Rase FM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rase FM (PM3FHH)
PT Radio Tiara Rasepradana
RASEFM.JPG
KotaBandung
Wilayah siarBandung dan sekitarnya
SloganKeep Bandung Beautiful Euy
Frekuensi102.3 FM
Mulai mengudara1 Oktober 1988 (siaran percobaan)
10 Februari 1989 (siaran resmi)
FormatCHR, Pop (musik)
Otoritas perizinan
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Pancaran daya efektif10,000 watt
PemilikMasima Radio Network
Stasiun kembarDelta FM Bandung
Prambors Bandung
Situs webwww.rasefm.co.id

Rase FM adalah stasiun radio dengan frekuensi pancar pada 102.3 MHz merupakan salah satu radio dewasa muda di Bandung dan sekitarnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan tahun 1983 dengan nama PT. Radio TMBC, oleh Dra. Titi Mutiarsih dan Ietje Farida Soepardjo. Karena kesibukannya menyelesaikan studi di fakultas Farmasi ITB dan untuk mendapatkan gelar apotekernya, proses izin tidak dilanjutkan oleh Ibu Dra. Titi.

Masuknya pendiri lain, yaitu Yana Mulyana pada awal tahun 1987, merupakan awal bagi kelanjutan proses cikal bakal berdirinya Rase FM. Pada saat itu ada anekdot bahwa proses izin mendirikan radio "lebih sulit daripada membuat izin mendirikan pabrik senjata api", ternyata hal tersebut dirasakan oleh Yana Mulyana yang berjuang sendiri mencoba menyelesaikan proses perizinan Rase FM.

Rase FM mulai melakukan siaran percobaan sejak tanggal 1 Oktober 1988, yang sampai sekarang dijadikan hari jadi radio ini. Pemerintah pada harian Pikiran Rakyat edisi 15 Oktober 1988 menyatakan bahwa munculnya Rase FM merupakan realisasi izin yang telah lama diajukan. Maka sejak tanggal 10 Februari 1989, Rase FM mulai siaran komersial.

Setelah berjalan sekian lama, pada tahun 1993, Rase FM melakukan kerjasama manajemen dengan Prambors Group, Jakarta sampai September 1998, yang kemudian diperpanjang dari Oktober 1998 sampai dengan 31 Desember 2001.

Target Pendengar[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pria dan wanita, usia 20-40 tahun, kelas sosial ekonomi menengah ke atas, pendidikan perguruan tinggi, dan dengan domisili di Bandung.

Wilayah Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Bandung Raya, Purwakarta, Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Cianjur, Kota Serang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]