Rajneeshpuram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rajneeshpuram adalah sebuah sekte yang didirikan oleh seorang guru India yang tidak tradisional, Bhagwan Shree Rajneesh yang menggemari kesenangan duniawi. Dia sendiri memiliki 93 Rolls Royce, dan dia mempromosikan kesenangan dalam seks. Faktanya, ide-idenya sebagian besar ditolak di India sendiri, dan dia menemukan pengikut yang lebih besar di Amerika Serikat dan Eropa. Rajneesh memulai kongregasinya di India pada 1970-an, mendirikan kantor pusat di Pune pada 1974.

Namun, setelah menghadapi permusuhan yang meningkat di sana, Rajneesh pindah ke Amerika Serikat pada 1981 dan segera membeli tanah di Oregon, tempat para pengikutnya membangun kota mereka sendiri yang disebut Rajneeshpuram . Ma Anand Sheela, seorang wanita India yang membantu mengatur Rajneeshpuram menjadi anggota lingkaran dalam Rajneesh. Karena Rajneesh tidak lagi berbicara di depan umum, Sheela mengambil alih operasi sehari-hari di kota. Pada tahun 1985, Rajneeshpuram memiliki lebih dari 2.500 penduduk, tetapi telah terlibat dalam ketegangan lokal.

Selama tahun sebelumnya, Sheela melembagakan program "Berbagi-rumah", di mana kota itu mengangkut ribuan tunawisma untuk mendaftarkan mereka sebagai pemilih di sana dalam upaya yang gagal untuk mempengaruhi pemilihan pengadilan Kabupaten Wasco. Sekitar waktu yang sama, Sheela dan para pemimpin komune lainnya mengatur serangan bioteroris pertama dalam sejarah AS dengan meracuni makanan restoran di kota besar Dalles. Dalam upaya untuk mengurangi populasi pemilih ini , mereka membuat 750 orang sakit. Pada tahun 1985, Sheela dan para pemimpin lainnya melarikan diri dari komune, dan Rajneesh dideportasi karena penipuan imigrasi. Meskipun kematiannya pada tahun 1990, gerakan Raneesh masih hidup. Sebuah film dokumenter Netflix 2018, Wild Wild Country, mengisahkan tentang sekte tersebut.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]