Proyeksi ortografi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah proyeksi ortografi belahan bumi dari 30°BB–150°BT

Proyeksi ortografi (disebut juga proyeksi ortogonal, dalam sejarah juga disebut analema[1]) adalah suatu metode menggambarkan objek-objek tiga dimensi dalam dua dimensi, yang melibatkan memproyeksikan "tampak" benda tersebut dari garis-garis yang tegak lurus dengan bidang gambar. Salah satu contohnya adalah tampak depan, tampak atas, dan tampak samping sebuah rumah.[2] Salah satu catatan tertua penggunaan metode ini berasal dari Ptolemaeus, walaupun kemungkinan besar telah ditemukan sebelum itu, dan kelak dikembangkan di Dunia Islam dalam prosedur menemukan arah kiblat.[3]

Istilah ortografis kadang-kadang dicadangkan khusus untuk penggambaran objek di mana sumbu utama atau bidang objek juga paralel dengan bidang proyeksi,[4] tetapi ini lebih dikenal sebagai proyeksi multiview. Selanjutnya, ketika bidang utama atau sumbu suatu objek dalam proyeksi ortografis tidak sejajar dengan bidang proyeksi, tetapi agak miring untuk mengungkapkan banyak sisi objek, proyeksi tersebut disebut proyeksi aksonometrik. Sub-jenis proyeksi multiview meliputi rencana, ketinggian, dan bagian. Sub-jenis proyeksi aksonometrik meliputi proyeksi isometrik, dimetrik, dan trimetrik.

Lensa yang menyediakan proyeksi ortografis dikenal sebagai lensa telecentric objek-ruang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sawyer, F., Of Analemmas, Mean Time and the Analemmatic Sundial
  2. ^ "Orthographic projection". Encyclopædia Britannica. 2018. 
  3. ^ John North (15 July 2008). Cosmos: An Illustrated History of Astronomy and Cosmology. University of Chicago Press. hlm. 89. ISBN 978-0-226-59441-5. 
  4. ^ Maynard, Patrick (2005). Drawing Distinctions: The Varieties of Graphic Expression (dalam bahasa Inggris). Cornell University Press. ISBN 978-0-8014-7280-0.