Ragam salib Kristen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebagian ragam salib Kristen
Bizantium solidus abad ke-7, menampilkan Leontius memegang globus cruciger, dengan sebuah salib bertangga pada sisi lainnya.
Salib dengan dua batang mendatar digunakan pada abad ke-9 di cap Bizantium

Artikel ini berisikan daftar ragam salib Kristen. Salib Kristen, dengan atau tanpa figur Kristus, adalah simbol keagamaan utama Kekristenan. Salib dengan figur Kristus disebut crucifix dan figur Kristusnya sering disebut corpus (bahasa Latin untuk 'badan').

Istilah salib Yunani mengacu pada salib dengan lengan-lengan yang sama panjangnya, sementara salib Latin atau Romawi mengacu pada salib dengan lengan bagian bawah yang memanjang. Selain kedua itu, terdapat banyak ragam salib Kristen lainnya yang berkembang selama abad pertengahan.

Daftar ragam[sunting | sunting sumber]

Bentuk dasar[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Uraian
Salib Yunani Salib dengan panjang lengan yang sama. Salah satu ragam salib terumum dalam agama Kristen, digunakan secara luas pada abad ke-4 M.
Salib Latin/Romawi/Rumi Salib dengan lengan ke bawah yang lebih panjang. Sebagaimana salib Yunani, salib ini juga merupakan salah satu salib terumum yang digunakan. Hal ini menyimbolkan penyaliban Yesus.
Salib Bizantium Salib Latin dengan ujung-ujung yang menebal. Salib ini umum digunakan dalam Kekaisaran Romawi Timur.
Salib Patriarkal, Salib tiga batang Salib ini juga disebut salib archiepiscopal atau crux gemina. Salib ini memiliki dua batang mendatar dan satu batang menurun. Batang teratas berukuran lebih pendek menyimbolkan plakat yang dipakukan pada salib Yesus. Salib ini mirip dengan salib Lorraine, meskipun dalam bentuk aslinya yang terakhir, bagian batang bawahnya yang lebih pendek. Sedangkan, salib Ortodoks Timur menambahkan batang yang miring dekat kaki salibnya.
Salib Ganda Salib dengan delapan ujung untuk upacara cross-stone. Salib ini menyimbolkan kebangkitan dan mirip dengan kata Yunani "XI", huruf kapital kata Kristus.
Salib Lorraine, Salib Dua Palang Salib Lorraine terdiri dari satu batang tegak dan dua batang mendatar. Salib dua palang ini memiliki garis tegak yang bersilangan dengan dua garis mendatar yang lebih pendek. Dalam kebanyakan versi, dua garis mendatarnya memiliki jenjang, dengan garis atas yang lebih pendek. Meskipun demikian, versi salib ini dengan batang mendatar yang sama panjang juga dapat ditemui.
Salib Paus Salib dengan tiga susun batang di bagian atasnya. Batang-batang ini memiliki panjang yang berlainan, dengan batang teratas yang paling pendek dan semakin memanjang ke bawahnya.
Salib Salem Juga dikenal sebagai salib kepausan kerana dibawa di depan Paus, mirip dengan salib patriarkal, tetapi dengan palang tambahan di bawah dan di atas palang utama utama dengan panjang yang lebih pendek.
Salib Staurogram atau Salib Monogramatik, atau Salib Tau-Rho Bentuk awal salib, telah ada dalam manuskrip Perjanjian Baru sebagaimana dalam Papirus 66, Papirus 45 dan Papirus 75
Chi Rho/Chrismon/Labarum Salah satu bentuk terawal kristogram, terbentuk dari dua huruf kapital pertama—chi dan rho (Χ dan Ρ)—dari kata bahasa Yunani ΧΡΙΣΤΟΣ (Christos) dengan batang tegak huruf P melintangi tengah-tengah huruf X.
Salib Berundak Salib yang berdiri di atas tiga undakan, kadang juga disebut salib Golgota.
Salib Yerusalem Juga dikenal dengan istilah salib Crusader. Satu salib besar dengan salib yang lebih kecil di masing-masing sudutnya. Dahulunya, salib ini digunakan sebagai lambang Kerajaan Jerusalem.
Salib Bercincin Salib dengan cincin atau nimbus atau halo. Ragam salib ini memiliki beberapa ragam lagi, seperti cruciform halo dan salib Keltik.

