RKO Radio Pictures

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
RKO Radio Pictures Inc.
Jenis sebelumnya Korporasi
Industri/jasa Video
Didirikan 23 Oktober 1928
Pendiri David Sarnoff
Ditutup 1959
Kantor pusat 1270 Avenue of the Americas, New York, NY

RKO (Radio-Keith-Orpheum) Pictures adalah produksi film Amerika dan perusahaan distribusi. Sebagai RKO Radio Pictures Inc, itu adalah salah satu Lima Besar studio dari Hollywood Golden Age. Bisnis ini dibentuk setelah Keith-Albee-Orpheum (KAO) rantai teater dan Joseph P. Kennedy Film Kantor Pemesanan Amerika (FBO) studio dibawa bersama-sama di bawah kendali Radio Corporation of America (RCA) pada bulan Oktober 1928. RCA kepala David Sarnoff direkayasa merger untuk menciptakan pasar bagi perusahaan suara-on-film teknologi, RCA Fotofon. Pada pertengahan 1940-an, studio berada di bawah kendali investor Floyd Odlum.

RKO telah lama dirayakan untuk siklus musikal dibintangi Fred Astaire dan Ginger Rogers pada 1930-an pertengahan ke-akhir. Aktor Katharine Hepburn dan, kemudian, Robert Mitchum memiliki keberhasilan besar pertama mereka di studio. Cary Grant adalah andalan selama bertahun-tahun. Karya produser Val Lewton's anggaran rendah Unit horor dan banyak usaha RKO ke dalam bidang yang sekarang dikenal sebagai Film noir telah diakui, terutama setelah fakta, oleh kritikus film dan sejarawan. Studio menghasilkan dua dari film yang paling terkenal dalam gerakan sejarah gambar: King Kong dan Citizen Kane.

Maverick industrialis Howard Hughes mengambil alih RKO pada tahun 1948. Setelah bertahun-tahun penurunan di bawah kekuasaannya, studio diakuisisi oleh General Tire dan Rubber Company pada tahun 1955. Pictures asli RKO berhenti produksi pada tahun 1957 dan secara efektif dibubarkan dua tahun kemudian. Pada tahun 1981, penyiar RKO Umum, pewaris perusahaan, dihidupkan kembali sebagai anak perusahaan produksi, RKO Pictures Inc Pada tahun 1989, bisnis ini dengan aset beberapa yang tersisa, merek dagang dan remake hak banyak film RKO klasik, dijual ke pemilik baru, yang sekarang beroperasi perusahaan independen kecil RKO Pictures LLC.