QWERTZ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

QWERTZ atau papan ketik QWERTZU adalah mesin ketik dan tata letak papan ketik yang banyak digunakan di Eropa Tengah. Nama ini berasal dari enam huruf pertama di kiri atas keyboard: (Q W E R T Z).

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Perbedaan utama antara QWERTZ dan QWERTY adalah bahwa posisi tombol Z dan Y diaktifkan (karenanya julukan "kezboard"). Perubahan ini dibuat karena dua alasan utama:

  • "Z" adalah huruf yang jauh lebih umum daripada "Y" dalam bahasa Jerman; status ini masih ada, dan yang terakhir jarang muncul kata-kata luar yang ejaannya mencerminkan impor mereka dari bahasa asing atau Helenisasi bentuk Jerman yang lebih tua di bawah pengaruh Ludwig I dari Bavaria.
  • "T" dan "Z" sering muncul bersebelahan di ortografi Jerman, dan kemacetan mesin tik akan dikurangi dengan menempatkan dua kunci sehingga mereka dapat diketik dengan tangan yang terpisah.
  • "Z" dan "U" juga bersebelahan. Zu, artinya dalam bahasa Jerman, dan juga awalan yang sangat umum juga dapat ditulis dengan sangat mudah.

Mirip dengan banyak keyboard non-Inggris lainnya:

  • Bagian dari keyboard diadaptasi untuk memasukkan karakter khusus bahasa, mis. Vokal umlauted (ä, ö, ü) di papan ketik Jerman dan Austria.

Keyboard QWERTZ biasanya mengubah tombol Alt kanan menjadi kunci Alt Gr untuk mengakses tugas kunci tingkat ketiga. Ini diperlukan karena karakter khusus bahasa tidak meninggalkan ruang untuk memiliki semua simbol khusus ASCII, yang dibutuhkan oleh programmer antara lain, tersedia pada level pertama atau kedua (bergeser) tanpa terlalu meningkatkan ukuran keyboard.

  • Penempatan beberapa simbol khusus diubah jika dibandingkan dengan versi QWERTY bahasa Inggris (Inggris dan AS).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Microsoft Keyboard Layouts". Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 July 2017. Diakses tanggal 26 May 2017.