Raël

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Raël (lahir Claude Maurice Marcel Vorilhon, 30 September 1946),[1] adalah pendiri dan pemimpin saat ini dari agama UFO yang dikenal sebagai Raëlism.

Vorilhon menjadi jurnalis mobil sport dan pengemudi ujian untuk majalah balap mobilnya sendiri, Autopop.[2] Setelah pertemuan ekstraterestrial yang diklaim pada Desember 1973, ia membentuk Gerakan Raëlian dan mengubah namanya menjadi Raël (artinya "utusan Elohim").[3] Ia kemudian menerbitkan beberapa buku, yang merinci pertemuan dengan makhluk bernama Yahweh pada tahun 1973. Ia berkeliling dunia untuk mempromosikan buku-bukunya selama lebih dari 30 tahun.[3]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Vorilhon lahir di Vichy , Allier , Prancis. Ia dibesarkan di Ambert di rumah nenek dari pihak ibu, yang ateis.[4] Ayahnya adalah orang Yahudi dan ibunya adalah "ateis yang taat". Ia menghadiri sekolah asrama Katolik bersama Le Puy-en-Velay dan menyebabkan skandal dengan ikut serta dalam persekutuan tanpa dibaptis. Orang tuanya menariknya dari sekolah asrama untuk memasukkannya ke sekolah di Ambert.

Pada usia 15, Vorilhon lari dari sekolah asrama dan menumpang ke Paris, di mana ia menghabiskan tiga tahun bermain musik di jalanan dan di kafe-kafe dan kabaret. Dia bertemu dengan Lucien Morisse, direktur program radio nasional, yang mencari bakat muda. Vorilhon menandatangani kontrak rekaman dan menjadi bintang pop remaja yang sedang naik daun di radio. Ia mengambil identitas baru, dengan asumsi nama Claude Celler, dan merilis enam single , termasuk lagu hit kecil, "Le miel et la cannelle" (Honey dan Cinnamon). Vorilhon sangat menyukai lagu-lagu penyanyi Belgia Jacques Brel , dan mencoba meniru gaya menyanyinya. Ia menabung uangnya untuk membeli mobil balap, impian yang ia miliki sejak ia masih kecil, tetapi prospeknya sebagai penyanyi berakhir tiba-tiba ketika Morisse, sponsornya, bunuh diri pada September 1970.

Vorilhon memutuskan untuk bekerja sebagai jurnalis olahraga untuk mendapatkan akses ke dunia balap mobil. Dia bertemu Marie-Paul Cristini, seorang perawat. Mereka pindah ke Clermont-Ferrand , di mana Vorilhon memulai penerbitnya sendiri. Ia menciptakan majalah mobil sport berjudul Autopop , yang edisi pertamanya dirilis pada Mei 1971. Salah satu tugas untuk startup barunya adalah posisi menguji mobil baru, yang memungkinkannya memasuki dunia balap motor.

Pesan Raëlian[sunting | sunting sumber]

Menurut buku Le Livre qui dit la vérité ("Buku Yang Menceritakan Kebenaran"), Vorilhon melakukan kunjungan alien pada 13 Desember 1973. Di daerah terpencil di dalam kawah gunung berapi Prancis, makhluk luar angkasa keluar dari sebuah kerajinan yang telah turun dengan lembut dari langit, dan memberitahunya, dalam bahasa Prancis, bahwa dia datang hanya untuk bertemu dengannya. Raël mengatakan bahwa dia diberi pesan oleh alien ini dan diberi tahu bahwa itu adalah misinya untuk menyampaikan pesan ini kepada orang-orang di Bumi.

Buku itu menyatakan bahwa ilmuwan manusia maju dari planet lain dengan kemajuan ilmiah 25.000 tahun menciptakan semua kehidupan di Bumi melalui manipulasi DNA . Para ilmuwan ini, kata Raël, pada awalnya disebut Elohim atau "mereka yang datang dari langit". Ia menulis bahwa sekitar empat puluh nabi dalam sejarah Bumi dikirim oleh Elohim, tetapi pesan mereka terdistorsi oleh manusia, terutama karena perbedaan tingkat peradaban antara ras maju dan ras Bumi. yang primitif.

