Qilibi Khan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Qilibi Qaghan
俟力苾可汗
Qaghan Kekhanan Turki Timur
Berkuasa639 - 647
Penobatan13 Agustus 639
PendahuluIllig Qaghan
PenerusChebi Khan
KelahiranAshina Simo
阿史那思摩
583
Kematian16 Mei 647 (usia 63-64)
Chang'an
Pemakaman
WangsaAshina
Nama takhta
Yǐmíníshúqílìbiékěhàn
乙彌泥熟俟利苾可汗
AyahTughruq Shad

Qilibi Khan (Bahasa Tionghoa: 俟力苾可汗, (Pinyin): qílìbié kěhàn, (Wade-Giles): ch'i-li-pi k o-han, Tiongkok Tengah: (Guangyun) [dʐʱiəliəkbʱiet kʰɑɣɑn], Turkish: Selebi Kağan pengucapan bahasa Turki: [t͡ʃelebi qaan], †647[1]), nama pribadi Ashina Simo (阿史那思摩), (juga dikenal sebagai Li Simo (李思摩), gelar lengkap Yiminishuqilibi Khagan (乙彌泥孰俟力苾可汗), gelar bangsawan Tang Pangeran Huaihua (懷化王), merupakan seorang anggota dari wangsa kerajaan Tujue Timur (Göktürk) yang digelari Khan Tujue Timur selama beberapa tahun, sebagai vasal Tiongkok pada masa Dinasti Tang.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah Kaisar Taizong dari Tang menaklukkan Tujue Timur pada tahun 630, ia secara singkat menempatkan orang-orang Tujue Timur di dalam perbatasan Tang, tetapi setelah usaha pembunuhan yang gagal terhadapnya oleh seorang anggota wangsa kerajaan Tujue Timur, Ashina Jiesheshuai pada tahun 639, dia mengubah pikirannya dan memutuskan untuk memukimkan kembali orang-orang Timur Tujue antara Tembok Besar dan Gurun Gobi, untuk melayani sebagai penyangga antara Tang dan Xueyantuo. Dia menciptakan Ashina Simo, seorang anggota wangsa kerajaan Tujue Timur juga, seperti Yiminishuqilibi Khan (atau Qilibi Khan untuk jangka pendek), dan Ashina Simo menjabat sebagai khan dari Timur Tujue khaganate yang diciptakan kembali selama beberapa tahun. Namun, pada tahun 644, menghadapi tekanan terus menerus dari Xueyantuo, orang-orang Ashina Simo meninggalkannya dan melarikan diri ke selatan kembali ke wilayah Tang. Ashina Simo sendiri juga kembali ke Tang dan menjabat sebagai jenderal Tang sampai kematiannya, mungkin pada tahun 645.

Selama pemerintahan Ashina Duojishi, Ashina Silifu, dan Ashina Duobi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir pada tahun 583. Apa yang diketahui adalah bahwa ia berasal dari klan Ashina sebagai khan Tujue, cucu Taspar Qaghan[2] ayahandanya Tugruq Shad (咄六設) adalah putra Taspar, yang akan membuatnya menjadi senior untuk Pasukan Shibi, Chuluo dan Illig Qaghan yang bersaudara satu sama lain dan yang berturut-turut melayani sebagai khan. Meskipun garis keturunan Ashina Simo, dikatakan bahwa karena penampilannya, yang muncul lebih Sogdiana dari Tujue, Ashina Duojishi dan Ashina Chuluo keduanya mencurigainya lahir dari hubungan perzinahan, dan karena itu tidak mempercayakan dia dengan otoritas yang besar.[3] Sepanjang masa pemerintahan mereka, ia hanya membawa gelar Jiabi Tegin (夾畢特勒), dan tidak bisa menjadi jenderal. Menurut Suzuki Kosetsu, itu adalah situasi politik yang diciptakan oleh keturunan Illig Qaghan, yang tidak menginginkan krisis suksesi. Pada 624, selama perselisihan yang terjadi pada Tujue Timur dengan Tiongkok, Dinasti Tang, yang kemudian menjadi pengikut Tujue Timur, sebagai bagian dari negosiasi, Ashina Duobi mengirim Ashina Simo untuk bertemu dengan Kaisar Gaozu dari dinasti Tang, Kaisar Gaozu menghormati Ashina Simo dengan gelar Pangeran Heshun.