Kaitan dengan para santo[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Uraian
Salib Santo Petrus Salib dengan palang diletakkan di bagian bawah. Salib ini berasosiasi dengan Santo Petrus sebagaimana ia disalib dengan kepala di bawah.
Salib Tau, Salib Santo Antonius, Salib Santo Fransiskus Salib berbentuk huruf-T. Juga disebut salib Santo Antonius, salib Santo Fransiskus dan crux commissa.
Saltire atau crux decussata atau Salib Santo Andreas Salib berbentuk X yang diasosiasikan dengan Santo Andreas, santo patron dari Skotlandia, dan juga meripakan simbol negara tersebut. Bentuk salib demikian dipercaya adalah salib Santo Andreas wafat menjadi martir.
Cross of Brigid Salib Santa Brigidia Salib Santa Brigidia, umumnya berupa tenunan dari rerumputan, batang gandum atau sejenisnya. Simbol ini dapat menyimbolkan kekristenan ataupun paganisme berdasarkan konteksnya.
Cross of Saint George Salib Santo Georgius Kadang-kadang dikaitkan dengan Santo Georgius, santo militer, yang sering digambarkan sebagai tentara salib dari Abad Pertengahan Akhir, salib ini telah muncul di banyak bendera, emblem, panji, dan lambang negara. Penggunaan yang signifikan ada di Bendera Inggris. Penggunaannya yang pertama kali didokumentasikan adalah sebagai bendera Republik Genoa, yang kemudian digunakan secara berturut-turut oleh tentara salib.
Salib Pelaut, Salib Santo Klemens Palang pelaut, juga disebut sebagai Salib Santo Klemens, mengacu pada caranya menjadi martir. Santo Klemens menjadi martir dengan cara diikat pada sebuah jangkar dan dilemparkan dari sebuah perahu ke Laut Hitam.[1]
Salib Pektoral Cuthbert Cuthbert pada mulanya adalah seorang Kristen Keltik. Dari hubungan tersebut, ditambah dengan kesamaan bentuknya, membuat salib ini memiliki nama alternatif; Salib Thor.
Portate cross Salib Santo Gilbertus (Salib Portate) Salib biasanya ditampilkan tegak, seperti ketika digunakan untuk penyaliban. Salib Portate berbeda dalam hal itu. Ia ditanggung secara diagonal, seperti ketika korban memikul batang salib di atas bahunya saat menyeretnya di tanah ke tempat penyaliban.
Salib Santo Yakobus Salib merah Santo Yakobus dengan lengan yang melentik, dikepalai dengan sebentuk kerang, adalah lambang Ordo Santiago dari Spanyol pada abad ke-12, yang dinamai sesuai dengan nama Santo Yakobus Agung.
Salib Santo Julianus yang Malang; Salib Misionaris Semalib (crosslet) miring 45 derajat dengan ujung-ujungnya mengarah ke 'empat penjuru dunia'. Citra Kekristenan yang tersebar di seluruh dunia adalah salah satu alasan mengapa salib ini kadang-kadang disebut sebagai Salib Misionaris.
Salib Pohon Anggur; Salib Santa Nino Salib Santa Nino juga dikenal dengan nama Salib Pokok Anggur (Grapevine Cross) yang memiliki keunikan lengan salibnya sedikit turun ke bawah. Simbol ini kemudian menjadi simbol utama Gererja Ortodoks Georgia, tempat Santa Nino menyebarkan kekristenan.[2]
Nasrani cross Salib Santo Tomas Salib kuno yang digunakan oleh Kristen Santo Tomas (juga dikenal sebagai orang Kristen Suriah atau Nasrani) di Kerala, India.[3]
Phillip cross Salib Santo Filipus Salib ke samping yang dikaitkan dengan Santo Filipus Rasul.
Cross of Saint Florian Salib Santo Florianus Salib Santo Florianus, santo pelindung pemadam kebakaran, sering tertukar dengan Salib Malta (misalnya, Dinas Pemadam Kebakaran Kota New York begitu menyebutnya); meskipun mungkin memiliki delapan atau lebih pucuk, salib ini memiliki busur lengkung yang besar antara pucuk-pucuknya.
Catherine wheel Salib roda Santa Katarina Salib ini terdiri dari bentuk salib dan roda kereta. Salib ini setidaknya berkaitan dengan tika santo: Santa Katarina dari Aleksandria, Santo Jarlat, dan Santo Kuintinus.

