Ravenloft (module)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ravenloft adalah sebuah modul petualangan untuk game bermain peran fantasi Dungeons & Dragons (D&D). Perusahaan penerbitan permainan yaitu TSR, Inc. menerbitkan buku ini sebagai buklet petualangan mandiri, diterbitkan pada tahun 1983 untuk digunakan bersamaan dengan permainan edisi pertama Advanced Dungeons & Dragons. Buku ini ditulis oleh Tracy dan Laura Hickman, dan termasuk seni yang dilukis oleh Clyde Caldwell dengan peta yang digambar oleh David Sutherland III.[2] Plot dari Ravenloft sendiri berfokus pada penjahat bernama Strahd von Zarovich, seorang vampir yang mencari cintanya yang hilang. Berbagai unsur-unsur cerita, termasuk motivasi Strahd dan lokasi senjata magis, secara acak ditentukan dengan susunan kartu. Para pemain berusaha mengalahkan Strahd dan, jika berhasil, petualangan berakhir.

Hickmans mulai mengerjakan naskah Ravenloft di akhir tahun 1970-an, mereka bertekad menciptakan potret menakutkan seorang vampir dalam pengaturan yang dikombinasikan Gothic horror dengan sistem permainan D&D. Mereka uji-main petualangan ini dengan sekelompok pemain setiap adanya Halloween selama lima tahun sebelum diterbitkan. Strahd sejak itu telah muncul dalam sejumlah aksesoris dan novel D&D. Modul ini telah menginspirasi banyak revisi dan adaptasi, termasuk pengaturan kampanye dari nama yang sama dan sebuah sekuel. Pada tahun 1999, pada ulang tahun ke 25 dari Dungeons & Dragons, dua versi komemoratif Ravenloft diterbitkan.

Ravenloft telah memenangkan satu penghargaan, termasuk pada dua daftar "terbaik", dan pada umumnya diterima dengan baik oleh kritikus dari era-nya. Pada tahun 1984, memenangkan Strategi' Club AwardStrategist Club Award untuk Bantuan Permainan Luar Biasa, dan meraih juara kedua di majalah Dungeon ini daftar top 30 D&D kategori petualangan. Beberapa pengulas menyukai peta yang ada didalam modul tersebut, dan majalah Katai Putih memberikan 8 dari 10 secara keseluruhan. Sebuah ulasan majalah Naga memuji modul ini, tetapi merasa bahwa D&D mengurangi unsur-unsur yang terpengaruh dari suasana horor Gotik. Pada tahun 2016, Wizards of the Coast menerbitkan Kutukan Strahd, sebuah adaptasi dari versi asli modul Ravenloft untuk edisi ke-5 dari Dungeons & Dragons.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama HOS
  2. ^ While the module does not mention him, David Sutherland III's signature appears in the bottom left corner of each map in the original Ravenloft module. Sutherland is also listed as the cartographer in 1993's House of Strahd.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]