Raël mengatakan dia diberi misi untuk memberi tahu dunia asal-usul manusia sebagai antisipasi kembalinya makhluk-makhluk luar angkasa ini dengan membangun sebuah kedutaan perumahan di wilayah netral . Ia menyatakan bahwa beberapa misteri dijelaskan kepadanya berdasarkan interpretasi baru atas teks-teks suci seperti Alkitab . Ia mengatakan bahwa, pada tanggal 7 Oktober 1975, ia dihubungi oleh salah satu Elohim, yang membawanya ke planet lain untuk bertemu Buddha , Musa , Yesus dan Muhammad . Dia menyatakan bahwa buku keduanya, Les extra-terrestres m'ont emmené sur leur planète ("Makhluk Luar Angkasa Membawa Saya ke Planet Mereka"), menceritakan ajaran yang ia terima dari orang-orang ini. Dalam buku ini, Raël menggambarkan makhluk yang harmonis dan damai, yang bebas dari uang, penyakit, dan perang.

Pada 1974, Raël memutuskan untuk menyerahkan majalah mobilnya, Autopop . September itu, edisi terakhir, nomor 34, diterbitkan. Raël kemudian mengabdikan dirinya untuk tugas yang katanya diberikan oleh "ayah biologis" -nya, seorang makhluk luar angkasa bernama Yahweh . Tak lama setelah konferensi publik pertama, Raël mendirikan MADECH - sekelompok orang yang tertarik untuk membantunya dalam tugasnya, yang kemudian menjadi Gerakan Raëlian Internasional.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Raël telah menikah tiga kali. Istri pertamanya adalah Marie-Paul Cristini. Sosiolog Susan J. Palmer mengatakan bahwa Cristini, seorang perawat, mendiagnosis Rael secara klinis tertekan setelah ia muncul di depan pintu rumahnya pada tahun 1987, terbakar karena tugas-tugas yang ia lakukan dalam gerakan tersebut.

Raël fokus pada penyebaran pesannya di Jepang pada 1980-an, dan pada 1987, ia bertemu Lisa Sunagawa. Sunagawa segera menemani Raël selama perjalanannya ke Lima, Miami, Brasil, dan Martinik. Dalam film dokumenter televisi, Mereka Datang! (1990) oleh Radio Canada , Raël terlihat bersama empat wanita, sementara Lisa, dalam gerakan lambat, mengenakan tutu merah muda dan berpegangan tangan dengannya.

Raël berpisah dari Sunagawa sekitar tahun 1990 dan 1992. Sekitar waktu itu, Sophie de Niverville, yang ibu dan bibinya sama-sama Raëlians, yakin akan keaslian pesan-pesan itu. Sophie menerima baptisan Raëlian pada usia 15 tahun. Ketika dia berusia 16 tahun, dia menikahi Raël di balai kota Montreal. Selama wawancara Desember 2001 dengan sosiolog Susan J. Palmer, Sophie berbicara positif tentang Rael, meskipun perceraian mereka tahun sebelumnya; mereka terus hidup bersama.

Pandangan tentang teknologi[sunting | sunting sumber]

Raël percaya manusia perlahan-lahan beralih ke masyarakat di mana manusia tidak perlu bekerja atau memiliki pekerjaan. Ini karena kemajuan teknologi manusia dan karena manusia "tidak dibuat untuk bekerja". Dia telah menyatakan bahwa bekerja adalah untuk mesin, sedangkan manusia dibuat untuk berpikir, membuat dan memperkaya diri mereka sendiri.

Sebagian besar advokasi Raël tentang teknologi futuristik dijelaskan dalam bukunya tahun 2001, Yes to Human Cloning . Dia mendukung rekayasa genetika manusia untuk menghindari penyakit yang diturunkan secara genetik dan untuk mengurangi beban ekonomi pada masyarakat. Dia mengatakan bahwa tidak ada penekanan khusus yang perlu dialokasikan untuk ras atau agama tertentu. Di tempat lain dalam buku ini, ia menyatakan bahwa nanoteknologi akan memungkinkan untuk memiliki pembangkit listrik berdistribusi mikro (pada dasarnya sebuah pembangkit listrik di setiap rumah), perabotan seperti bulu yang membersihkan sendiri dengan serat seperti rambut yang bergerak sendiri, dan robot biologis . Struktur nano mengontrol biologi, jadi Raël berharap bahwa daging dan salad suatu hari nanti akan tumbuh di mesin melalui konstruksi molekuler.[5]

Raël percaya bahwa makanan yang dimodifikasi secara genetik adalah satu-satunya cara untuk menghentikan kelaparan di mana-mana di dunia, dan ia melihat masa depan di mana kualitas makanan yang berbeda dapat dikombinasikan melalui modifikasi genetik langsung. Dalam buku Raël, makhluk luar angkasa membawa saya ke planet mereka (buku nomor 2 dalam volume Intelligent Design ), ia mengatakan bahwa animasi kehidupan tanaman dimungkinkan melalui nanoteknologi dan bahwa ia disajikan bunga yang dimodifikasi secara genetika, yang bergoyang dan berubah warna dengan musik, sementara di planet lain.

