Pulau Karamian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Karamian adalah sebuah pulau di Laut Jawa. Pulau ini berada di sebelah utara Kepulauan Masalembu.

Secara administratif, Pulau Karamian (bersama pulau-pulau lainnya di Kepulauan Masalembu) termasuk wilayah Kecamatan Masalembu di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pulau Karamian merupakan pulau kedua paling utara di antara pulau-pulau yang termasuk wilayah provinsi di Jawa setelah Pulau Sebira di Kepulauan Seribu. Bahkan secara geografis, jarak Pulau Karamian lebih dekat ke Kalimantan daripada ke Pulau Madura, yang merupakan ibu kota Kabupaten Sumenep di mana pulau ini termasuk.

Penduduk Pulau Karamian terdiri atas campuran beberapa etnis, termasuk Suku Bugis dan Suku Madura. Suku Madura sendiri merupakan minoritas. Karena menurut sejarahnya, Pulau Karamian ini pertama kali ditemukan oleh Suku Bugis, Sulawesi Selatan ketika melakukan pelayaran dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia, dan nanti di belakangan datang Suku Madura karenanya masyarakat di sana mayoritas Suku Bugis dan wajar kalau Suku Madura minoritas walaupun Pulau Karamian terletak di wilayah Sumenep, Madura.

Adapun mengenai keadaan atau situasi Pulau Karamian masih sangat minim dan memprihatinkan sekali karena, di antaranya: 1. Pendidikan: pendidikan di pulau ini sudah ada 4 tingkatan. -TK/TPA -SD/MI -MTs/SMP -SMA/MA 2. Air Bersihnya lumayan lancar dan jaringan komunikasinya pun juga demikian, itu pun semuanya baru ada. 3. Listriknya hanya bisa dinikmati hanya pada waktu malam hari saja, itu pun belum optimal. 4. Jalan raya dan Jembatan/dermaganya sementara dalam tahap pembangunan, belum tuntas. 5. Kesehatan: hanya puskesmas saja, itu pun belum terlalu efektif. 6. Keamanan masih kurang biar polisi belum ada. 7. Penghasilan: Tani, Nelayan, dan berdagang. Mudah-mudahan dengan melihat halaman ini banyak yg memberikan sumbangsi dalam bentuk apapun khususnya pada pemerintahan Kabupaten Sumenep demi pembangunan dan perkembangan pulau karamian.

Adapun Objek wisatanya: 1.Pulau kambing, pulau kambing ini bagian dari pulau karamian terpisah sekitar 2 kilo dari pulau karamian, yang biasa disebut masyarakat di sana pulau pulaue/pulau mbe. 2.Pasir Putih, pasir putih ini tidak terlalu jauh dari pulau mbe terletak di bagian barat daya. 3.Batu hitam, terletak di bagian barat daya juga. 4.Gunung Batu yang biasa disebut Bulu' Batu dalam bahasa Bugis. Bulu' Batu ini terletak di bagian timur (pakkangnge) 5.Pantai tanjung Pele' terletak di manorang (utara). 6.Dermaga ada di bagian Tengah dan di timur pulau karamian pakkangnge. 7.Pantai Ceria (Pancer)

5°2′55.9″S 114°36′32.4″E / 5.048861°S 114.609000°E / -5.048861; 114.609000Koordinat: 5°2′55.9″S 114°36′32.4″E / 5.048861°S 114.609000°E / -5.048861; 114.609000