Pulau Kadidiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan dari Pulau Kadidiri
Feri antara Ampana-Tojo Una-Una

Pulau Kadidiri adalah sebuah pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Pantai pasir putih yang sangat bersih dan laut yang sangat jernih dengan biota lautnya yang berjumlah lebih dari 200 macam merupakan daya tarik bagi turis-turis asing. Pulau ini terbentuk dari gugusan pulau karang dengan pasir putih yang indah dan air laut yang jernih dan sejuk. Selain itu, di sepanjang pulau ini terhampar terumbu karang yang masih bagus dengan tubir yang indah, karena sangat cocok untuk atraksi snorkeling dan menyelam.

Terdapat beberapa guest house/penginapan diantaranya Wakai Cottages, Kadidiri Paradise Cottages, dan Lestari Cottages. Namun, wisata di Pulau Kadidiri memiliki kendala jarak. Wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Kadidiri dapat mengunakan kapal boat dari Ampana langsung ke Wakai dengan waktu tempuh sekitar 5 (lima) jam. Kemudian dari Wakai dapat mengunakan motor boat ke Pulau Kadidiri dengan waktu tempuh sekitar 25 (dua puluh lima) menit.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Pulau ini secara administratif terletak di Desa Tobil, Kecamatan Una-Una, Kabupaten Tojo Una-una.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

wisatawan dapat melakukan berbagai atraksi seperti melihat kepiting kenari di malam hari, snorkeling, mandi matahari, voli pantai serta menikmati indahnya matahari terbenam. Selain itu, wisatawan juga bisa megunjungi objek wisata Pulau Kota yang memiliki pasir putih yang indah untuk rekreasi dan mandi matahari serta dapat pula melakukan atraksi snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang yang terhampar di sepanjang Pulau Kota.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan kursus menyelam, di Pulau Kadidiri juga terdapat resort dengan instruktur yang berasal dari luar negeri dan berpengalaman. Para wisatawan yang ingin menyelam atau kursus menyelam dapat mnenyewa fasilitas yang dimiliki oleh Black Marline Dive Resort dan Kadidiri Paradise Dive Resort.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-23. Diakses tanggal 2016-06-25.