Pulau Yoron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pulau Yoron
Nama asli: 与論島
Satsunan Islands.png
Lokasi Pulau Yoron di ujung selatan Kepulauan Satsunan.
Geografi
Lokasi Laut Cina Timur, Samudra Pasifik
Koordinat 27°02′40″LU 128°25′2″BT / 27,04444°LU 128,41722°BT / 27.04444; 128.41722
Kepulauan Kepulauan Amami
Luas 20,8 km2 (8,0 sq mi)
Puncak tertinggi 98 m
Negara
Jepang
Prefektur Prefektur Kagoshima
Foto udara Pulau Yoron

Pulau Yoron atau Yoronjima (与論島 Yorontō?, bahasa Okinawa: ユンヌ Yunnu) adalah sebuah pulau di Kepulauan Amami, Jepang. Pulau ini adalah pulau paling selatan Prefektur Kagoshima, letaknya 563 km sebelah selatan Pulau Kyushu. Keliling pulau ini hanya 24 km.

Pulau ini merupakan bagian dari Taman Kuasi-Nasional Kepulauan Amami, terkenal dengan lautnya yang indah dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pulau ini beriklim subtropis dengan suhu rata-rata di atas 20℃.[1]

Di antara pulau-pulau di Kepulauan Amami, Yoronjima adalah pulau terdekat dengan Prefektur Okinawa. Pada hari cerah, titik paling utara Pulau Okinawa yakni Tanjung Hedo dapat dilihat dari ujung selatan Yoronjima.

Hanya ada satu pusat keramaian (kota) di pulau ini, yakni di Chabana, Yoron, Distrik Ōshima. Populasi penduduk sekitar 6.000 jiwa yang bermata pencaharian utama di bidang pariwisata. Pulau ini memiliki sebuah pabrik shōchū dari tebu dengan merek Yūsen (有泉?)

Di pulau ini dikenal upacara menjamu kedatangan tamu yang disebut Yoron Kempō (与論献奉?). Tamu dijamu sebotol shōchū yang diminum satu per satu oleh tamu memakai gelas atau mangkuk sake ukuran besar. Sebelum minum, tamu harus berpidato memperkenalkan diri sebelum meminum shōchū yang dituang oleh tuan rumah. Bila tamu tidak minum minuman beralkohol, tuan rumah akan meminumnya atas nama tamu tersebut.[2]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi udara[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Yoron (IATA: RNJ; ICAO: RORY) dilayani oleh Japan Air Commuter (JAC) dan Ryukyu Air Commuter (RAC).

Transportasi laut[sunting | sunting sumber]

Yoronjima berada di tengah perjalanan kapal feri yang menghubungkan Naha, Okinawa dengan Kagoshima (Kyushu) atau Kobe/Osaka di Pulau Honshu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yoron Islan Area". Japan National Tourism Organization. Diakses tanggal 2013-06-01. 
  2. ^ "日本の「端」を巡る旅". My Navi News. Diakses tanggal 2013-06-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]