Ray Manzarek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ray Manzarek
Informasi latar belakang
Nama lahirRaymond Daniel Manczarek, Jr.
Lahir(1939-02-12)12 Februari 1939
Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Meninggal20 Mei 2013(2013-05-20) (umur 74)
Rosenheim, Jerman
GenrePsychedelic rock, acid rock, blues rock, jazz rock, hard rock, blues, jazz fusion, funk, rock and roll
PekerjaanMusisi, pencipta lagu, sutradara film
InstrumenKibor, keyboard bass, vokal, Marxophone, gitar, perkusi
Tahun aktif1961–2013
LabelElektra
Artis terkaitThe Doors
Manzarek-Krieger
Rick & the Ravens
Nite City
The Manzarek-Rogers Band
Situs webTheDoors.com
Situs resmi Ray Manzarek

Raymond Daniel Manczarek, Jr., populer sebagai Ray Manzarek (12 Februari 1939 – 20 Mei 2013),[1] adalah musisi sekaligus penyanyi sekaligus produser, sutradara film, pengarang Amerika Serikat. Manzarek dikenal sebagai anggota pendiri dan pemain kibor The Doors dari tahun 1965 hingga 1973. Ia juga ikut mendirikan band rock Nite City dari 1977 hingga 1978, dan Manzarek–Krieger dari 2001 hingga meninggal dunia. Ia meninggal dunia pada 20 Mei 2013 akibat komplikasi yang menyertai kanker saluran empedu.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda dan karier[sunting | sunting sumber]

Manzarek adalah keturunan Polandia, dilahirkan dan dibesarkan di South Side, Chicago, Illinois, seperti juga kedua orang tuanya: Helena dan Raymond Manczarek.[3] Setelah besar, ia mengambil les privat piano dari Bruno Michelotti dan lain-lain. Ia awalnya ingin bermain bola basket, tetapi posisi yang diinginkannya hanya power forward atau pemain tengah. Ketika berumur enam belas tahun, pelatihnya bersikeras Manzarek bermain sebagai guard atau tidak sama sekali. Pada akhirnya ia keluar dari tim. Manzarek mengatakan di kemudian hari bahwa kalau bukan karena ultimatum dari pelatihnya itu, ia mungkin tidak akan pernah bergabung dengan The Doors. Everett Elementary School di S. Bell St. adalah sekolah dasar tempatnya bersekolah, dilanjutkan dengan St. Rita High School di Chicago.[4] Ia lulus dari Universitas DePaul dengan gelar ekonomi dan bermain band di sejumlah pertunjukan kampus.

Dari tahun 1962 hingga 1965, Manzarek kuliah di Departemen Sinematografi University of California, Los Angeles (UCLA), tempatnya bertemu mahasiswa jurusan filmografi Jim Morrison. Di UCLA, ia juga bertemu Dorothy Fujikawa yang kemudian menjadi istrinya. Keduanya memiliki seorang putra yang diberi nama Pablo. Empat puluh hari setelah menyelesaikan sekolah film, Manzarek dan Morrison yang mengira keduanya sudah tidak akan saling bertemu lagi, secara kebetulan bertemu di Pantai Venice, California. Morrison bilang kalau dirinya sudah menulis beberapa lagu. Manzarek mengatakan dirinya berminatnya mendengar lagu-lagu ciptaan Morrison. Di hadapan Manzarek, Morrison kemudian menyanyikan versi kasar dari "Moonlight Drive". Lagu-lagu Morrison disukai Manzarek, dan keduanya mendirikan The Doors.

Manzarek bertemu pemain drum John Densmore dan gitaris Robby Krieger di sebuah kuliah Meditasi Transendenta. Densmore mengatakan, "Tidak akan ada The Doors tanpa Maharishi."[5]

Densmore, Krieger, Manzarek, dan Morrison dalam sebuah foto publisitas dari tahun 1966

Pada bulan Januari 1966, The Doors menjadi band tuan rumah di kelab malam London Fog di Sunset Strip. Menurut Manzarek, "Tak seorang pun pernah datang di tempat itu... kadang-kadang cuma seorang atau dua orang pelaut yang sedang cuti, beberapa orang pemabuk. Setelah dihitung-hitung, pengalaman itu sangat sangat menyedihkan, tetapi memberi kami waktu untuk benar-benar menyatukan konsep bermusik kami." Pada hari yang sama The Doors dipecat dari London Fog, mereka disewa untuk menjadi band tuan rumah di Whisky a Go Go. Penampilan pertama mereka di sana bersama band Them.[6]

Kontrak rekaman pertama The Doors didapat dengan Columbia Records. Setelah beberapa bulan tidak aktif, mereka sadar bahwa band mereka sudah masuk dalam daftar band yang kontraknya tidak akan diperpanjang oleh Columbia. Pada saat itu, mereka meminta untuk dibebaskan dari kontrak. Setelah beberapa bulan melakukan konser live, Jac Holzman "menemukan kembali" The Doors dan meengantarkan mereka hingga mendapat kontrak dengan Elektra Records.

The Doors belum memiliki pemain bass, sehingga Manzarek biasanya memainkan bagian bass dengan Fender Rhodes piano. Permainan kibor yang menjadi suara khas The Doors berasal dari Vox Continental combo organ yang juga dipakai oleh banyak grup rock psychedelic pada era itu. Ia kemudian menggunakan Gibson G-101 Kalamazoo combo organ (yang terlihat seperti Farfisa) karena tuts plastik dari Continental sering pecah, menurut Manzarek.

Manzarek sesekali bernyanyi untuk The Doors, termasuk rekaman konser "Close To You" dan lagu sisi B dari"Love Her Madly", "You Need Meat (Don't Go No Further)". Ia juga bernyanyi untuk dua album terakhir The Doors yang direkam setelah kematian Morrison, Other Voices dan Full Circle. Selain itu, ia menyumbangkan beberapa bagian gitar pada lagu "Been Down So Long".

Diskografi[sunting | sunting sumber]

The Doors[sunting | sunting sumber]

Solo[sunting | sunting sumber]

Nite City[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ray Manzarek, Founding Member of The Doors, Passes Away at 74". The Doors Property, LLC. May 20, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-07. Diakses tanggal May 20, 2013. 
  2. ^ "Publicist: Ray Manzarek, founding member of The Doors, dies at 74 from cancer". The Washington Post. May 20, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-21. Diakses tanggal May 20, 2013. 
  3. ^ "Doors Legend Doors In". The Warsaw Voice. Warsawvoice.pl. Diakses tanggal May 20, 2013. 
  4. ^ Manzarek, Ray. Light My Fire. New York: Berkley Boulevard Books, 1998. ISBN 0-425-17045-4
  5. ^ Maharishi Mahesh Yogi Obituary, Rolling Stone, March 6, 2008, p. 16
  6. ^ Goldstein, Patrick. "Nite City: The Dark Side of L.A." Diarsipkan 2008-07-09 di Wayback Machine., Creem (September 1977). Diakses 15 Mei 2008

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]