Pullman Company

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Para pekerja meninggalkan pabrik Pullman, 1893

Pullman Car Company, yang didirikan oleh George Pullman, dulu adalah sebuah produsen kereta yang eksis dari pertengahan abad ke-19 hingga pertengahan abad ke-20. Melalui pengembangan produksi massal pada akhir abad ke-19 dan membeli sejumlah kompetitor, perusahaan ini berhasil memonopoli produksi dan kepemilikan kereta tidur.

Pada masa kejayaannya di awal abad ke-20, kereta-kereta buatan perusahaan ini dipakai oleh 26 juta orang per tahun, sehingga dapat disebut bahwa perusahaan ini mengoperasikan "hotel terbesar di dunia".[1] Para pekerjanya awalnya tinggal di sebuah kota terencana (atau "kota perusahaan") bernama Pullman, Chicago.[2]

Pullman mengembangkan kereta tidur, yang membawa namanya hingga dekade 1980-an. Pullman tidak hanya memproduksi kereta, namun juga mengoperasikannya di hampir seantero Amerika Serika, dengan membayar operator perkeretaapian agar dapat membawa kereta buatannya. Serikat pekerja yang terasosiasi dengan perusahaan ini, Brotherhood of Sleeping Car Porters, didirikan dan diorganisasikan oleh A. Philip Randolph, yang merupakan salah satu entitas politik Afrika-Amerika terkuat selama abad ke-20. Perusahaan ini juga memproduksi ribuan trem[3] dan bus listrik untuk digunakan di perkotaan.[4] Pasca Perang Dunia II, pergeseran ke mobil dan pesawat terbang membuat laba perusahaan ini turun drastis. Perusahaan ini akhirnya ditutup pada tahun 1968, dengan penerusnya tetap beroperasi hingga tahun 1981.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah menghabiskan semalaman tidur di kursi kereta api dalam perjalanannya dari Buffalo ke Westfield, New York, George Pullman terinspirasi untuk merancang kereta yang dilengkapi dengan tempat tidur untuk semua penumpangnya. Pada saat itu, tempat tidur dilipat ke atas, mirip seperti kompartemen bagasi pada kabin pesawat yang ada saat ini. Pada malam hari, tempat tidur diturunkan dan dua kursi di bawahnya dilipat, sehingga memungkinkan tidur yang cukup nyaman. Walaupun merupakan akomodasi yang cukup sederhana jika dibandingkan dengan standar saat ini, hal tersebut dulu merupakan perbaikan yang sangat signifikan terhadap rancangan sebelumnya. Terdapat tirai untuk menjaga privasi, dan terdapat toilet untuk pria dan wanita pada tiap ujung kereta. Kereta pertama Pullman diproduksi di pabrik milik Chicago & Alton di Bloomington, Illinois pada musim semi tahun 1859, setelah mendapat izin dari Presiden Chicago & Alton, Joel A. Matteson.

Pullman lalu mendirikan perusahaannya pada tahun 1862 dan memproduksi kereta tidur mewah, yang dilengkapi dengan karpet, tirai, kursi berlapis kain, perpustakaan, meja kartu, dan pramugari. Roda kereta kertas yang telah dipatenkan membuat kereta buatan Pullman lebih senyap dan halus daripada kereta dengan roda besi cor yang dipakai dari tahun 1867 hingga tahun 1915.[5][6][7] Setelah namanya makin populer karena berhasil menguasai mayoritas pangsa pasar, Pullman Company juga terkenal karena Pullman Strike yang diadakan oleh serikat pekerjanya pada tahun 1894. Selama resesi ekonomi, Pullman mengurangi jam kerja dan gaji, namun tidak mengurangi biaya sewa rumah, sehingga memicu mogok kerja tersebut. Para pekerjanya juga bergabung ke American Railway Union, yang dipimpin oleh Eugene V. Debs.

Setelah George Pullman meninggal pada tahun 1897, Robert Todd Lincoln, anak Abraham Lincoln, menjadi presiden perusahaan ini. Pullman membeli Standard Steel Car Company pada tahun 1930 di tengah Depresi Besar untuk membentuk Pullman-Standard Car Manufacturing Company. Perusahaan ini menutup pabriknya di Pullman, Chicago pada tahun 1955. Perusahaan ini berhenti berproduksi setelah selesai memproduksi kereta Superliner untuk Amtrak pada tahun 1982 dan sisa desainnya dibeli oleh Bombardier pada tahun 1987.

Sejarah perusahaan[sunting | sunting sumber]

Sertifikat saham Pullman's Palace Car Co. (1884)
Pintu masuk pabrik Pullman di Calumet, tahun 1900
Pabrik Pullman di Calumet, tahun 1900

Pullman Palace Car Co. didirikan pada tanggal 22 Februari 1867.

Pada tanggal 1 Januari 1900, setelah membeli sejumlah kompetitor dan pemasok, perusahaan ini direorganisasi menjadi Pullman Co., dengan slogan "Travel and Sleep in Safety and Comfort."

Pada tahun 1924, Pullman Car & Manufacturing Co. dibentuk sebagai hasil pemisahan dari departemen produksi perusahaan ini. Pullman Co., kemudian direorganisasi menjadi Pullman, Inc., pada tanggal 21 Juni 1927.