Akhir dalam pemerintahan Ashina Duobi, dengan penguatan Tang dan Tujue Timur melemah karena masalah internal, banyak suku Tujue Timur menyerah kepada Tang, dan meskipun tampaknya Tang membuat tawaran kepada Ashina Simo, Ashina Simo tetap setia kepada Ashina Duobi. Kesetiaannya kepada Ashina Duobi berlanjut bahkan setelah putra Kaisar Gaozu, Kaisar Taizong melancarkan serangan besar yang diperintahkan oleh Jenderal Li Jing pada tahun 629 — sehingga ketika pasukan Tang menangkap Ashina Duobi pada 630, Ashina Simo tetap bersamanya dan ditangkap bersamanya. Kaisar Taizong terkesan dengan kesetiaan Ashina Simo dan menjadikannya seorang jenderal dan seorang komandan, sebagai komandan orang-orang yang sebelumnya langsung di bawah Ashina Duobi. Dia juga menciptakan Ashina Simo Pangeran Huaihua pada tanggal 23 November 630.

Sebagai khagan[sunting | sunting sumber]

Kaisar Taizong awalnya menempatkan orang-orang Tujue Timur di dalam perbatasan Tang, tetapi setelah usaha pembunuhan yang gagal terhadapnya oleh putra Ashina Duojishi, Ashina Jiesheshuai pada tahun 639, dia mengubah pikirannya. Pada tanggal 13 Agustus 639,[4] ia menciptakan Ashina Simo (yang pada saat ini juga diberi nama keluarga klan Li dan karena itu juga dikenal sebagai Li Simo) sebagai Yiminishuqilibi Khan (atau Qilibi Khan untuk jangka pendek) dan memerintahkan Tujue diselesaikan orang-orang mengikuti Ashina Simo di sebelah utara Sungai Kuning untuk menetap di antara Tembok dan Gurun Gobi. Orang-orang Tujue, yang takut pada Xueyantuo — mantan budak Timur Tujue yang telah menjadi kuat dan mengambil alih wilayah bekas Tujue Timur — awalnya menolak. Kaisar Taizong kemudian mengeluarkan dekrit kepada Zhenzhu Khan Xueyantuo, Yi'nan, yang disampaikan oleh Guo Siben resminya (郭嗣本), memerintahkan Xueyantuo untuk tidak menyerang Tujue Timur yang baru dibangun kembali. Yi'nan, sementara tidak senang pada perkembangannya, awalnya setuju. Kaisar Taizong kemudian melakukan upacara pembuatan resmi untuk Ashina Simo, yang dipimpin oleh jenderal besar Li Xiaogong, dan juga mengadakan pesta kekaisaran dalam kehormatan Ashina Simo. Dia menciptakan pangeran-pangeran Tujue Timur, Ashina Zhong (阿史那忠) dan Ashina Nishu (阿史那泥熟) sebagai asisten Ashina Simo.

Pada musim semi tahun 641, orang-orang Ashina Simo akhirnya menyeberangi Sungai Kuning, dan dia mendirikan markas besarnya di Dingxiang (定襄, Hohhot modern, Mongolia Dalam). Dia dikatakan memiliki 30.000 rumah tangga, 40.000 pasukan, dan 90.000 prajurit perang. Dia mengajukan petisi kepada Kaisar Taizong, menyatakan:

Kaisar Taizong setuju. Pada musim dingin 641, memang, dengan Yi'nan yang mengantisipasi bahwa Kaisar Taizong akan segera mempersembahkan kurban ke langit dan bumi di Gunung Tai dan akan membawa prajuritnya bersamanya, ia percaya bahwa ia dapat menghancurkan Ashina Simo dengan cepat. Karena itu ia memiliki putranya Dadu (大度) untuk mengepalai pasukan Xueyantuo, bersama dengan pasukan wajib militer dari suku-suku bawahan Tongluo (同羅), Pugu (僕骨), Huige, Mohe, dan Xi (霫), meluncurkan serangan besar ke Timur Tujue. Ashina Simo tidak dapat menahan serangan itu, dan mengundurkan diri ke Tembok Besar ke Prefektur Shuo (朔州, kira-kira modern Shuozhou, Shanxi) dan mencari bantuan darurat. Kaisar Taizong mengirim jenderal-jenderal Zhang Jian, Li Shiji, Li Daliang, Zhang Shigui (張士貴), dan Li Xiyu (李襲譽), untuk menyerang Xueyantuo guna membantu Ashina Simo, dengan Li Shiji dalam komando keseluruhan. Sekitar tahun 642 yang baru, Li Shiji menangani kekalahan besar bagi Dadu, yang melarikan diri setelah mengalami banyak korban. Kaisar Taizong, saat mengirim utusan untuk menegur Yi'nan, tidak mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Xueyantuo pada saat ini. Dikatakan bahwa Yi'nan terus tidak senang dengan keberadaan Tujue Timur, dan terus mengganggu Tujue Timur. (Yi'nan, bagaimanapun, mencoba untuk menjaga hubungan damai dengan Tang, dan pada satu titik bertunangan untuk menikahi putri Kaisar Taizong, Putri Xinxing, tetapi Kaisar Taizong menyesali perjanjian pernikahan dan mematahkannya pada 643 dengan dalih bahwa tawaran Yi'nan dari harga pengantin (dengan ternak) tidak dibayar tepat waktu.) Ketika Kaisar Taizong mengirim utusan lebih lanjut untuk memerintahkan Yi'nan dari menyerang Tujue Timur, respon Yi'nan adalah:

