R.Said Prawirosastro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

R.Said Prawirosastro bupati Kebumen pertama era Republik

R.Said Prawirosastro bupati Kebumen pertama di era Republik,menjabat bupati Kebumen pada tahun 1945-1947. R.Said Prawirosastro lahir pada 3 februari 1896,beliau adalah putra seorang asisten wedana Kebumen,dan istri beliau RA.Soeparminah masih keturunan Aroengbinang V dari alur bapak,sedangkan kalo dari alur ibu masih keturunan dari HB II. Awal pendidikannya adalah di Europeensche Legere School kemudian masuk OSVIA yg diselesaikannya di th 1914. Setelah meniti karier di Jawa Tengah dan Jawa Timur, pada 1929 beliau kembali mengambil pendidikannya di Bestuurschool di Batavia yang diselesaikannya di th 1931.

Setelah lulus beliau ditunjuk sebagai Wedana di Sidoardjo dan Paree di Jawa Timur. Kariernya menanjak semakin menanjak karena beliau diangkat menjadi Patih di Kabupaten Tuban selama 2 tahun dan kemudian pindah sebagai Patih di Kaboepaten Magetan. Hal ini seperti yang tertulis pada majalah ( Kajawèn, Balai Pustaka, 1937-10-02, #1666) “Ingsêr-ingsêran patih. R. Soediman, ugi nama Hadiatmodjo, patih ing kabupatèn Magêtan, dados patih ing kabupatèn Tuban. R. Said Prawirosastro, patih ing kabupatèn Tuban, dados patih ing Kabupatèn Magêtan.”

Kemudian pada september 1939, R.Said Prawirosastro dilantik sebagai Bupati Kabupaten Magelang dan bergelar Tumenggoeng. ( Sumber : De Indische Courant – 1939 ) data ini juga di kuatkan lagi pada journal Sutherland, Heather (1973). Notes on Java's Regent Families: Part I. Indonesia, Vol 16, 113-147.

R.Said Prawirosastro menggantikan R. Prawotosoedibyo S bupati Kebumen sebelumnya di tahun 1945,dan bergelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT). Periode ini adalah kelahiran sebuah bangsa. Periode transisi dari Pemerintahan Jepang Menuju Indonesia. Berbagai peristiwa konflik masih mewarnai wajah Indonesia muda untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya. Pada masa itu di kebumen juga mulai berdiri badan-badan perjuangan,kelaskaran juga Angkatan Oemat Islam (AOI) sehingga tugas beliau sebagai bupati saat itu tidaklah mudah.

R.Said Prawirosastro sangat dekat dengan keluarganya,hal ini bisa di lihat dari beberapa koleksi photo pribadi keluarga beliau.R.Said Prawirosastro selepas tugas masih meluangkan waktu beliau untuk bermain ayunan dengan keluarga di belakang pendopo kabupaten. R.Said Prawirosastro wafat pada tgl 25 januari 1973 di Purwokerto dan di makamkan di komplek pemakaman keluarga di Karangsari Kebumen.

Putra_putri R.Said Prawirosastro:

  1. R.A.Soepidarjati Koeno.
  2. R.Hadi Harsono,SH
  3. R.Soedijto Harsojo.
  4. R.Hersoebeno.
  5. R.A.Ambjarinsih Soedarsono.
  6. R.Noor Arie.
  7. DR.R.Achmad Gambiro.
  8. DR.R.Kasono Judonegoro.







Referensi[sunting | sunting sumber]