Rajapati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kain membunuh Habel oleh Gustave Dore

Rajapati (dari bahasa Jawa) atau homisida dalah suatu tindakan dimana seseorang menyebabkan kematian orang lain. [1]

Rajapati hanya membutuhkan tindakan yang disengaja atau kelalaian yang menyebabkan kematian orang lain, dan dengan demikian rajapati dapat terjadi akibat tindakan yang tidak disengaja, ceroboh, atau lalai meskipun tidak ada niat untuk menimbulkan kerugian. [2]Rajapati dapat dibagi menjadi banyak kategori hukum yang tumpang tindih, seperti pembunuhan, pembunuhan berencana, pembunuhan yang dapat dibenarkan, penyerbuan, pembunuhan dalam perang (baik mengikuti hukum perang atau sebagai kejahatan perang ), euthanasia, dan hukuman mati, tergantung pada keadaan di mana kasus tersebut terjadi. kematian. Jenis-jenis rajapati yang berbeda ini sering kali diperlakukan dengan sangat berbeda dalam masyarakat manusia; beberapa dianggap kejahatan, sementara yang lain diperbolehkan atau bahkan diperintahkan oleh sistem hukum .

Kriminalitas[sunting | sunting sumber]

Rajapati kriminal memiliki banyak bentuk termasuk pembunuhan yang tidak disengaja atau pembunuhan. Rajapati kriminal dibagi menjadi dua kategori besar, pembunuhan dan pembunuhan, berdasarkan keadaan pikiran dan niat orang yang melakukan rajapati. [3]

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan pada bulan Juli 2019 mendokumentasikan bahwa hampir 464.000 orang di seluruh dunia terbunuh dalam rajapati pada tahun 2017, jumlah ini jauh melebihi 89.000 orang yang terbunuh dalam konflik bersenjata pada periode yang sama. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Homicide definition". Cornell University Law School. 30 June 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 June 2014. Diakses tanggal 22 April 2014. 
  2. ^ Melenik, Juey (9 September 2015). "7 Common Mistakes Regarding Autopsy Reports". Advantage Business Media. Forensic News Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 December 2017. Diakses tanggal 21 November 2017. 
  3. ^ "Chapter 9: Criminal Homicide". Criminal Law: Criminal Homicide. University of Minnesota. 17 December 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 September 2017. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  4. ^ "Homicide kills far more people than armed conflict, says new UNODC study". unodc.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 May 2020. Diakses tanggal 2019-07-09.