Pusentasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pusentasi (pusat Laut) adalah Sumur Raksasa yang terbentuk secara alami berdiameter 10 meter dan mempunyai kedalaman 7 meter. Nama Pusentasi dalam bahasa Kaili (suku asli Sulawesi Tengah) berasal dari kata "Pusen" berarti Pusat dan "Tasi" berarti Laut. Air didalamnya berasa asin seperti air laut dan berwarna jernih kebiru-biruan. Diduga ada sebuah lubang yang menghubungkan antara pantai dan pusentasi, karenanya jaraknya sekitar 300 meter. Keunikan pusentasi airnya tidak pernah keruh dan akan mengalami pasang apabila air laut sedang surut dan demikian pula sebaliknya. Memiliki legenda cerita rakyat yang oleh Jamrin Abubakar seorang wartawan di Donggala telah menulisnya dalam sebuah buku berjudul Pusentasi Cerita Rakyat Kabupaten Donggala.

Pusentasi terletak di desa Towale, Donggala, Sulawesi Tengah atau tepatnya masih satu kawasan dengan Pantai Tanjung Karang, Donggala.

Pusentasi, Donggala adalah tempat wisata di Palu yang unik karena berbentuk seperti sumur dengan air laut yang jernih kebiruan

[1] [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-22. Diakses tanggal 2018-01-21. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-29. Diakses tanggal 2018-11-12.