Pulau Bengkalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bengkalis
Lokasi Riau Kabupaten Bengkalis.svg
Geografi
LokasiAsia Tenggara
Koordinat1°28′S 102°7′E / 1.467°S 102.117°E / -1.467; 102.117
Luas911 km2 (351,7 sq mi)
Pemerintahan
Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenBengkalis
Demografi
Populasi457.368 jiwa (2009)
Kepadatanauto jiwa/km2

Pulau Bengkalis adalah sebuah pulau di Provinsi Riau, juga merupakan pulau utama dari Kabupaten Bengkalis. Di mana pusat pemerintahan daerah kabupaten Bengkalis berada. Pulau ini berbatasan dengan Selat Malaka di bagian Timur, Utara dan Barat, dam Selat Bengkalis pada bagian Selatannya.

Pulau ini memliki kontur yang rata dan sebagian besar merupakan lahan gambut. Vegetasi sebagian besar adalah tanaman tropis khas hutan gambut. Pohon seperti bakau, rotan dan karet banyak ditemui. Pantai yang mengelilingi pulau ini merupakan pantai berlumpur dan menjadi habitat salah satu hewan khas nya yaitu ikan Tembakul (Oxudercinae). Sumber air sebagian besar merupakan air "redang", yaitu air yang berwarna kemerahan akibat tanah gambut.

Penduduk pulau Bengkalis sebagian besar terkumpul pada Kota Bengkalis yang terletak pada bagian selatan pulau, berhadapan dengan pulau sumatera dan terpisah oleh selat sempit yaitu selat Bengkalis. Sebagian lainnya tersebar merata pada pulau Bengkalis yang terdiri dari desa-desa yang sudah terkoneksi dengan jalan yang cukup baik.

Transportasi ke pulau Bengkalis hanya bisa dilakukan lewat laut. Titik terdekat dengan pulau Bengkalis dari pulau Sumatra adalah Kota Sei. Pakning. Kapal Ro-Ro tersedia untuk menghubungkan kedua Kota ini dan merupakan pintu untuk warga Bengkalis untuk berpergian ke Sumatra. Selain itu, terdapat kapal cepat reguler yang menghubungkan Bengkalis dengan kota-kota lain seperti Dumai, Selat Panjang, Tanjung Balai Karimun, Pekanbaru dan Batam. Pelayaran internasional juga tersedia yang berupa ferry cepat reguler dari Bengkalis ke Malaka. Airport belum tersedia di Pulau ini, akses lewat udara hanya bisa ditempuh dengan menggunakan Helikopter.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]