Masa kejayaan Pullman terjadi pada pertengahan dekade 1920-an. Pada tahun 1925, armadanya tumbuh menjadi 9800 kereta. Sebanyak 28.000 kondektur dan 12.000 porter pun dipekerjakan oleh perusahaan ini.[8] Pullman memproduksi kereta tidur kelas berat terakhirnya pada bulan Februari 1931.

Pullman membeli mayoritas saham Standard Steel Car Company pada tahun 1929, dan pada tanggal 26 Desember 1934, Pullman Car & Manufacturing (bersama sejumlah anak usaha Pullman, Inc. yang lain), digabung dengan Standard Steel Car Co. (serta anak usahanya) untuk membentuk Pullman-Standard Car Manufacturing Company. Pullman-Standard tetap memproduksi kereta hingga tahun 1982.[butuh rujukan] Standard Steel Car Co., didirikan pada tanggal 2 Januari 1902 untuk mengoperasikan sebuah pabrik kereta di Butler, Pennsylvania (dan setelah tahun 1906, mengoperasikan sebuah pabrik kereta di Hammond, Indiana), dan direorganisasi menjadi anak usaha Pullman, Inc., pada tanggal 1 Maret 1930.

Pada tahun 1940, saat pesanan kereta kelas ringan makin meningkat dan lalu lintas kereta tidur makin ramai, Departemen Kehakiman Amerika Serikat mengajukan tuntutan anti-trust terhadap Pullman di Pengadilan Tinggi Philadelphia. Pemerintah berupaya memisahkan bisnis operasi kereta Pullman dari bisnis produksinya. Pada tahun 1944, pengadilan memerintahkan Pullman Inc. untuk menjual Pullman Company (operator kereta) atau Pullman-Standard Car Manufacturing Company (produsen kereta). Setelah tiga tahun negosiasi, Pullman Company akhirnya dijual ke sebuah konsorsium yang beranggotakan 57 operator perkeretaapian dengan harga sekitar US$40 juta.[9]

Pada tahun 1943, Pullman Standard mendirikan divisi galangan kapal dan mulai merancang dan memproduksi kapal kecil. Galangan kapal tersebut terletak di dekat Danau Calumet di Chicago, di sisi utara dari 130th Street, pada sisi paling selatan dari Danau Michigan. Pullman memproduksi kapal di blok 40 ton yang dirakit di pabrik di 111th Street dan memindahkannya dengan kereta gondola. Dalam dua tahun, perusahaan ini memproduksi 34 korvet, yang memiliki panjang 180 kaki dan berat sebesar 640 ton, dan 44 unit LSM, yang memiliki panjang 203 kaki dan berat sebesar 520 ton. Pullman menempati peringkat ke-56 dalam hal total nilai kontrak yang didapat dari pemerintah selama Perang Dunia II.[10]

Pullman-Standard memproduksi kereta tidur terakhirnya pada tahun 1956[11] dan kereta kelas ringan terakhirnya pada tahun 1965, yakni pesanan sebanyak sepuluh kereta dari Kansas City Southern.[12] Perusahaan ini tetap memasarkan dan memproduksi kereta komuter dan kereta bawah tanah, serta Superliner untuk Amtrak pada akhir dekade 1970-an hingga awal dekade 1980-an.

Pada tahun 1975, Pullman mulai mengantar unit kereta bawah tanah sepanjang 754 75 ft (23 m) untuk New York City Transit Authority. Disebut sebagai R46 pada kontrak pengadaannya, kereta ini, bersama dengan R44 yang diproduksi oleh St. Louis Car Company, dirancang untuk melaju dengan kecepatan 70 mph (110 km/h) pada Second Avenue Subway. Setelah ditangguhkan pada tahun 1975, Transit Authority menyerahkan kereta tersebut ke jalur bawah tanah yang lain. Pullman juga memproduksi kereta bawah tanah untuk Massachusetts Bay Transportation Authority, yang kemudian mengoperasikannya di Jalur Merah. Pullman-Standard kemudian dipisah dari Pullman, Inc., dengan nama Pullman Technology, Inc., pada tahun 1981, dan dijual ke Bombardier pada tahun 1987.

Akhir Pullman[sunting | sunting sumber]

Setelah dipisah pada tahun 1944, Pullman, Inc., tetap menjadi perusahaan induk, dengan anak usahanya meliputi The Pullman Company untuk mengoperasikan kereta penumpang (namun tidak memiliki kereta penumpang, karena telah dijual), dan Pullman-Standard Car Manufacturing Co., untuk memproduksi kereta penumpang dan kereta barang; Pullman Inc. juga menyewakan kereta barang. Pullman, Inc., kemudian bergabung dengan Wheelabrator, yang kemudian dipimpin oleh CEO Michael D. Dingman, pada akhir tahun 1980, yang mengarah pada pemisahan saham Pullman pada awal dan pertengahan tahun 1981.