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Plagiarisme[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak mantan Raelian menuduh Claude Vorilhon melakukan plagiarisme. Mereka telah mengutip banyak kutipan dari buku-buku Rael dan membandingkannya dengan orang-orang dari penulis Jean Sendy . Konsep Raelian seperti pendidikan kimia, infinity, geniocracy, dan lainnya semuanya dapat ditemukan dalam buku-buku Sendy. Sebagian besar buku "Meditasi Sensual" Rael dikatakan berasal dari Metode 'Pengendalian Pikiran' Silva yang diduga diajarkan kepadanya oleh pemandu tingkat-5 Gerakan Raelian Kanada, Jean-Denis Saint-Cyr.

Dalam bukunya "Raël: Voleur d'âmes ", Maryse Péloquin memberikan hasil penelitiannya selama 10 tahun tentang Claude Vorilhon dan gerakannya, dengan bukti kuat untuk mendukung pandangan yang sama bahwa Raël telah mengambil konsep dan sering paragraf penuh diparafrasekan dari UFO lain dan penulis astronaut kuno tahun 1950-an, 1960-an dan awal 1970-an seperti Jean Sendy , Brinsley Le Poer Trench , dan Robert Charroux. Dalam bukunya, dialog "perjumpaan dengan Rael" Rael terbukti sangat mirip dengan "orang yang dihubungi" George Adamski yang bertemu pada 13 Desember 1952.

Sebagian besar filosofi Raëlian juga sangat cocok dengan filosofi Osho. Kostum putih yang dikenakan Rael sangat mirip dengan yang dipakai Osho pada satu waktu.

Kemunculannya di media[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992, Raël muncul di Ciel mon Mardi , sebuah acara bincang-bincang Prancis yang diselenggarakan oleh jurnalis Christophe Dechavanne. Menjelang akhir pertunjukan, pandangan liberal Raël tentang seks dikritik oleh seorang pendeta, pekerja sosial, dan psikolog. Seorang mantan Raëlian bernama Jean Parraga percaya bahwa istri dan anak-anaknya ditahan sebagai tahanan dan bahwa Raël berusaha untuk menghancurkan keluarganya. Dia pikir mereka diperlakukan seperti penjahat dalam kegiatan seperti pesta pora dan pengorbanan yang melibatkan anak-anak di kamp Meditasi Sensual. Parraga juga memiliki catatan kriminal sebagai pengedar narkoba dan pencuri mobil, dan pada Agustus 1992, ia berusaha menembak Raël.

Raëlians dari seluruh dunia mengirim surat protes ke stasiun TV Dechevanne. Dechavanne merasa bahwa ini adalah "hasutan untuk melakukan kekerasan" dan menuntut Raël. Hakim yang ditunjuk untuk kasus ini memutuskan untuk menanyai Raël. Raël setuju untuk meminta anggotanya untuk berhenti mengirim surat jika stasiun meminta maaf secara terbuka. Kedua pihak sepakat untuk membatalkan permusuhan.

Kemunculannya di pengadilan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, Raël menuntut jurnalis Perancis Jean-Yves Cashga karena pencemaran nama baik; Raël kalah, bagaimanapun, dan diperintahkan untuk membayar biaya pengadilan. Penghakiman tetap tidak tertagih. Di tengah masalah hukum yang berkembang di Prancis, Raël memutuskan untuk beremigrasi ke Kanada.

Pada dua tanggal pengadilan terpisah tanggal 2 September 1994 di Pengadilan Tinggi Paris dan 1 Oktober 1996 di Pengadilan Banding Paris , jurnalis Jacques Cotta dan Pascal Martin dari Flammarion Publishing dinyatakan bersalah karena mengaitkan pernyataan rasis dan kutipan terdistorsi kepada Raël dalam buku mereka. Dans le secret des sectes . Mereka didenda 10.000FF dalam kerusakan dan 13.000FF dalam biaya proses. Mereka juga diperintahkan untuk memasukkan stiker yang menyebutkan kalimat pada salinan yang belum didistribusikan dan untuk menekan bagian dalam edisi berikutnya, dan diberi tahu bahwa mereka akan didenda 100FF untuk setiap salinan yang tidak sesuai.

