Ranah Batahan, Pasaman Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ranah Batahan
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Barat
KabupatenPasaman Barat
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total12.000 Jiwa jiwa
Kode Kemendagri13.12.07 Edit the value on Wikidata
Luas- km²

Ranah Batahan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, Indonesia. Kecamatan Ranah Batahan beribu kota di Silaping. Daerah ini mayoritas dihuni penduduk suku Mandailing yang datang dari Sumatra Utara. Bupati Pasaman Barat 2 periode yakni 2005—2010 dan 2016—2019, Drs. H. Syahiran Nasution (1953—2019) juga merupakan putra daerah Silaping. Daerah ini terkenal sebagai sentra hasil hutan yang dibawa ke Medan, Padang dan Jakarta. Daerah ini dulunya penghasil coklat (kakao) terbesar di Kabupaten Pasaman Barat. Pada umumnya masyarakat di daerah ini petani ladang.

Kecamatan Ranah Batahan terdiri dari 2 Kanagarian, yakni kanagarian Batahan yang berpusat di Silaping dan Kanagarian Desa Baru. Kecamatan ini juga berbatasan langsung dengan Sumatra Utara, tepatnya Kabupaten Mandailing Natal.

Kanagarian Batahan adalah Jorong Silaping yang menjadi Ibu Kecamatan. Nagari batahan berada di pinggir Batang Batahan yang menjadi nama kecamatan ini. Hilir Batang Batahan ada di Sumatra Utara dan disana juga ada nama kecamatan dengan nama Kecamatan Batahan.


Sedangkan Kanagarian Desa Baru merupakan wilayah dengan penduduk etnis Jawa. Mereka adalah transmigran asal Jawa. Transmigran di Desa Baru merupakan wilayah transmigrasi pertama di Sumatra Barat.