Raja Ampat dari Telur Naga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Raja Ampat dari Telur Naga adalah cerita rakyat dari Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Alkisah, sepasang suami istri tinggal di Wawiyai Raja Ampat, tepatnya di Papua Barat. Seperti biasa, mereka pergi mencari makan setiap pagi. Saat mereka mencari makan, mereka menemukan 6 telur berukuran besar, yang berbeda dengan telur pada umumnya.

"Istri saya, coba lihat apa yang saya temukan."

"Hm... apa ini? Sepertinya telur"

"Ya, sepertinya ini adalah telur naga."

"Apa? Bisakah kita membawa telur ini ke rumah kita, suamiku?"

"Tentu saja kita bisa. Kita akan makan telur ini saat kita pulang nanti"

Ujung-ujungnya, pasangan suami istri tersebut langsung memasukkan telur-telur tersebut ke dalam kantong, membawanya pulang untuk dimasak. Sesampai di rumah, istri langsung menyiapkan campuran bumbu masak telur, dengan bantuan suami. Saat mereka akan menyiapkan bumbu, mereka mendengar sesuatu.

"Istri saya, apakah Anda mendengar suara dari meja depan?"

"Oh... iya suamiku. Aku mendengarnya. Uhh... coba kamu cek dulu."

Ketika sang suami mencari asal muasal suara tersebut, ia terkejut melihat bahwa kelima telur tersebut telah menetas, dan berwujud empat anak laki-laki dan satu perempuan, sedangkan satu telur lagi telah mengeras seperti batu.

"Hah! Telur itu menetas menjadi manusia…!? Istriku, lihat ke sini!"

"Ya! Tunggu sebentar suamiku!!"

Sang istri menghentikan pekerjaannya, lalu mendekati suaminya

"Ada apa suamiku? Kenapa kamu berteriak?"

"Lihat istriku!"

“Haa! Astaga!! "

Sang istri kemudian mendekati telur tersebut dan mengambilnya satu per satu. Anak-anak keluar dari telurnya, dan dibungkus dengan pakaian yang berwarna putih dan lembut seperti sutra. Ini menunjukkan bahwa mereka adalah keturunan dari raja-raja surga.

“Wahh… O bayi-bayi imut, kamu adalah keturunan raja-raja surga. Aku akan menjagamu dengan baik ”

Pasangan suami istri tersebut akhirnya mengasuh kelima anaknya hingga mereka dewasa. Setelah dewasa, keempat anak laki-laki tersebut kemudian menjadi raja yang berkuasa di Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Sementara itu, putrinya, karena suatu alasan, diasingkan di Pulau Numfor, dan menghasilkan keturunan di pulau itu.

Satu telur yang mengeras menjadi batu sekarang dikenal sebagai Kapatnai. Telur-telur itu diperlakukan seperti raja oleh penduduk setempat. Telur yang berubah menjadi batu itu bahkan diberi tempat pemujaan, lengkap dengan dua buah batu yang berfungsi sebagai penjaga di kanan-kiri pintu masuk. Tiap tahun batu itu dicuci, lalu sisa air dari telur itu juga ditaburkan sebagai ritual bagi suku kawe.

Batu tersebut tidak dapat dilihat setiap saat, kecuali setahun sekali, yaitu saat dimandikan dalam suatu upacara. Karena masyarakat menghormati keberadaan telur batu tersebut maka masyarakat menjadikan rumah yang dibangun di tepi sungai Waikeo sebagai tempat tinggal mereka, dan hingga saat ini masih menjadi objek pemujaan bagi masyarakat setempat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raja Ampat dan Telur Naga ~ Cerita Rakyat Papua | Dongeng Kita, diakses tanggal 2021-03-16