Pulau Kasiruta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kasiruta
ID Kasiruta.PNG
Letak Pulau Kasiruta di Indonesia bagian timur
Geografi
Lokasi Maluku Utara
Koordinat 0°25′00″LS 127°12′00″BT / 0,4167°LS 127,2°BT / -0.4167; 127.2Koordinat: 0°25′00″LS 127°12′00″BT / 0,4167°LS 127,2°BT / -0.4167; 127.2
Kepulauan Maluku
Pemerintahan
Negara
Indonesia
Maluku Utara
Kota terbesar Palamea
Pengumpul damar di desa Palamea di Pulau Kasiruta pada masa Hindia Belanda
Peta tahun 1896 dengan Kasiruta dan Bacan

Kasiruta merupakan nama sebuah pulau yang terdapat di Provinsi Maluku Utara. Letaknya di sebelah barat pulau Bacan.

Desa penghasil batu bacan yang berurutan pertama kali dijumpai di pulau Kasiruta adalah Desa Imbu-imbu, Desa Bisori, Desa Doko dan terakhir Desa Palamea. Saat ini, Desa imbu-imbu dan desa Bisori sudah ada penambang, jadi bukan hanya desa Doko dan Desa Palamea saja yang ada penambang. Tetapi, Masyarakat Desa Imbu-imbu dan Desa Bisori tidak terlalu ngotot menambang batu bacan karena bisa 4 sampai 6 bulan mereka bekerja belum mendapatkan hasil. Karena itulah, hanya 2 desa yaitu desa doko dan desa palamea yang dikenal sebagai tempat penghasil batu bacan.

Penduduk asli Desa Doko dan Desa Palamea adalah suku Galela yang semuanya muslim. Dulunya, mereka bermatapencaharian petani kelapa dan petani kakao. Mata pencaharian sampingan adalah mencari damar. Di desa doko, ada seorang bapak penduduk asli yang cukup berhasil dalam bisnis batu bacan. Mulai dikenalnya batu bacan sebagai batu permata yang sangat digemari masyarakat dan menjadi primadona sehingga harga batu bacan mulai mahal menyebabkan masyarakat di desa tersebut menjadi lebih baik taraf kehidupannya daripada waktu  sebelum batu bacan dikenal.