Psilocybe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Psilocybe cubensis
Cubensis.natural.habitat-2.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Fungi
Divisi: Basidiomycota
Kelas: Agaricomycetes
Ordo: Agaricales
Famili: Hymenogastraceae
Genus: Psilocybe
Nama binomial
Psilocybe cubensis
(Earle) Singer
Psilocybe-cubensis-range-map.png
Approximate Range of Psilocybe cubensis
Psilocybe cubensis
View the Mycomorphbox template that generates the following list
Karakteristik mikologi
Himenium berbentuk insang
Tudung cembung atau tudung datar
Himenium menggala atau adneksa
Tangkai memiliki cincin
Jejak spora berwarna ungu
Jenis ekologi saprotrof
Edibilitas: psikoaktif

Psylocybe adalah sekelompok jamur yang mengandung zat halusinogen. Psilocybe (terkenal dengan istilah Magic Mushroom; kemiripan dengan narkoba) termasuk jamur makro anggota suku Strophariaceae, bangsa Agaricales. Agaricales adalah bagian dari kingdom fungi dengan beadan buah dan 3 bagian utama, yaitu tudung buah/pileus, bilah/lamellae atau pori/pore, dan tangkai/stipe. Psilocybe tumbuh dengan persebaran luas (kosmopolitan) dan berfungsi sebagai satotrof. jamur ini bisayumbuh di kotoran hewan, lumut, ranting, daun, atau kayu yang busuk. jamur ini diperkirakn ada sekitar 116 jenis di dunia dan 1 jenis di Indonesia, yaitu Psilycobe subaeruginacens var. subaeruginacens. jamur ini jenisnya paling banyak terdapat di Meksiko (ada 44 jenis sekitar 39% dari total jenis dunia).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata Psilocybe berasal dari kata Yunani ψιλός + κύβη,[1] 'Psilo/botak+cybe/kepala' dan secara harfiah berarti "berkepala telanjang/botak", mengacu pada pelikel yang dapat dilepas jamur (kulit longgar di atas topi). Hal ini diucapkan dengan tekanan utama pada suku kata ketiga, / ˌsaɪloʊˈsaɪbi / SY-loh-SY-bee. E terakhir tidak diam.[2]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Psilocybe memiliki karakteristik berbadan buah berukuran kecil, tudung buah berukuran 0,5-4 cm, cembung, berbentuk seperti bel, bagian tengah menonjol, bewarna kuning kecoklatan atau coklat. Mempunyai bilah adnexed, adnate, warna berubah menjadi coklat gelap seiring semakin tuanya basidiopore, tepi menjadi putih karena adanya sistidia. Batang tipis, mudah dipatahkan, gundul, bewarna coklat, dna berubah menjadi kebiruan jika dilukai.

Komponen[sunting | sunting sumber]

Psilocybe sp.
Psilocybin: [3-(2-Dimethylaminoethyl)-1H-indol-4-yl] dihydrogen phosphate (C12H17N2O4P)[3]

Psilocybe dan beberapa marga jamur penyebab halusinasi lainnya mempunyai kandungan utama penyebab halusinasi, yaitu senyawa psilocybin dan psilocin.kandungan ini yang mempunyai nama kimia 4-hidroxylated-N-dimethyltryptamine (psychedelics) digunakan oleh beberapa perusahaan obat di Swiss dengan formulasi sediaan berbentuk pil. jamur halusinasi ini juga dimanfaatkan dalam dunia kedokteran. Misalnya dalam penelitian dari total 26 orang koresponden terdapat 22 orang yang berkurang sakit kepalanya akibat penggunaan psilocybin. penggunaan psilocybin pada penderita kanker juga diketahui dapat memperbaiki kondisi psikologi dan menurunkan rasa cemas pasien. penggunaan senyawa jamur ini sebagai pengobatan masih menjdai kontroversi, ilegal di beberapa negara, dan belum 'terkenal' di Indonesia. terutama di Indonesia, perkemabangan dan penelitian jamur ini mulai dilakukan apalagi proses budidayanya mulai banyak dilakukan sehingga diharapkan dengan budidaya dan pengembangan jadi tanamna obat dapat bermanfaat bagi perusahaan farmasi di Indonesia sendiri.

Persebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Sevara geografis, spesies genus ini dapat ditemukan di seluruh dunia di hampir semua bioma. Keragaman spesies terbesar berada di neotropics (Brasil dan Chile) daerah Mesoamerika. sumber lain ada juga yang mengatakan jenis jamur halusinosi paling banyak terdapat di daerah Meksiko walaupun daerah neotropis punya banyak jenis juga. Psilocybe ditemukan di berbagai habitat dan substrat. Sebagian spesies ditemukan pada iklim sedang, contohnya Psilocybe cyanescens (pada area taman tertentu dan jarang di dekat pemukiman manusia). Hanya sebagian kecil jenis Psilocybe yang ditemukan di feses, contohnya P. cubensis dan P. sibcubensis yang tumbuh langsung pada feses. spesies lainnya dapat ditemukan di tanah humus berlumut, berumput, atau hutan.

Penggunaan dan nama lain[sunting | sunting sumber]

Magic mushroom dimakan segar, dicampur dengan teh/minuman lainnya, atau bisa juga penggunaan kering (seperti merokok) dan dicampur dengan tembakau. Nama lainnya adalah shrooms, mushies, blue meanies, golden tops, liberty caps.

Efek[sunting | sunting sumber]

Tidak ada tingkat penggunaan obat yang aman. Penggunaan obat apa pun selalu membawa risiko. Penting untuk berhati-hati saat mengambil jenis obat apa pun.penggunaanjamur ini berefek berbeda pada setiap orang berdasarkan pada ukuran dan keadaan kesehatan pengguna, jumlah, kekuatan jamur (variasi), dan sebagainya. efek jamur ini biasanya dimulai dalam 30 menit setelah dikonsumsi atau 5 hingga 10 menit ketika diminum (seperti teh, sup, jus), dan bisa bertahan hingga 4-6 jam. Efeknya antara lain euforia dan perasaan senang, dilatasi pupil mata, halusinasi, mempercepat pernapasan dan detak jantung/tidak teratur, sakit kepala, meningkatkan suhu tubuh dan sebagainya.

Penggunaan berlebihan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan jamur ajaib jarang menghasilkan gejala yang mengancam jiwa. Jika sejumlah besar atau sekelompok jamur yang kuat dikonsumsi, orang tersebut mungkin mengalami:

  • Agitasi
  • Muntah
  • Diare
  • Hilangnya kontrol otot
  • Panik atau paranoia
  • Psikosis
  • Seizure
  • koma

Efek jangka panjang[sunting | sunting sumber]

Orang-orang yang secara teratur menggunakan jamur ajaib mungkin mengalami kilas balik. Kilas balik adalah halusinasi yang terjadi berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah obat terakhir diambil. Hal ini dapat mengganggu, terutama ketika halusinasi. Kilas balik dapat dilakukan dengan menggunakan obat lain, stres, kelelahan atau olahraga dan biasanya berlangsung selama satu atau dua menit.

Selain kilas balik, penggunaan biasa jamur ajaib akhirnya dapat menyebabkan:

  • Ketergantungan psikologis pada halusinogen
  • Menggunakan jamur dengan obat lain, misalnya:
Jamur ajaib + es, kecepatan atau ekstasi: Dapat meningkatkan kemungkinan "bad trip" yang buruk dan juga dapat menyebabkan panik.
Jamur ajaib + beberapa obat psikiatri: Jamur tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani pengobatan psikiatri karena kambuh atau memburuknya kondisi bisa terjadi.[4]

Reproduksi atau perkembangbiakan[sunting | sunting sumber]

