Radiasi gelap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Radiasi gelap (juga disebut elektromagnetisme gelap)[1] adalah jenis radiasi yang dipostulatkan memediasi interaksi materi gelap.

Dengan analogi cara foton menengahi elektromagnetisme interaksi antara partikel-partikel dalam Model Standar (disebut masalah barionik dalam kosmologi), radiasi gelap diusulkan untuk menengahi interaksi antara partikel materi gelap. Mirip dengan partikel materi gelap, hipotetis radiasi gelap tidak berinteraksi dengan Model Standar partikel.

Belum ada bukti yang menonjol mengenai keberadaan radiasi tersebut, tapi karena materi barionik berisi beberapa jenis partikel yang berinteraksi, maka cukup masuk akal untuk menganggap bahwa materi gelap demikian juga. Selain itu, telah ditunjukkan baru-baru ini bahwa data Radiasi latar belakang gelombang mikro kosmis tampaknya menunjukkan bahwa jumlah derajat efektif kebebasan neutrino adalah lebih dari 3.046, yang sedikit lebih tinggi dari kasus standar untuk 3 jenis neutrino.[2] Penambahan derajat kebebasan ini bisa timbul karena ada sejumlah radiasi gelap non-trivial di alam semesta. Salah satu kandidat yang mungkin untuk radiasi gelap adalah neutrino steril.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ackerman, Lotty; et al. (2008). "Dark Matter and Dark Radiation". arXiv:0810.5126alt=Dapat diakses gratis. Bibcode:2009PhRvD..79b3519A. doi:10.1103/PhysRevD.79.023519. 
  2. ^ "The Case for Dark Radiation" (PDF). Maria Archidiacono. Diakses tanggal 18 Juni 2012.