RIM-7 Sea Sparrow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
RIM-7 Sea Sparrow - ID 070813-N-4166B-041.jpg

RIM-7 Sea Sparrow adalah sebuah sistem anti-pesawat dan senjata anti-rudal jarak pendek yang dipasang pada kapal Amerika Serikat. Sistem ini ditujukan untuk pertahanan terhadap rudal anti-kapal. Sistem ini dikembangkan pada awal tahun 1960-an berdasarkan rudal udara-ke-udara AIM-7 Sparrow sebagai senjata "pertahanan titik" ringan yang dapat dipasang kembali ke kapal lain secepat mungkin, sering kali sebagai pengganti senjata berbasis senjata anti-pesawat. Sistemnya sangat sederhana, hanya dipandu oleh iluminator radar yang diarahkan secara manual.

Setelah diperkenalkan, sistem ini mengalami pengembangan yang signifikan untuk menjadi sistem otomatis yang mirip dengan rudal Angkatan Laut Amerika Serikat lainnya seperti RIM-2 Terrier. Penambahan yang dilakukan pada Sparrow sebagai sistem udara-ke-udara menginspirasi peningkatan serupa pada Sea Sparrow tahun 1970-an dan 1980-an. Setelah itu, peran udara-ke-udara diteruskan ke AIM-120 AMRAAM dan Sea Sparrow menjalani serangkaian peningkatan ketat untuk berperan di angkatan laut. Sekarang, sistem ini menyerupai AIM-7 secara umum; berukuran lebih besar, lebih cepat dan termasuk pencari baru dan sistem peluncuran yang cocok untuk peluncuran vertikal dari kapal perang modern.

Lima puluh tahun setelah pengembangannya, Sea Sparrow tetap menjadi bagian penting dari sistem pertahanan udara berlapis, menyediakan komponen jarak pendek / menengah yang sangat berguna untuk melawan rudal penjelajah lautan.

Referensi[sunting | sunting sumber]