Pada tanggal 31 Desember 1968, operasi kereta tidur Pullman Company dihentikan dan semua penyewaannya diakhiri.[11][13] Pada tanggal 1 Januari 1969, Pullman Company dibubarkan dan semua asetnya dilikuidasi. Lelang terhadap semua aset Pullman pun diadakan di pabrik Pullman di Chicago pada awal tahun 1970. Pullman, Inc., tetap eksis hingga tahun 1981 atau 1982 untuk menutup semua liabilitas dan klaim yang tersisa.

Iklan Pullman pada tabel jadwal Seaboard Air Line Railroad tahun 1962

Rancangan kereta penumpang buatan Pullman-Standard kemudian dipisah ke Pullman Technology, Inc., pada tahun 1982. Dengan menggunakan nama dagang Transit America, Pullman Technology memasarkan rancangan kereta Comet (yang pertama kali diproduksi untuk Departemen Perhubungan New Jersey pada tahun 1970) sebagai kereta komuter hingga tahun 1987, saat Bombardier membeli Pullman Technology untuk menguasai rancangan dan patennya. Hingga tahun 2004, Pullman Technology, Inc., tetap menjadi anak usaha Bombardier.

Pullman, Inc., memisahkan bisnis penyewaan kereta barangnya pada bulan April 1981 ke Pullman Leasing Company, yang kemudian menjadi bagian dari ITEL Leasing, dengan tetap mempertahankan markah laporan PLCX. ITEL Leasing (termasuk markah laporan PLCX) kemudian diubah menjadi GE Leasing.

Pada pertengahan tahun 1981, Pullman, Inc., memisahkan bisnis produksi kereta barangnya ke Pullman Transportation Company. Sejumlah pabrik pun ditutup dan pada tahun 1984, sisa pabrik kereta serta rancangan dan paten kereta barang milik Pullman-Standard dijual ke Trinity Industries.

Setelah memisahkan bisnis produksi keretanya, Pullman, Inc., tetap berbisnis sebagai sebuah perusahaan terdiversifikasi. Pada akhir tahun 1980, perusahaan ini bergabung dengan Wheelabrator-Frye, Inc., yang mana Pullman menjadi anak usaha Wheelabrator-Frye, Inc. Pada bulan Januari 1982, Wheelabrator-Frye bergabung dengan M. W. Kellogg, sebuah produsen silo dan cerobong asap besar. Wheelabrator-Frye tetap menjadi induk bagi Pullman dan Kellogg. Pada tahun 1982, Signal resmi mengakuisisi Wheelabrator-Frye.[14] Pada tahun 1990, Wheelabrator-Frye group dijual ke Waste Management, Inc. Pullman dan Kellogg kemudian dipisah oleh Waste Management ke Pullman Power Products Corporation, dan pada akhir tahun 2004, perusahaan tersebut menjalankan bisnis dengan nama Pullman Power LLC, sebagai anak usaha dari Structural Group.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Briggs, Martha T.; Perters, Cunthia H. (1995). "Pullman Company Archives". Newberry Library. hlm. v. Diakses tanggal 2018-04-09. 
  2. ^ Super User. "South Shore Journal - Marktown: Clayton Mark's Planned Worker Community in Northwest Indiana". Diarsipkan dari versi asli tanggal September 13, 2012. 
  3. ^ Middleton, William D. || || 1967). The Time of the Trolley, p. 424. Milwaukee: Kalmbach Publishing. ISBN 0-89024-013-2.
  4. ^ Sebree, Mac; and Ward, Paul (1973). Transit's Stepchild, The Trolley Coach (Interurbans Special 58), p. 173. Los Angeles: Interurbans. LCCN 73-84356.
  5. ^ John H. Lienhard: Engines of Our Enginuity, No. 758: Paper railroad wheels.
  6. ^ Cupery, Ken (2016). "Paper Railroad Wheels?". cupery.net. 
  7. ^ J. Wallace: Pullman Palace Car Works: The Allen Paper Wheel Company.
  8. ^ "Eliillinois". Eliillinois. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2006. 
  9. ^ "Pullman Guide" (PDF). Newberry.org. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal September 27, 2011. Diakses tanggal July 19, 2013. 
  10. ^ Peck, Merton J. & Scherer, Frederic M. The Weapons Acquisition Process: An Economic Analysis (1962) Harvard Business School p. 619
  11. ^ a b Bedingfield, Robert E. (November 23, 1968). "Rails Taking Over Sleeping Car Runs; Pullmans Moving Into Rails' Hands". New York Times. hlm. 71, 77. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 24, 2015. Diakses tanggal February 24, 2015. 
  12. ^ Drury, George H. (June 5, 2006), "Who built the streamliners: Historical profiles of North American passenger-car builders", Trains magazine, diarsipkan dari versi asli tanggal September 5, 2010, diakses tanggal November 24, 2010 
  13. ^ "Pullman Conductor All but Disappears With End of 1968". New York Times. December 31, 1968. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 24, 2015. Diakses tanggal February 24, 2015. 
  14. ^ Cole, Robert J. (1982-11-10). "Wheelabrator and Signal to Merge". The New York Times. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2018-07-29. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Publikasi Pullman Company[sunting | sunting sumber]

Riset Pullman[sunting | sunting sumber]