Pulau Roanoke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pulau Roanoke adalah salah satu pulau di Dare County, Carolina Utara, Amerika Serikat. Nama pulau ini diperoleh dari Suku Roanoke, salah satu suku kuno dari bangsa Algonquian di Carolina yang mendiami daerah itu pada abad ke-16 pada saat penjajahan Inggris.

Pulau ini memiliki panjang sekitar 13 km (8 mi) dan lebar 3,2 km (2 mi). Di sebelah utara Pulau Roanoke terdapat Sound Albemarle, di timur terdapat Sound Roanoke, di barat terdapat Sound Croatan, dan di ujung selatan terdapat CDP Wanchese. Kota Manteo terletak di bagian utara pulau, dan merupakan ibu kota Dare County. Situs Bersejarah Nasional Benteng Raleigh berada di ujung utara pulau. Pulau ini memiliki luas daratan 46,5 km2 (17,95 mil persegi) dan memiliki populasi sebesar 6.724 jiwa pada sensus tahun 2000.

Saat ini, jalan raya utama US 64 menghubungkan daratan Carolina Utara ke Outer Banks. Jalan raya ini melintasi dan menghubungkan Pulau Roanoke dengan daratan utama juga. Pulau ini memiliki fitur rekreasi dan air, ditambah situs bersejarah dan teater terbuka yang membentuk salah satu atraksi wisata utama di Dare County.

Penduduk Pulau Roanoke diatur oleh Dewan Komisaris Dare County. Mereka tergabung di dalam distrik kongres 1 Carolina Utara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]