Pura Luhur Poten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten atau disebut juga Sanggar Agung Poten adalah sebuah pura yang terletak di bawah Gunung Bromo. Pura ini adalah tempat persembahyangan umat Hindu Tengger. Pura ini dianggap sebagai satu-satunya bangunan yang dibangun di atas padang pasir. Pendiriannya ditujukan untuk tempat masyarakat Hindu Tengger menyembah dewa Brahma.

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Pura ini didirikan pada tahun 2000 dengan gotong royong oleh umat Hindu Tengger, setelah penduduk tengger mengalami reformasi agama Hindu Dharma. Pura didirikan di atas lahan yang disebut Poten yang selama ratusan tahun sebelumnya digunakan oleh penduduk Tengger yang beragama Buda Tengger untuk merayakan Labuh Kasada. Lahan tersebut disebut Sanggar Agung Poten. Poten berasal dari kata empot-empoting ati (hati yang terdalam). Peringatan hari ulang tahun pura dirayakan tiap tanggal 14 Bulan Kasada (ke-12) kalender Saka Tengger, siang hari sebelum perayaan Labuh Kasada.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Berada pada ketinggian sekitar 2200 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh jajaran pegunungan, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Bentuk bangunan Pura Ponten di adaptasi dari campuran adat Bali dan Jawa.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]