Pusat Buku Kyobo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pusat Buku Kyobo
Pintu masuk Pusat Buku Kyobo, Cabang Gwanghwamun pada tahun 2006
Nama Korea
Hangul
교보문고
Hanja
敎保文庫
Alih AksaraGyobo Mun-go
McCune–ReischauerKyobo Mun'go

Pusat Buku Kyobo (Inggris: Kyobo Book Centre; Hangul교보문고; Hanja敎保文庫; RRGyobomungo, dikenal pula sebagai Kyobo Mungo) adalah sebuah jaringan toko buku terbesar di Korea Selatan. Jaringan ini memiliki sepuluh toko di tujuh kota, dengan Toko utama, atau Gwanghwamun-jeom di Seoul, yang terletak di ruang bawah tanah Gedung Kyobo, di 1 Jong-ro, Jongno-gu di distrik pusat bisnis Seoul.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk Pusat Buku Kyobo di Gwanghwamun Plaza di Sejong-ro, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan tahun 2012

Pusat Buku Kyobo pertama kali didirikan oleh pendiri perusahaan, "Kyobo Moon-go Corporation", pada Desember 1980. Setelah enam bulan, toko pertama dibuka pada Juni 1981. Dibangun di bawah markas induk perusahaannya, Kyobo.

Lokasi pusat, dengan alamat di 1 Jong-ro (Jongno 1-ga), memungkinkan toko buku ini menerima banyak antusiasme dari pembaca, membawa kehidupan yang sangat dibutuhkan ke dalam industri penerbitan yang tertekan. Toko buku ini mengalami renovasi besar pada tahun 1991, untuk memperbesar propertinya di bawah tanah menjadi kurang lebih 9,000m². Panjang total jalan bebas hambatan dan jalan tembusnya mencapai hingga 25 km. Tokonya di Gwanghwamun terkenal karena pintu masuknya, terutama pintu masuk utama yang berada di Jongno 3-ga. Dimana sebelum menaiki tangga ke pintu gerbang, seseorang dapat membaca dengan jelas gaya lama Korea, melintasi dinding luar dari lorong: "Orang-orang menciptakan/membuat buku, dan buku menciptakan orang-orang". Ketika memasuki lorong itu, akan terpampang penerima Hadiah Nobel terkenal di dunia, termasuk penerima Hadiah Nobel Perdamaian Korea, mantan presiden terdahulu Kim Dae-jung. Sebuah papan kosong terdapat di sana untuk pemenang Hadiah Nobel Korea di masa depan. Toko buku ini berisi 2,3 juta volume buku. Bersama dengan toko buku besar lainnya, ia juga memiliki toko "Hot Tracks", tempat berbagai koleksi CD musik dan DVD yang dijual. Dengan ini, terdapat pula toko alat tulis besar, bersama dengan perlengkapan kantor dan produk dekoratif.

Pusat Buku Kyobo, Seoul

Pada Mei 2003, Pusat Buku Kyobo membuka lokasi kedelapan (dan ketiga di Seoul) di Gangnam. Toko ini memegang rekor sebagai toko buku terbesar di negara ini. Dengan luas 11,900m², toko ini terletak di bawah tanah, di bawah Menara Kyobo di Gangnam.[1] Toko ini memiliki "Bookmaster Dedicated Hotseats" dan sistem distribusi buku otomatis yang diterapkan pertama di dunia oleh setiap toko buku. Dari Juli 2009, telah terhubung dengan jalur metro Seoul 9, Stasiun Shinnonhyun.

Pusat Buku Kyobo pada bulan Agustus 2004 memiliki sekitar 3.2 juta anggota untuk Klub Buku Kyobo, dan menerima sekitar 180,000 pengunjung per hari baik di toko daring dan luring. Kyobo telah mempertahankan reputasinya sebagai "toko buku bangsa" dengan sering dan secara teratur menyelenggarakan berbagai acara yang berhubungan dengan buku, dan terkenal dengan acara "pertemuan penulis" bulanannya. Pusat Buku Kyobo juga mempertahankan posisi nomor satu dalam kategori "Toko Buku Ukuran Mega" di KCSI, atau Indeks Kepuasan Konsumen Korea, untuk rekor selama delapan tahun.

Cabang[sunting | sunting sumber]

Dalam kebudayaan populer[sunting | sunting sumber]

Interior dan eksterior dari toko buku Gwanghwamun digunakan sebagai lokasi syuting untuk drama televisi MBC tahun 2007 The 1st Shop of Coffee Prince, di mana karakter utama Choi Han-kyul membeli buku-buku mengenai kopi untuk membesarkan Go Eun-chan menjadi seorang barista. Drama ini dimainkan oleh Gong Yoo dan Yoon Eun-hye masing-masing.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 송평인 (26 November 2002). 국내 최대 서점 문연다…교보문고 강남점 1800여평. Donga Ilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 25 Juni 2011. 
  2. ^ "Kyobo to Close Gwanghwamun Bookstore for Renovation". Chuson Ilbo (dalam bahasa Inggris). 22 Januari 2010. Diakses tanggal 7 Maret 2013. 
  3. ^ Han, Sang-hee (26 Agustus 2010). "Gwanghwamun Kyobo opens after revamp". Korea Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 Maret 2013. 
  4. ^ Rachel Sang-hee Han; Frances Cha (17 Desember 2012). "13 things you've got to do in Seoul". CNN Travel (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 Februari 2013. 
  5. ^ Lee, Eun-joo (15 September 2009). "Giant Seoul mall to open tomo rrow". Joongang Daily (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 Maret 2013. 
  6. ^ Lee, Eun-joo (17 September 2009). "Location still the recipe for success". Joongang Daily (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 March 2013. 
  7. ^ "The First Shop Of Coffee Prince". Korean TV Drama (dalam bahasa Inggris). Korea Tourism Organization. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-30. Diakses tanggal 28 Juni 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]