Salib berbentuk roda ini berhubungan dengan cerita eksekusi Santa Katarina yang hendak dihukum mati dengan cara digilas roda berduri, namun roda tersebut hancur begitu tersentuh oleh Santa Katarina. Kemudian, Santa Katarina dihukum mati dengan cara dipenggal.[4]

Cross of Saint John Salib Santo Yohanes Sebuah salib Latin dengan ujung-ujung yang melebar dengan sudut yang lancip. Dalam perlambangan, salib ini umum digunakan.
Cross of Saint Chad Salib Santo Chad dari Mercia Salib ini adalah kombinasi dari Potent Cross dan Quadrate Cross, yang muncul di lengan episkopal Lichfield & Coventry.
Cross of Saint Lazarus Salib Santo Lazarus Sebuah salib dengan ujung lengan bottonee (atau botonny, "Dilengkapi dengan tombol atau tombol"), kadang-kadang disebut salib trefly, karena ujungnya berbentuk seperti trefoil. Ketika dikombinasikan dengan salib Malta hijau, salib ini membentuk lambang Ordo Saints Maurice dan Lazarus.

Ragam regional dan konfesional[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Uraian
Salib Armenia Lambang Gereja Apostolik Armenia, dan penanda khas dari salib batu Armenia atau khachkars. Juga dikenal sebagai "Salib Berbunga" karena terdapat lambang tridaun di ujung setiap cabangnya.
Salib Bolnisi Salib kuno Georgia dan simbol nasional dari abad ke-5 Masehi.
Salib Albania Kaukasia Salib Albania Kaukasia Kuno dan merupakan lambang kebangsaan dari abad ke-4 M.
Salib batu Armenia (Khachkar) Khachkar (salib batu) adalah simpol populer di Armenia.
Salib Canterbury Sebuah salib dengan empat lengan yang sama panjang. Semakin ke ujung, setiap lengannya melebar membentuk seperti palu. Setiap lengan memiliki bidang segitiga berukirkan pola triquetra (simpul tiga sudut). Ada bidang persegi kecil di tengah-tengah salib. Simbol ini digunakan pada Gereja Anglikan dan Episkopal.
Salib Keltik Pada dasarnya merupakan salib Yunani dan Latin, dengan tambahan lingkaran.
ankh Koptik Shaped like the letter T surmounted by an oval or circle. Originally the Egyptian symbol for "life", it was adopted by the Copts (Egyptian Christians). Also called a crux ansata, meaning "cross with a handle".

Bentuknya seperti huruf T yang diapit oleh bentuk lonjong atau lingkaran. Awalnya simbol ini dalam budaya Mesir berarti "kehidupan", kemudian diadopsi oleh Koptik (Kristen Mesir). Disebut juga crux ansata, yang berarti "salib dengan pegangan".

Salib Koptik Salib Koptik yang asli berasal dari simbol ankh Koptik. Sebagaimana digambarkan dalam buku Rudolf Koch berjudul The Book of Signs (1933).
Salib Koptik baru Salib Koptik baru ini adalah salib yang saat ini digunakan oleh Gereja Katolik Koptik dan Gereja Ortodoks Koptik Aleksandria. Lambang ini berangkat dari Salib Koptik yang lebih tua yang dipaparkan sebelumnya.
Salib dan Mahkota Simbol Kristen yang digunakan oleh banyak denominasi Kristen, khususnya Gerakan Siswa Alkitab. Lambang ini juga digunakan dalam heraldik. Lambang ini sering dianggap sebagai lambang upah di sorga (mahkota) setelah pencobaan dalam kehidupan (salib) (Yakobus 1:12).
Salib Syiria Timur Salib Ortodoks Syiria.
Salib Matahari, Salib Gnostik Salib yang digunakan oleh sekte Gnostik awal.
Salib Malta Salib berujung delapan berbentuk empat unsur berbentuk mirip huruf "V", masing-masing bergabung dengan yang lain di tengah-tegah. Lambang ini adalah simbol salib yang diasosiasikan dengan Ordo St. Yohanes sejak Abad Pertengahan, yang juga dimiliki oleh Kesatria Hospitalaria tradisional dan Ordo Militer Berdaulat Malta, dan juga pulau Malta secara umum.
Salib Maronit Salib Gereja Maronit Syiria.
Salib Ositania Mulanya merupakan lambang tradisional Toulouse, kemudian menjadi simbol Ositania secara keseluruhan.
Salib Karoling Salib trikuetra, disebut "Carolingian" oleh Rudolf Koch karena penampilannya dalam seni era Karoling.[5]
Salib Mawar A cross with a rose blooming at the center. The central symbol to all groups embracing the philosophy of the Rosikrusian.
Salib Serbia A Greek cross with 4 Cyrillic S's (C) in each of its angles, which represent the imperial motto of the Palaiologos dynasty when he resurrected the Byzantine Empire: King of Kings, Ruling Over Kings (βασιλεὺς βασιλέων, βασιλεύων βασιλευόντων - Basileus Basileōn, Basileuōn Basileuontōn). A national symbol of Serbia and symbol of the Serbian Orthodox Church.

