Radio Mirchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Radio Mirchi
Berkas:Radiomirchi.jpg
Wilayah siarNasional
MerekRadio Mirchi
Frekuensi98.3 (terkecuali dalam beberapa kota)
Mulai mengudara2001
FormatBollywood, regional
PemilikENIL
Situs webwww.radiomirchi.com

Radio Mirchi adalah sebuah jaringan nasional stasiun radio FM swasta di India. Dimiliki oleh EntertainmentNetwork India Ltd (ENIL), perusahaan tersebut merupakan salah satu anak perusahaan The Times Group. mirchi adalah bahasa Hindi untuk Cabai Merah. Slogan dari Radio Mirchi adalah "Mirchi Sunnewaale Always Khush!" ("Pendengar Mirchi Selalu Senang!"). Perusahaan tersebut adalah stasiun radio milik swasta pertama di India.

Radio Mirchi menyokong tangga musik mingguan (atau tangga lagu rekaman) untuk India. Tangga lagu yang paling banyak diikuti adalah Mirchi Top 20 (Lagu Bollywood) dan Angrezi Top 20 (Lagu Bahasa Inggris). Kedua tangga lagu tersebut adalah sebuah pemeringkatan musik rekaman menurut popularitas mereka. Tangga lagu tersebut diterbitkan setiap minggu dalam surat kabar harian berbahasa Inggris India, The Times of India, dan dalam situs web resmi Radio Mirchi. Program yang sangat populer adalah Murga, Meethi Mirchi, Tech Makhni. Saluran tersebut mulai bekerja pada tahun 2001 di Indore - Andra Pradesh. Saat ini stasiun tersebut mengudara di 63 kota di India dan mencakup lebih dari setengah pendengar radio di negara itu.

Mirchi memiliki stasiunnya di India dan juga di UEA dan AS di bawah merek KADAK FM.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Radio Mirchi mulai beroperasi pada 2001 di Indore, Madhya Pradesh. Sampai 1993, All India Radio atau AIR, yang dijalankan oleh pemerintah, adalah satu-satunya penyiar radio di India. Pemerintah kemudian berinisiatif memprivatisasi sektor penyiaran radio.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]