Pulau Rupat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pulau Rupat
Lokasi Riau Kabupaten Bengkalis.svg
Peta lokasi Pulau Rupat
Geografi
Koordinat2°1′0″N 101°34′0″E / 2.01667°N 101.56667°E / 2.01667; 101.56667
Luas1.500 km2 (580 sq mi)
Pemerintahan
ProvinsiRiau
KabupatenBengkalis
Demografi
Populasi55.000 jiwa

Pulau Rupat adalah sebuah pulau di Kabupaten Bengkalis, Riau. Pulau ini memiliki luas lebih kurang 1.500 km2 dan dihuni sekitar 55.000 jiwa penduduk.

Transportasi ke Rupat[sunting | sunting sumber]

Pulau ini dapat dijangkau dari Pekanbaru, Dumai atau Bengkalis. Jalur utama pengangkutan dari dan ke pulau ini adalah melalui laut. Telah ada jadwal transportasi tetap menuju ke pulau ini, yaitu jadwal penyebrangan Roro dumai rupat.

Perjalanan dari Dumai ke Pulau Rupat dapat ditempuh dalam waktu 20 - 30 menit dengan menggunakan Roro. Sedangkan berangkat dari Bengkalis membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan.

Pulau Rupat terbagi dua, yakni Rupat dan Rupat Utara. Penduduk di Rupat Utara lebih banyak dibandingkan di Rupat. Kira-kira hanya ada puluhan kepala keluarga di Rupat. Namun kini, penduduk Rupat dan Rupat Utara tidak jauh berbeda.Sepanjang perjalanan kita akan melihat pemandangan yang indah

Objek wisata[sunting | sunting sumber]

Objek wisata di Rupat sebagai berikut:

Di Rupat tidak ada hotel, wisma yang ada di pulau tersebut terletak di Batupanjang, Pangkalannyirih, Tanjungpunak, Telukrhu dan Tanjungmedang. Di Pulau ini suasana Melayu sangat kental dan bahasa Melayu yang digunakan mirip seperti bahasa Melayu Malaysia. Bahkan, mata uang Ringgit pun bisa digunakan sebagai alat transaksi.namun yang menjadi daya tarik tersendiri dipulau ini adalah pantainya nan luas..yang mana lansung berhadapan dengan selat melaka dan merupakan titik terdekat menuju negara jiran Malaysia..bahkan turis asal malaysia sering mengijak kaki dipulau rupat menggunakan kapal cepat dan lansung bersandar di pantai.hal ini tentu merupakan petunjuk buat pemda setempat untuk memperhatikan potensi2 yang ada dipulau rupat tersebut terutama dibidang pariwisatanya.

Kecamatan dan Kelurahan/Desa[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

http://riautrust.com/read-1931--dewan-setujui-nama-pansus-hti-pt-srl-pulau-rupat.html