Rahasia Keluarga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Rahasia Keluarga
Format Kuis
Pembawa acara Iszur Muchtar
Negara Bendera IndonesiaIndonesia
Jumlah episode 219
Produksi
Durasi 30 menit
Rumah produksi Becker Entertainment
Siaran
Stasiun televisi RCTI
Siaran sejak 2 Oktober 1994  6 Desember 1998

Rahasia Keluarga adalah salah satu acara kuis Indonesia. Dalam acara ini, 3 kontestan yang merupakan keluarga (terdiri dari ayah, ibu, dan 2 anak) akan saling adu ketepatan dalam mengungkapkan rahasia seputar kehidupan mereka. Kuis Rahasia Keluarga ditayangkan di RCTI sejak tanggal 2 Oktober 1994 sampai 6 Desember 1998, setiap hari Minggu pukul 18:00-18:30 WIB (kemudian menjadi setiap Minggu pukul 09:30-10:00 WIB). Acara ini dibawakan oleh Iszur Muchtar.

Babak I[sunting | sunting sumber]

Di babak I, pembawa acara akan mengajukan 2 pertanyaan (setiap pertanyaan dijawab oleh 1 anak). Selanjutnya, 2 pertanyaan yang sama akan diajukan kembali kepada ke-2 orang tua dari ke-2 anak tersebut. Jika jawaban anak sama dengan jawaban orang tuanya, skor keluarga kontestan akan mendapat tambahan 10 poin. Jika berbeda, maka tidak ada tambahan poin.

Babak II[sunting | sunting sumber]

Peraturan tetap sama dengan babak I, tetapi skor keluarga kontestan akan bertambah 15 poin jika dan hanya jika jawaban anak sama dengan jawaban orang tuanya. Tidak hanya poin ekstra, ada hadiah bonus berupa uang tunai Rp200.000,00 jika orang tua berhasil menjawab sama dengan jawaban anak, salah satu dari 2 pertanyaan yang diajukan (bisa pertanyaan I atau pertanyaan II).

Babak III[sunting | sunting sumber]

Di babak III, hanya ada 1 pertanyaan. Orang tua dari keluarga yang perolehan skor sementaranya terkecil, berhak menjawab pertanyaan terlebih dahulu. Jawaban yang tepat akan menghasilkan skor tambahan sebesar 25 poin. Keluarga yang skor akhirnya terbesar, akan keluar sebagai pemenang, dan berhak memperoleh hadiah berupa barang serta uang tunai yang bernilai jutaan rupiah.
Jika ada 2 keluarga yang memperoleh skor akhir sama kuat di akhir babak III, maka akan diadakan pertanyaan tambahan dengan sistem sudden death untuk menentukan pemenangnya.