Ranah Sungkai, XIII Koto Kampar, Kampar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ranah Sungkai
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenKampar
KecamatanXIII Koto Kampar
Kodepos28453
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Ranah Sungkai merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, provinsi Riau, Indonesia.

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Ranah Sungkai terdiri dari beberapa Dusun, antara lain adalah Dusun I Tembulun di kepalai Oleh Daud, Dusun II Kampung Rambutan dikepalai oleh Ipun, Dusun III Koto Tengah dikepalai oleh Yunasri K, Dusun IV Palo Koto dikepalai oleh Abdul Razak/ Loja, dan Dusun V Canggung dikepalai oleh Anuar pada tahun ini 2015.

Mata pencaharian[sunting | sunting sumber]

Pokok mata pencaharian Desa Ranah Sungkai sangat beragam sekali, antara lain Menyadap karet, berkebun kelapa sawit, mencari ikan/ nelayan. Desa Ranah Sungkai memiliki potensi Sumber Daya Alam yang sangat bagus, hutan-hutan disekitarnya sangat terjaga ekosistemnya. Desa Ranah Sungkai boleh dikatakan desa yang tersubur di Indonesia.

Ranah Sungkai juga memiliki sekolah Madrasah Tsanawiyah Syekh Yusuf Zahidi yang pada tahun ini 2015 Dikepalai oleh Mursal, S.HI. dan juga memiliki Sekolah Dasar Negeri 004 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar yang dikepalai oleh Zulkipli, S.Pd.

Akses[sunting | sunting sumber]

Pencarian Desa Ranah Sungkai. Kalau kita dari Pekanbaru terus lurus menuju ke Bangkinang, lurus lagi ke Kuok, terus lurus lagi menuju ke Jembatan Rantau, setiba di Jembatan Rantau belok ke kanan arah ke Pasir ya, terus lurus lagi kita akan tiba di desa Silam, setiba di Desa Silam lalu masuk ke dalam namanya Simpang Silam, lirus lagi teruskan perjalanan ke Desa Pulau Gadang, terus lurus lagi ke Desa Desa Lubuk Agung, Terus lurus lagi sampailah kita ke Desa Ranah Sungkai. Kalau Mau lurus lagi, kita akan samapi ke Desa Kabun-ROhul. mudahkan. hanya memakan waktu 3 Jam.