Ratatouille

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Untuk film, lihat Ratatouille (film).
Ratatouille

Ratatouille (dari bahasa Prancis dilafazkan sebagai /ʁataˈtuj/) adalah jenis masakan Provence yang berasal dari daerah Nice. Dalam bahasa Prancis oleh karena itu makanan ini umum disebut sebagai ratatouille niçoise. Makanan ini adalah terdiri dari berbagai macam sayuran dan dedaunan seperti thyme, bay leave, dan juga bisa diganti dedaunan yg lainnya, biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti tetapi sekarang ini bisa dikombinasikan sebagai makanan pembuka,sebagai saus untuk pasta, dicampur omlet dan masih bayak lainya.

Versi Prancis[sunting | sunting sumber]

Kata ratatouille berasal dari touiller yang artinya adalah "melempar makanan". Ratatouille berasal dari daerah Nice dan sekitarnya. Makanan ini aslinya adalah makanan para petani miskin yang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas. Ratatouille yang asli tidak memuat terong (yang bukan sayuran musim panas seperi sayuran lainnya). Isinya adalah courgette atau zucchini (semacam ketimun), tomat, cabai merah dan hijau, bawang dan bawang putih. Seringkali ratatouille yang dikenal sekarang menambahkan terong.

Ratatouille Prancis dihidangkan begini saja atau dengan nasi, kentang atau roti. Biasanya dihidangkan sebagai makanan makan siang dengan roti. Biasanya juga disertai dengan masakan kentang sebagai pelengkap. Biasanya hanya dihidangkan sebagai makanan samping saja. Semua isi makanan ini ditumis memakai minyak zaitun,bawang putih dan beberapa tumbuhan herbal. (Elisabeth Pebrina Hutabarat )

Dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Film kartun ratatouille memuat makanan ini sebagai cerita utama. Namun yang ditampilkan sebenarnya bukanlah ratatouile yang biasa dimasak orang Prancis, namun varian confit byaldi yang diciptakan Michel Guérard.