Pulau Faisans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 43°20′34″N 1°45′56″W / 43.34278°N 1.76556°W / 43.34278; -1.76556

Pulau Faisans
Île des Faisans (bahasa Prancis)
Isla de los Faisanes (bahasa Spanyol)
Konpantzia (bahasa Basque)
Pulau Faisans dilihat dari Jembatan Internasional di atas Sungai Bidasoa. Di sebelah kiri, ada Irún, Spanyol; di sebelah kanan, ada Hendaye, Prancis.
Geografi
Luas0.00682 km2[1]
Titik tertinggi6 m
Pemerintahan
Negara
Prancis
RegionNouvelle-Aquitaine
DepartemenPyrénées-Atlantiques
Negara
Spanyol (saat ini)
Komunitas otonomPaís Vasco
ProvinsiGipuzkoa
Kependudukan
PendudukTidak berpenghuni
Peta

Pulau Faisans (Prancis: Île des Faisans/Île de la Conférence, Spanyol: Isla de los Faisanes, bahasa Basque: Konpantzia) adalah pulau kecil tak berpenghuni di Sungai Bidasoa yang membagi wilayah Prancis dan Spanyol. Pulau ini berganti pemerintahan antara kedua negara tersebut tiap enam bulan.

Pulau ini adalah kondominium[2] yang terbentuk berdasarkan Perjanjian Pirenia pada tahun 1659 dan di bawah kedaulatan bersama antara Spanyol dan Prancis. Pulau ini secara resmi berada di bawah kepemimpinan angkatan laut San Sebastián, Spanyol, pada 1 Februari–31 Juli dan Bayonne, Prancis, pada 1 Agustus–31 Januari. Pada kenyataannya, pulau ini berada dalam pemerintahan Irún, Spanyol, dan Hendaye, Prancis.[3]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Per Januari 2018, pulau ini memiliki panjang sekitar 200 m dan lebar 40 m serta terkikis tiap saat.[3]

Akses[sunting | sunting sumber]

Pulau ini bisa dikunjungi dari tepi Spanyol saat surut.[3] Ia tidak berpenghuni dan dilarang dikunjungi,[4] kecuali pada hari-hari tertentu.[3] Selain itu, pegawai dari pemerintahan Irún atau Hendaye bisa mengunjungi pulau ini tiap enam bulan untuk membersihkan dan menata taman.[5] Lima hari sekali, anggota angkatan laut San Sebastián (Spanyol) dan Bayonne (Prancis) akan berlabuh di pulau ini untuk memantau keadaannya.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jannie Wullms (2012). Propuesta de una edición crítica de José de Butrón y Mújica, Relación panegírica de la jornada de los señores, señor don Luis Méndez de Haro y señor cardenal Julio de Mazarino, a la conferencia de los Tratados de la Paz entre el Católico Felipe Cuarto el Grande de España, y el Cristianísimo Luis Catorce de Francia (PDF) (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 3 Desember 2015. 
  2. ^ "España asume la jurisdicción de la isla de los Faisanes, la más pequeña del mundo". Diakses tanggal 3 Desember 2015. 
  3. ^ a b c d "The island that switches countries every six months". BBC. 28 January 2018. 
  4. ^ "Pheasant Island". Hendaye Tourist Office. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Februari 2010. Diakses tanggal 24 Januari 2012. 
  5. ^ a b Porto, Rita (31 Juli 2017). "A ilha dos Faisões, o condomínio mais antigo do mundo, é seis meses francesa e seis meses espanhola". Observador (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 3 Februari 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]