Puteaux SA 18

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Puteaux SA 18
Puteaux SA 18
Meriam SA 18 yang disimpan di Museum Saumur
Jenis Meriam tank
Negara asal Prancis
Sejarah pemakaian
Pada perang Perang Dunia I, Perang Dunia II
Sejarah produksi
Tahun 1918
Produsen Atelier de Construction de Puteaux
Spesifikasi
Kaliber 37 mm
Rata² tembakan 15 peluru per menit
Kecepatan peluru 600 m/s (dengan peluru APCR)

Puteaux SA 18 adalah meriam tembakan tunggal dengan pemuatan sungsang buatan Perancis, yang digunakan dalam Perang Dunia I hingga Perang Dunia II, terutama dipasang pada kendaraan tempur.

Meriam ini adalah senjata sederhana dan andal dengan laju tembakan tinggi yang dimungkinkan oleh sistem sungsang semi-otomatis. SA 18 terutama dimaksudkan untuk digunakan terhadap infanteri dan sarang senapan mesin karena kecepatan pelurunya yang rendah membuatnya tidak cocok untuk penggunaan anti-lapis baja. Meskipun kemampuan penetrasi perisainya buruk, ia mampu melawan kendaraan lapis baja ringan hingga tahun 1939. Meriam ini dioperasikan oleh satu tentara dan ditemukan mudah digunakan, dengan insiden gangguan yang rendah. SA 18 melihat target melalui pembidik terpisah yang melekat pada sisi kiri senjata.

Desain[sunting | sunting sumber]

Panjang larasnya adalah 21 kaliber (L/21). Sementara laju tembakan maksimumnya adalah 15 peluru per menit,[1] laju praktisnya hanya 10 peluru.[2] Setelah penembakan, sungsang membuka dan mengeluarkan wadah peluru bekas secara otomatis. Meriam ini dioperasikan oleh satu penembak yang mengarahkannya melalui pembidik langsung dengan pembesaran 1x yang sederhana.[2]

eriam ini adalah meriam standar pada tank ringan Prancis, yang dipasang pada Renault FT dalam Perang Dunia I. Dalam Perang Dunia II, digunakan pada Renault R-35, Hotchkiss H-35 dan H-38, FCM-36 dan beberapa jenis mobil lapis baja Prancis, terutama White-Laffly WL-50.

Dalam Angkatan Darat Polandia di sekitar 1920-an menuju Perang Dunia II, meriam wz.18 Puteaux digunakan pada tank ringan Renault FT, Renault R-35, Hotchkiss H-35, mobil lapis baja Peugeot, serta mobil lapis baja Samochód pancerny wz. 28, Samochód pancerny wz. 29, dan Samochód pancerny wz. 34. Meriam ini juga digunakan pada beberapa perahu sungai dan kereta lapis baja Polandia.

Referensi[sunting | sunting sumber]