siapa pun di sekitar mereka tidak menunjukkan ancaman kekerasan yang nyata terhadap personel Israel."

Malachy Browne dari Times menulis, "Meskipun Israel mengklaim pembunuhan Rouzan tidak disengaja, penyelidikan kami menunjukkan bahwa penembakannya tampaknya paling sembrono, dan mungkin kejahatan perang, yang belum ada yang dihukum."

Ryan Goodman , seorang profesor Universitas New York dan ahli hukum perang, mengatakan kepada Times , "Hukum perang tidak ingin setiap personel militer dengan sengaja menembak ke arah petugas medis," kata Goodman. "Saya tidak mengatakan itu dekat dengan garis. Saya mengatakan itu melewati garis." Menurut Times , Israel menganggap anggota Hamas yang tidak bersenjata, "sebuah interpretasi hukum internasional yang tidak diterima secara universal."

Ira Stoll menulis bahwa surat kabar tersebut terlibat dalam "serangan Israel lama yang sama" dan mengeluh bahwa surat kabar tersebut tidak memberikan liputan mendalam yang sama seperti yang mereka berikan untuk pembunuhan al-Najjar kepada seorang Israel-Amerika yang terbunuh di pemukiman Israel. dari Efrat di Tepi Barat . Seth Mandel, editor eksekutif Washington Examiner , menulis bahwa surat kabar itu meremehkan kekerasan yang dilakukan oleh warga Palestina, yang disebutnya "memuakkan". Sebaliknya, kolumnis Israel Oded Shalom mengagumi New York Timesinvestigasi, membandingkan kemampuan jurnalis asing untuk mengakses Jalur Gaza untuk melakukan investigasi dibandingkan dengan media Israel, yang dilarang memasuki Gaza oleh militer Israel, mengandalkan pengumuman dari juru bicara IDF sebagai gantinya.

Peringatan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November di Interstate 93 dekat Boston , Massachusetts , Proyek Advokasi Palestina mensponsori papan reklame untuk memperingati al-Najjar. Baliho itu bertuliskan "Menghormati Responden Pertama Gaza. Menyelamatkan Nyawa. Harapan Penyelamatan" dan menampilkan foto al-Najjar. Pemilik billboard, Logan Communications, mencabutnya atas keluhan terorisme dan anti-semitisme.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]