Seperti semua jamur lainnya, tubuh buah P. cubensis (juga basidiokarp, atau jamur) adalah satu-satunya tahap siklus kehidupan yang terlihat bagi kita di alam. The ploidi dari tubuh buah adalah yang aneh. Diistilahkan sebagai 'dikaryotic, atau (n + n)' ploidi ini dicirikan oleh adanya dua nuklei di setiap sel (Merriam-Webster). Masing-masing inti ini adalah inti haploid, yang akan dibahas nanti di bagian ini. Dalam semua bentuk kehidupan yang dikenal lainnya, tahap ini tidak pernah terjadi sehingga tetap eksklusif untuk jamur. Sebagai perbandingan, ini akan setara dengan sperma manusia yang menyatu dengan telur dan tetap berdampingan di sel yang sama untuk jangka waktu yang lama. Namun, seperti semua hewan lainnya, inti sperma manusia bergabung dengan inti telur hampir seketika saat memasuki (pembuahan). Dalam jamur, tahap ini hadir di hampir seluruh tubuh buah. Bagian bawah tubuh buah terdiri dari jaringan giling. Berbentuk giling menguntungkan untuk jamur karena meningkatkan luas permukaan, yang sangat penting ketika mempertimbangkan fungsinya; menghasilkan spora. Jika Anda pernah mengambil jamur dan memeriksa bagian bawahnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa insang ini kertas tipis. Struktur tipis kertas ini menimbulkan basidia (tunggal, basidium). Dalam setiap basidia, dua jenis inti bergabung dalam suatu proses yang dikenal sebagai karyogami, yang diterjemahkan secara harfiah ke bergabungnya dua inti.Setelah karyogami terjadi, ploidi basidium sekarang diploid (2n), artinya nukleus mengandung dua set kromosom. Manusia (binatang) diploid seluruh hidup mereka sejak saat pembuahan. Sekali diploid, nukleus segera mengalami meiosis untuk menghasilkan 4 haploid (n) inti.[5]

Basidiospora (haploid) yang mendarat di substrat yang sesuai dapat tumbuh dalam mode vegetatif sebagai hifa (kumpulan yang disebut miselium), tetapi tidak dapat dengan sendirinya membentuk tubuh buah. Basidia (sel hipofisis yang dimodifikasi pada permukaan insang yang dapat menjalani meiosis untuk menghasilkan empat basidiospora haploid) hanya dapat muncul ketika dua miselia yang kompatibel dari jenis kawin yang berbeda (berpikir + dan - untuk kesederhanaan, tapi saya pikir itu mungkin tergantung hanya pada satu alel dalam beberapa kasus) "menghubungkan" dan menggabungkan inti mereka (dalam proses yang disebut karyogami). Tentu saja, perkawinan hifa ini harus terjadi di substrat sebelum jamur dapat terbentuk, & kemudian bentuk basidia pada insang. Reproduksi aseksual tidak melibatkan "kawin" jenis hifa yang berbeda, tetapi terjadi ketika sel hifa termodifikasi (dalam miselium haploid yang belum memiliki "seks") yang disebut conidia membagi oleh mitosis untuk menghasilkan konidiospora.[6]

Energi[sunting | sunting sumber]

Apa yang ingin saya ketahui adalah molekul apa yang digunakan jamur sebagai sumber energi? Tumbuhan dan hewan menggunakan ATP untuk melakukan fungsi seluler. Tanaman menggunakan ATP dalam produksi glukosa, yang merupakan sumber utama mereka dan menyimpan energi. Hewan menggunakan glukosa itu setelah konsumsi dan pencernaan untuk menghasilkan ATP untuk melakukan hampir semua fungsi seluler melalui respirasi seluler anaerobik atau aerobik. Seperti yang saya dan bahas beberapa hari yang lalu, pencernaan enzimatik substrat oleh hifa agak mirip dengan pencernaan makanan oleh manusia. Namun, suatu hal yang menjadi misteri bagi saya adalah proses pencernaan itu, dan konversi substrat sacharidic menjadi seluler engergy.[7]

Jamur adalah eukariota, dan hampir semuanya bersifat multi-seluler. Sitoplasma mengandung semua organel eukariotik seperti mitokondria, jadi saya membayangkan ATP digunakan sebagai sumber energi untuk jamur.