Tindakan pemerintah terhadap Raël[sunting | sunting sumber]

Menanggapi hubungan Raël dengan Clonaid, otoritas imigrasi Korea Selatan di bandara menolaknya untuk masuk ke negara mereka pada tahun 2003. Sebuah seminar Raëlian yang direncanakan berlanjut, dengan Raël membuat beberapa penampilan video-kamera "layar lebar" singkat melalui internet untuk beberapa ratus yang hadir. Raëlians dari Korea Selatan diperintahkan oleh Raël untuk melakukan protes di dekat Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan yang memerintahkannya untuk pergi.

Raëlians mengatakan mereka mendorong hubungan homoseksual, biseksual, dan heteroseksual dewasa dan bahwa masyarakat harus mengenalinya secara hukum. Beberapa pemerintah, terutama di Swiss, khawatir Raiaian merupakan ancaman terhadap moral publik karena mendukung pendidikan seks yang diliberalisasi untuk anak-anak. Pihak berwenang Swiss berpendapat bahwa pendidikan seks yang diliberalisasi seperti itu akan mendorong pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur. Para Raëlians tidak setuju dengan ketakutan itu dan menyatakan bahwa pendidikan seks yang dilakukan dengan benar akan melibatkan mendidik orang tua dan juga anak-anak. Pada bulan Februari 2007, Raël, yang ingin memulai kegiatan komersial dengan penjual anggur Swiss, ditolak tinggal di Swiss Canton Valais , sebagian karena ia dikhawatirkan akan membahayakan nilai-nilai publik dengan mempromosikan konsep kebebasan seksual dan pendidikan anak-anak tentang cara untuk mendapatkan kesenangan seksual. Juga dikutip hubungannya dengan klaim kloning manusia Clonaid; Swiss melarang kloning manusia. Dalam sebuah pernyataan singkat, Raël mengatakan bahwa dia mempertimbangkan banding di tingkat Eropa.

Pada bulan Februari 2007, Raël, yang ingin memulai kegiatan komersial dengan penjual anggur Swiss, ditolak tinggal di Swiss Canton Valais , sebagian karena ia dikhawatirkan akan membahayakan nilai-nilai publik dengan mempromosikan konsep kebebasan seksual dan pendidikan anak-anak tentang cara untuk mendapatkan kesenangan seksual. Juga dikutip hubungannya dengan klaim kloning manusia Clonaid ; Swiss melarang kloning manusia. Dalam sebuah pernyataan singkat, Raël mengatakan bahwa dia mempertimbangkan banding di tingkat Eropa.

Vorilhon menjadi jurnalis mobil sport dan pengemudi ujian untuk majalah balap mobilnya sendiri, Autopop . Setelah pertemuan ekstraterestrial yang diklaim pada Desember 1973, ia membentuk Gerakan Raëlian dan mengubah namanya menjadi Raël (artinya "utusan Elohim "). Ia kemudian menerbitkan beberapa buku, yang merinci pertemuan dengan makhluk bernama Yahweh pada tahun 1973. Ia berkeliling dunia untuk mempromosikan buku-bukunya selama lebih dari 30 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cult leader Rael denied residence in Switzerland". Religion News Blog (dalam bahasa Inggris). 2007-02-21. Diakses tanggal 2020-04-04. 
  2. ^ Raël. Intelligent design : message from the designers. [United States]. ISBN 2-940252-20-3. OCLC 212626092. 
  3. ^ a b "Rael: Messenger of the Elohim - The Raelian Movement". www.rael.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-02. Diakses tanggal 2020-04-04. 
  4. ^ Palmer, Susan J. (2004). Aliens adored : Rael's UFO religion. New Brunswick, N.J.: Rutgers University Press. ISBN 0-8135-3742-8. OCLC 59717513. 
  5. ^ Vorilhon, Claude. (2001). Yes to human cloning : eternal life thanks to science. Raëlian Foundation. Vaduz, FL.: Raelian Foundation. ISBN 1-903571-05-7. OCLC 52318850.