RSM International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
RSM International
Setiap anggota perusahaan memiliki struktur badan hukum berbeda-beda
Di Amerika Serikat dan Inggris bentuknya: Limited Liability Partnership
IndustriProfessional services
Didirikan1964
Kantor
pusat
London, Inggris
Wilayah operasi
Seluruh Dunia
Tokoh
kunci
Jean Stephens (CEO)
JasaAudit|Akuntansi
Penasihat Pajak
Konsultansi
Financial Advisory
Lain-Lain
Karyawan
43,000
DivisiAudit, Perpajakan, Konsultansi
Situs webwww.rsm.global/ Sunting ini di Wikidata

RSM International, dikenal dengan sebutan RSM, adalah jaringan kantor perusahaan akuntan dan konsultan di berbagai negara, yang terbentuk menjadi jaringan layanan profesional audit terbesar kelima di dunia. Setiap perusahaan yang menjadi anggota RSM merupakan kantor akuntan dan konsultan independen yang menjalankan praktiknya sendiri dan disatukan sebagai satu kesatuan dari jaringan. Jaringan ini bukan merupakan badan hukum perusahaan terpisah seperti diatur di berbagai negara mana pun dan tidak menyediakan layanan.

Perusahaan-perusahaan yang menjadi anggota terbesarnya adalah RSM AS, yang sebelumnya dikenal sebagai McGladrey, dan RSM Inggris, dahulu bernama Baker Tilly LLP. Wilayah Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik secara bersama-sama menyumbang pendapatan sebesar US$ 4,87 miliar pada tahun 2016. Pada 26 Oktober 2015, semua perusahaan yang menjadi anggota jaringan berganti nama dan menggunakan satu nama saja, yakni RSM.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdiri sejak tahun 1964, RSM International terus berkembang hingga kini, dari semula sebagai jaringan kecil bernama DRM. Pada tahun 1993, organisasi merestrukturisasi diri dan mengubah sebutan namanya menjadi RSM International.

Dalam sejarahnya, kata RSM merupakan inisial dari tiga firma anggota pendirinya, yakni:

  • Robson Rhodes (Inggris Raya)
  • Salustro Reydel (Prancis)
  • McGladrey (Amerika Serikat)

Kemudian salah satu anggota pendiri, yakni Robson Rhodes diakuisisi oleh Grant Thornton yang kemudian bergabung dalam jaringan mereka, [1] sedangkan Salustro Reydel bergabung dengan KPMG . McGladrey, perusahaan anggota RSM AS, hingga kini masih menjadi bagian dari jaringan.

Pada Januari 2006, Ms. Jean Stephens menjadi perempuan pertama yang menjadi chief executive officer dari 10 besar jaringan perusahaan-perusahaan akuntansi internasional.

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Awal didirikan oleh Amir Abadi Jusuf pada tahun 1985 dengan nama Kantor Akuntan Publik (KAP) AAJ, saat ini RSM di Indonesia telah melewati lebih dari tiga dekade sehingga tumbuh berkembang menjadi group professional services terintegrasi bernama AAJ Associates, kemudian berganti nama menjadi RSM AAJ dan kini menjadi RSM Indonesia sejak tahun 2015.[2] RSM Indonesia memiliki kantor di Jakarta dan Surabaya.

RSM Indonesia memiliki berbagai jasa seperti audit, pajak, governance risk control, IT Consulting, Corporate Finance & Transaction Support, serta Management Consulting. RSM Indonesia terdiri dari KAP Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan, PT RSM Indonesia Konsultan, PT RSM Indonesia Mitradaya, PT RSM Indonesia Mitradana.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Auditors join forces to take on Big Four", Daily Telegraph, 28 April 2007
  2. ^ "Kantor Akuntan Publik Global RSM AAJ Persingkat Nama Jadi RSM | Ekonomi". Bisnis.com. Diakses tanggal 2019-09-27. 
  3. ^ "Welcome to RSM Indonesia". RSM Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-27. 

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]