Putri Victoria Melita dari Saxe-Coburg dan Gotha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Putri Victoria Melita dari Saxe-Coburg dan Gotha
Istri Adipati Agung Victoria Feodorovna dari Rusia
Victoria Melita
Istri Adipati Agung Hesse dan oleh Rhine
Periode19 April 1894 – 21 Desember 1901
Pendamping Kepala Wangsa Romanov
Periode31 Agustus 1924 – 2 Maret 1936
Informasi pribadi
KelahiranPutri Victoria Melita dari Edinburgh
(1876-11-25)25 November 1876
Istana San Anton, Attard, Malta
Kematian2 Maret 1936(1936-03-02) (umur 59)
Amorbach, Jerman
Pemakaman
WangsaSaxe-Coburg dan Gotha
AyahAlfred, Adipati Saxe-Coburg dan Gotha
IbuAdipati Wanita Agung Maria Alexandrovna dari Rusia
Pasangan
AnakPutri Elisabeth dari Hesse dan oleh Rhine
Maria Kirillovna, Putri Leiningen
Kira Kirillovna, Putri Prusia
Vladimir Kirillovich, Adipati Agung Rusia
AgamaOrtodoks Rusia (1907–1936)
sebelumnya Anglikan (1876–1907)

Putri Victoria Melita dari Saxe-Coburg dan Gotha GCStJ CI VA RRC (25 November 1876 – 2 Maret 1936) adalah anak ketiga dan putri kedua dari pasangan Alfred, Adipati Saxe-Coburg dan Gotha, dan Adipati Wanita Agung Maria Alexandrovna dari Rusia. Ia adalah cucu dari Ratu Victoria dari Britania Raya dan Kaisar Alexander II dari Rusia.

Lahir sebagai putri kerajaan Inggris, Victoria menjalani masa awalnya di Inggris dan tinggal di Malta selama tiga tahun, dimana ayahnya bertugas dalam Royal Navy. Pada 1889, keluarganya pindah ke Coburg, dimana ayah Victoria menjadi adipati pada 1893. Pada masa remaja, Victoria jatuh cinta dengan sepupu pertama pihak ibunya Adipati Agung Kirill Vladimirovich dari Rusia, namun ketidaksepakatan pernikahan antara sepupu-sepupu pertama dari kepercayaannya, Gereja Ortodoks, menghalangi percintaan mereka. Meskipun demikian, atas pertimbangan keluarga, Victoria menikah pada 1894 dengan sepupu pertama pihak ayahnya, Ernest Louis, Adipati Agung dari Hesse dan oleh Rhine, mengikuti keinginan dari nenek mereka, Ratu Victoria. Pernikahan mereka kandas. Victoria tersandung skandal keluarga kerajaan Eropa saat ia menceraikan suaminya pada 1901. Anak tunggal mereka, Putri Elisabeth dari Hesse dan oleh Rhine, meninggal karena demam tifoid pada 1903.

Victoria menikahi Adipati Agung Kirill Vladimirovich pada 1905. Mereka menikah tanpa persetujuan resmi dari Raja Inggris Edward VII, seperti yang disyaratkan oleh Royal Marriages Act 1772, dan atas ijin Tsar Nicholas II. Akibatnya, Tsar melucuti seluruh gelar dan penghargaan dari Kirill, selain juga pada awalnya mengusir pasangan tersebut dari Rusia. Mereka memiliki dua putri dan menetap di Paris sebelum diijinkan untuk mendatangi Rusia pada 1909. Pada 1910, mereka pindak ke Rusia, dimana Nicholas mengangkatnya menjadi Istri Adipati Agung Victoria Feodorovna dari Rusia. Setelah monarki Rusia lengser pada 1917, mereka kabur ke Finlandia dimana ia melahirkan putra tunggalnya. Di pengasingan, mereka hidupa selama beberapa tahun dengan para kerabat mereka di Jerman, dan dari akhir 1920an, mereka tinggal di sebuah lahan yang berada di Saint-Briac. Pada 1926, Kirill memproklamasikan dirinya sendiri sebagai kaisar dalam pengasingan dan Victoria mendukung klaim-klaim suaminya. Victoria wafat setelah terserang stroke saat mengunjungi putrinya Maria di Amorbach.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]