Pulau Gusungbulobulo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gusungbulobulo
Koordinat4°25′36.000″LS,119°34′56.000″BT
NegaraIndonesia
Gugus kepulauanSpermonde
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenBarru
Galat Lua: Coordinates not found on Wikidata.

Pulau Gusungbulobulo atau Pulau Ceribel adalah nama sebuah pulau kecil yang berada di gugusan Kepulauan Spermonde, perairan Selat Makassar dan secara administratif masuk pada wilayah Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara astronomis, pulau ini terletak di titik koordinat 4°25′36.000″LS,119°34′56.000″BT.[1][2]

Pulau Gusungbulobulo telah dijadikan salah satu tempat wisata di Kabupaten Barru. Di pulau ini telah dilengkapi fasilitas pendukung untuk wisatawan dan para pengunjung dapat menikmati pasir putih dan air laut yang jernih. Tak hanya itu, ada spot pemandangan bawah laut juga yang dapat dinikmati. Pulau Gusungbulobulo merupakan hamparan pasir putih di tengah laut yang luasnya hanya sekitar 30 meter persegi. Ketika air laut surut, maka pulau ini akan memiliki bentuk unik seperti embrio. Selain bentuknya yang unik, tentunya memiliki pesona bawah laut yang dapat kita nikmati saat snorkeling. Terumbu karang yang masih terjaga dengan beraneka jenis biota laut, juga dapat ditemukan Ikan beraneka jenis, lobster, bintang laut, ikan badut, dan banyak lagi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil, Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (2012). "Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia". www.ppk-kp3k.kkp.go.id. Diakses tanggal 29 September 2022. 
  2. ^ Deputi Bidang Informasi Geospasial Dasar, Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia (2021). "Sistem Informasi Nama Rupabumi (Sinar)". sinar.big.go.id. Diakses tanggal 1 Mei 2023. 
  3. ^ Tim Redaksi postimur.net (3 Juni 2021). "Wow! Ceribel Pulau Misterius Exotis dan Keren, Syamsidar: Kadang Pulaunya Hilang". postimur.net. Diakses tanggal 29 September 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]