Puncak Lawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paragliding di Puncak Lawang

Puncak Lawang merupakan nama suatu puncak yang terletak di dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Puncak Lawang berlokasi di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa meihat birunya Danau Maninjau.[1]

Puncak Lawang berada di ketinggian 1.210 mdpl, sehingga menjadikannya ‘negeri di atas awan’ yang indah, berlatar belakang Danau Maninjau. Pada zaman penjajahan, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Pada saat ini, Puncak Lawang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Sumatera Barat. Puncak Lawang juga menjadi arena kejuaraan olahraga paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara.

Untuk mencapai kawasan Puncak Lawang, pengunjung bisa datang dari arah timur dan barat. Pengunjung yang datang dari barat seperti Lubuk Basung atau Danau Maninjau akan melewati perjalanan mendaki bukit dengan 44 belokan yang terkenal dengan Kelok 44.[butuh rujukan]. Sedangkan pengunjung yang datang dari arah timur seperti kota Bukittinggi atau Padang Panjang akan mencapai kawasan Puncak Lawang (Kecamatan Matur) sebelum sampai di Kelok 44.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]