Pada sekitar tahun baru 645, orang-orang Ashina Simo, tampaknya di bawah tekanan Xueyantuo, pingsan dan meninggalkan Ashina Simo. (Pada saat ini, Kaisar Taizong sedang dalam persiapannya untuk menyerang Goguryeo, dan karena itu, jika Xueyantuo menyerang, mungkin tidak mampu melindungi Tujue Timur.) Mereka menyeberangi Sungai Kuning ke selatan, mencari tempat tinggal di antara Sheng (勝州, juga di Hohhot modern, tapi di selatan Sungai Kuning) dan Prefektur Xia (夏州, kira-kira modern Yulin, Shaanxi). Meskipun ada tentangan dari pejabat, Kaisar Taizong setuju, dan melakukannya. Ashina Simo, dengan negara yang dibentuk kembali dalam keadaan berantakan, juga kembali ke Tiongkok, dan kembali menjadi jenderal Tang, mengakhiri upaya Tang untuk menciptakan Tujue Timur sebagai pengikut.

Setelah kembali ke Tang[sunting | sunting sumber]

Kaisar Taizong segera meluncurkan serangan besar terhadap Goguryeo, dan Ashina Simo mengikuti Kaisar Taizong dalam kampanye. Selama pengepungan Baekam (백암성), Ashina Simo terluka oleh panah, dan dikatakan bahwa Kaisar Taizong secara pribadi mengisap nanah dari lukanya, yang sangat menginspirasi para prajurit.[5] Taizong sendiri juga cenderung cedera jenderal Turki lainnya yang terluka selama perang melawan Goguryeo, Qibi Heli.[6] Dikatakan bahwa setelah Ashina Simo kembali ke ibu kota Tang, Chang'an (menyiratkan bahwa ini setelah akhir kampanye pada musim gugur 645), dia meninggal. Dia dimakamkan dengan penghormatan besar di dekat makam istri Kaisar Taizong Permaisuri Zhangsun, di mana Kaisar Taizong akhirnya akan dimakamkan juga.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Ashina Simo diperankan oleh Yuan Hong sebagai kekasih Putri Taiping dalam serial televisi fiksi sejarah berjudul Secret History of Princess Taiping.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Old Book of Tang and the New Book of Tang indicated that Ashina Simo died shortly after returning from Emperor Taizong's campaign against Goguryeo, which ended in 645, but did not explicitly state that he died that year. See Old Book of Tang, vol. 194, part 1 "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal October 11, 2007. Diakses tanggal October 31, 2007. 
  2. ^ Suzuki, Kosetsu. "On the Genealogical Line of Türks' Ashina Simo: The Royal Genealogy of the First Türkic Qaγanate and the Ordos Region during the Tang Period" (PDF). The Toyo Gakuho. Diakses tanggal 2018-07-28. 
  3. ^ Ahmet., Taşağıl,. Gök-Türkler. Onat, Ayşe., İzgi, Özkan., Türk Tarih Kurumu. (edisi ke-3 cilt birarada 1. baskı). Ankara. ISBN 9789751624604. OCLC 880367410. 
  4. ^ 兩千年中西曆轉換
  5. ^ Zhizhi Tongjian, vol 197
  6. ^ Skaff 2012, p. 95.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Qilibi Khan
Didahului oleh:
Illig Qaghan
Kekhanan Qaghan Turki Timur
639–645
Diteruskan oleh:
Chebi Qaghan