Pytheas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pytheas dari Massalia
Patung Pytheas di luar Palais de la Bourse, Marseilles.
Lahirskt. 350 SM
Massalia
Meninggalskt. 285 SM
KebangsaanYunani
Warga negaraMassaliote
Dikenal atasPelayaran terawal ke Inggris, Laut Baltik, dan Lingkar Arktik yang memiliki catatan, penulis Periplus.
Karier ilmiah
BidangGeografi, penjelajah, navigasi
Menginspirasiahli geografi dan penjelajah klasik berikutnya

Pytheas dari Massalia (Yunani Kuno: Πυθέας ὁ Μασσαλιώτης Pythéas ho Massaliōtes; Bahasa Latin: Pytheas Massiliensis; abad ke-4 SM), merupakan seorang geografer Yunani dan penjelajah dari koloni Yunani Massalia (yang sekarang Marseille). Ia berlayar eksplorasi ke Eropa barat laut pada sekitar tahun 325 SM, namun deskripsinya tentang hal itu, yang dikenal luas di zaman antik, belum bertahan.

Dalam perjalanan ini ia mengelilingi dan mengunjungi sebagian besar wilayah Pulau Britania Raya. Ia adalah orang pertama yang mencatat untuk menggambarkan Matahari tengah malam. Keadaan teoretis dari Zona Dingin, dan zona beriklim sendang malam sangat singkat di musim panas dan matahari tidak terbenam pada titik balik matahari musim panas, sudah diketahui. Demikian pula, laporan tentang negara salju dan kegelapan abadi (negara Hyperborea) telah sampai di Mediterania beberapa abad sebelumnya. Pytheas adalah pengunjung ilmiah pertama dan reporter Arktik, Tudung es kutub, dan Jermanik. Ia memperkenalkan gagasan Thule yang jauh ke imajinasi geografis, dan kisah pasang lautnya paling awal diketahui bulan sebagai penyebabnya. Pytheas mungkin juga telah mencapai Islandia.[1]

Rekonstruksi jalur yang dilalui Pytheas bermula dari Massalia (Marseille) berlayar melalui Selat Gibraltar. Kunjungan pertama adalah ekspedisi pembuat timah Cornwall dan mencatat proses ekstraksi timah hingga penyimpanan. Ia kemudian melanjutkan perjalanan menuju Albion (Inggris). ia melanjutkan berlayar selama 6 hari menuju utara dan tiba "Thule" di orang-orang pantai Norwegia. Ekspedisi berlanjut melintasi Skagerrak menuju pantai timur Swedia. Dalam rute perjalanannya menuju Massalia, ia bertemu orang Jermanik di Pantai Baltik, tepi barat wilayah penduduk Scythian.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.britannica.com/biography/Pytheas
  2. ^ Scott, Michael (September/Oktober 2020). "The First Greek Mission to Britain and the Arctic". BBC World Histories. Issue 24: 6–13. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Cunliffe, Barry. The Extraordinary Voyage of Pytheas the Greek. London: Allen Lane, 2001.
  • Roseman C. H. Pytheas of Massalia. A critical examination of the texts. Seattle: University of Washington, 1983.
  • Spekke, Arnolds. The ancient amber routes and the geographical discovery of the Eastern Baltic. Stockholm: Goppers, 1957.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]