Jamur juga heteretrof. Berbeda dengan hewan, jamur memperoleh nutrisi mereka dengan penyerapan. Dalam mode nutrisi ini, molekul organik kecil diserap dari medium sekitarnya. Jamur mencerna makanan di luar tubuhnya dengan mengeluarkan enzim hidrolitik yang kuat ke dalam makanan. Enzim ini menguraikan molekul kompleks menjadi senyawa sederhana yang dapat diserap dan digunakan oleh jamur. Ini adalah mode nutrisi yang mengklasifikasikan jamur sebagai simbion mutualistik, memberi makan bahan organik yang tidak hidup - batang kayu jatuh, mayat, kotoran hewan dll.

Kebanyakan hifa jamur dibagi menjadi sel oleh septa. Septa umumnya memiliki pori-pori yang cukup besar untuk memungkinkan ribosom, mitokondria, dan bahkan inti mengalir dari sel ke sel. Struktur filamen miselium memberikan luas permukaan yang luas yang sesuai dengan nutriost absorptive jamur: 10cc substrat organik yang kaya dapat mengandung sebanyak 1 km dari hyphae. Pertumbuhan cepat seperti itu dimungkinkan karena protein dan bahan lain yang disintesis oleh seluruh miselium disalurkan melalui sitoplasma mengalir ke ujung hifa yang meluas. Jamur memusatkan energi dan sumber dayanya pada penambahan panjang daripada ketebalan.

Prevalensi dan harga[sunting | sunting sumber]

Perkiraan prevalensi untuk penggunaan jamur halusinogen tahun lalu di kalangan dewasa muda (15 hingga 34 tahun) berkisar antara 0,0% dan 2,2%. Karena pertanyaan prevalensi rendah tentang penggunaan jamur halusinogen tidak secara rutin termasuk dalam survei populasi umum.

Prevalensi seumur hidup untuk penggunaan jamur halusinogen antara siswa berusia 15 hingga 16 tahun berkisar antara 1% hingga 7% di 24 negara anggota Uni Eropa dan Norwegia dengan survei ESPAD pada tahun 2011 dengan hanya Republik Ceko melaporkan tingkat prevalensi 7% .[8]

Persediaan yang diperlukan untuk budidaya jamur dapat dibeli melalui Internet. Harga kit bervariasi antara EUR 23-140, tergantung pada jenis spesies jamur halusinogenik yang spora tersedia. Psilocybe Mexicana, juga dikenal sebagai 'Philosopher’s stones' atau truffles, harganya antara 10 dan 17,5 EUR per 10 gram secara online pada tahun 2011

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schrevel, Cornelis (1826). Schrevelius' Greek lexicon, tr. into Engl. with numerous corrections (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ "Psilocybe". The Free Dictionary. 
  3. ^ "9 Things You Need To Know About Psilocybin Mushrooms". The Third Wave (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-26. 
  4. ^ "ADF - Drug Facts - Magic Mushrooms, Psilocybin". ADF - Alcohol & Drug Foundation (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-26. 
  5. ^ "Psilocybe cubensis". bioweb.uwlax.edu. Diakses tanggal 2018-03-26. 
  6. ^ "How do mushrooms reproduce sexually? - Advanced Mycology - Shroomery Message Board". www.shroomery.org. Diakses tanggal 2018-03-26. 
  7. ^ "Mushrooms & Energy - Advanced Mycology - Shroomery Message Board". www.shroomery.org. Diakses tanggal 2018-03-26. 
  8. ^ "EMCDDA | Hallucinogenic mushrooms profile (chemistry, effects, other names (magic mushrooms, shrooms…), origin, mode of use, other names, medical use, control status)". www.emcdda.europa.eu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-26.