Pulau Phillip (Norfolk)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Phillip

Pulau Phillip adalah sebuah pulau yang terletak 6 km (3,7 mi) selatan Pulau Norfolk di Pasifik Barat Daya dan merupakan bagian dari kelompok Pulau Norfolk. Pulau ini dinamai pada tahun 1788 oleh Letnan Philip Gidley King untuk menghormati Arthur Phillip, Gubernur pertama New South Wales.

Pulau Phillip adalah bagian dari wilayah luar Australia di Pulau Norfolk. Pulau ini termasuk dalam Taman Nasional Pulau Norfolk bersama Pulau Nepean dan merupakan 10% dari luas daratan Norfolk. Terdapat sebuah gubuk Taman Nasional yang terletak di dekat pusat pulau yang dapat menampung sekitar empat orang sepanjang tahunnya. Kalau tidak, pulau itu tidak berpenghuni.

Pulau Phillip memiliki luas 190 hektar (470 acre), berukuran 2,1 km (1,3 mi) dari barat ke timur dan 1,95 km (1,21 mi) dari utara ke selatan, dengan titik tertinggi, Jacky Jacky, setinggi 280 m (920 kaki). ) di atas permukaan laut. Bentuknya kira-kira seperti pengering rambut dengan nosel mengarah ke timur. Pulau ini berasal dari gunung berapi, terbuat dari Tuf Basal dan lava yang berasal dari zaman Miosen. Pulau Phillip termasuk dalam Daftar Perkebunan Nasional.

Flora dan Fauna[sunting | sunting sumber]

Pemandangan dari Pulau Norfolk menunjukkan Pulau Phillip di kejauhan. Di latar depan adalah Pulau Nepean yang lebih kecil
Streblorrhiza speciosa adalah tumbuhan punah yang endemik di pulau Phillip

Flora[sunting | sunting sumber]

Vegetasi pulau Phillip hancur karena hewan hama seperti babi, kambing dan kelinci yang dibawa pada era koloni. Hal ini menyebabkan erosi besar-besaran sehingga pulau tampak berwarna coklat kemerahan seperti yang dilihat dari Norfolk, karena tidak adanya lapisan tanah atas. Kemudian babi dan kambing disingkirkan pada awal abad ke-20 dan kelinci dimusnahkan pada tahun 1988.

Sejak itu, regenerasi alami spesies asli dan gulma dan pekerjaan remediasi oleh staf taman telah membawa perbaikan yang berarti bagi lingkungan pulau Phillip. Saat ini sedang dilakukan revegetasi. Sebagian besar daerah yang gundul sebelum pemberantasan kelinci dimulai sekarang bervegetasi dengan baik, meskipun banyak spesies gulma. Mengingat sebagian besar permukaan pulau itu benar-benar tanpa vegetasi sebelum pengontrolan kelinci, tingkat perkembangan vegetasi dan pembentukan tanah sangat luar biasa. Burung laut membuat sarang sekarang dan membentuk koloni yang sebelumnya tidak ada.

Penghutanan kembali pinus Pulau Norfolk di Pulau Phillip dibantu oleh Hercules C130E dari Skuadron No. 37 RAAF yang berbasis di Richmond pada akhir 1980-an.

Pulau Phillip memiliki Tumbuhan berpembuluh sekitar 80 spesies. Tiga spesies tumbuhan merupakan tanaman asli pulau Phillip. (Achyranthes margaretarum) ditemukan di sana setelah kelinci tidak ada dan populasi kecil spesies yang ada saat ini berasal dari satu tanaman asli yang ditemukan. (Abutilon julianae) ditemukan kembali di pulau Phillip ketika kelinci hampir dibasmi; itu telah diyakini punah selama lebih dari tujuh puluh tahun. Tumbuhan ketiga yang hanya tumbuh di pulau ini adalah (Hibiscus insularis).

Fauna[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari degradasi lingkungan, kurangnya kucing dan tikus liar di pulau itu memungkinkan beberapa hewan bertahan di sana setelah punah di Norfolk. Namun, ada spesies punah yang hidup di kedua pulau, seperti Kaka Norfolk. Ada juga dua reptil darat yakni tokek (Christinus guentheri), dan Skink (Cyclodina lichenigera). Pulau ini juga merupakan tempat berkembang biak yang penting bagi 12 spesies burung laut seperti Petrel takdir,Petrel Kermadec, Petrel berleher putih, Petrel bersayap hitam, Shearwater ekor baji, Gannet Australasia, Sooty tern (dikenal secara lokal sebagai burung paus) , Tropicbird ekor merah, dan Noddy abu-abu. Burung laut jelaga secara tradisional menjadi sasaran panen telur musiman.

Pulau Phillip telah ditetapkan oleh BirdLife International sebagai Area Burung Penting (IBA) yang terpisah dari IBA Pulau Norfolk, karena mendukung populasi pemeliharaan Petrel berleher putih serta lebih dari 1% populasi Noddy abu-abu.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International. (2011). Important Bird Areas factsheet: Phillip Island (Norfolk Island). Downloaded from http://www.birdlife.org on 2011-12-26.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Koordinat: 29°07′S 167°57′E / 29.117°S 167.950°E / -29.117; 167.950