Sebuah salib Yunani dengan empat huruf S sirilik (C) di setiap sudutnya, yang mewakili moto kekaisaran dinasti Palaiologos ketika ia membangkitkan Kekaisaran Bizantium: Raja diraja, Memerintah Raja-raja (βασιλεὺς βασιλέων, βασιλεύων βασιλευόντων - Basileus Basileōn, Basileuōn Basileuontōn). Simbol nasional Serbia dan simbol Gereja Ortodoks Serbia.

Perisai Tritunggal Ragam mula-mula tameng/perisai triniras dengan salib Kristen pada bagian bawahnya.

Salib Ortodoks, Salib Suppedaneum Juga dikenal sebagai salib Rusia, salib Ortodoks, salib Slavia atau Slavonik. Salib tiga palang di mana palang atas pendek melambangkan tulisan di atas kepala Yesus, dan palang pendek terendah (biasanya miring), ditempatkan di dekat kaki, melambangkan pijakan kaki-Nya (dalam bahasa Latin, suppedaneum). Salib ini memiliki versi dalam bentuk yang sedikit berbeda (dengan palang bawah mengarah ke atas) di Byzantium, dan itu diubah dan diadopsi oleh Gereja Ortodoks Rusia dan terutama dipopulerkan di negara-negara Slavia Timur.
Salib Makedonia, Salib Veljusa Lambang kristen Makedonia, lambang gereja ortodoks Makedonia.
Salib Anuradhapura Lambang kekristenan di Sri Lanka.

Salib Nordik/Skandinavia Ragam salib yang digunakan sebagai bendera negara-negara Nordik atau Skandinavia. Lambang salib dalam bidang persegi panjang, dengan bagian atas menghadap ke arah kerekan bendera.

Inovasi modern[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Uraian
Salib Marian Kombinasi salib Latin dan huruf M (yang mewakili Maria), diguanakan dalam lambang Paus Yohanes Paulus II.
Salib tepi lingkaran Universalisme Kristen Salib tepi lingkaran diciptakan pada penghujung bulan April, 1946, di sebuah kamar hotel di Akron, Ohio, pada saat Universalist General Assembly, di mana sejumlah menteri Universalis mengumpulkan.[6]
Simbol salib oleh Ordnance Survey Ragam salib yang digunakan dalam Ordnance Survey untuk mewakili gereja/kapel.[7]

Jenis-jenis artefak[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Uraian
Krusifiks Salib dengan peggambaran tubuh Yesus yang tergantung, digunakan utamanya pada gereja-gereja Katolik, Anglikan, Lutheran dan Ortodoks Timur (yang mana tubuh Yesus diberi warna). Artefak ini menekankan pengorbanan Kristus—kematiannya pada tiang salib.
Salib altar Salib yang diletakkan di atas altar.
Salib pemberkatan Salib yang digunakan oleh pendeta-pendetaa Katolik Timur, Ortodoks Timur dan Ortodoks Oriental untuk memberikan pemberkatan.
Kalung salib Salib atau crucifix kecil yang digunakan sebagai liontin pada kalung.
Salib berdiri/salib tinggi Adalah salib batu yang berukuran besar dengan banyak ukiran/hiasan.
Salib prosesi Salib yang digunakan saat upacara prosesi kegerejaan, kadang setelah diarak akan diletakkan sebagai salib altar.
Crux gemmata Salib yang bertaburan dengan batu mulia
Salib pektoral Salib besar yang digunakan di depan dada (bahasa Latin pectus) oleh sebagian rohaniawan.
Crux triumphalis Salib crucifix besar dan tinggi di sebuah gereja; sebagian besar gereja-gereja Barat abad pertengahan memiliki artefak ini, sering dibarengi dengan sosok Perawan Maria dan Yohanes Penginjil.
Globus cruciger Salib globe adalah globe dengan salib yang berdiri di bagian atasnya; digunakan untuk royal regalia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Klemens I - Katakombe.Org". katakombe.org. Diakses tanggal 2018-12-21. 
  2. ^ Webley, Kayla (2010-04-19). "Top 10 Religious Relics". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2018-12-21. 
  3. ^ "NSC NETWORK – Analogical review on Saint Thomas Cross- The symbol of Nasranis-Interpretation of the Inscriptions". Nasrani.net. Diakses tanggal 2011-12-10. 
  4. ^ "Katarina dari Alexandria - Katakombe.Org". katakombe.org. Diakses tanggal 2019-01-13. 
  5. ^ Rudolf Koch, Christliche Symbole (1932)
  6. ^ "accessed on 2012-04-21". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-28. Diakses tanggal 2018-12-18. 
  7. ^ Ordnance Survey map legend, accessed 13 May 2016